Penyakit Asam Lambung Naik Akut dan Pengobatannya

Penyakit asam lambung adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan yang sering dialami oleh sebagian banyak orang. Penyakit ini akan sangat mengganggu aktifitas karena akan menimbulkan sakit yang sangat luar biasa.

Penyakit ini disebabkan karena adanya peningkatan produksi asam lambung yang terjadi di saluran pencernaan, khususnya di bagian lambung. Tubuh membutuhkan asam lambung untuk membantu sistem pencernaan.

Dengan adanya asam lambung akan mempermudah proses pencernaan sehingga zat-zat baik yang diperlukan oleh tubuh bisa diserap dengan baik. Meskipun penting, produksi asam lambung harus tetap dijaga agar tetap seimbang karena jika tidak, kelebihan asam lambung akan mengakibatkan adanya gangguan pencernaan.

Penyakit Asam Lambung Naik

penyakit-asam-lambung-naik-akut

Salah satu penyakit asam lambung yang disebabkan oleh produksi asam lambung berlebih adalah penyakit asam lambung naik. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa hal. Dalam istilah kedokteran, penyakit ini dikenal dengan nama Gastro Asophagel Reflux Disease (GERD).

Ketika asam lambung berlebih atau naik, maka ruang kosong yang tersedia di dalam lambung semakin berkurang sehingga setiap makanan yang terurai akan ikut keluar dari dalam lambung. Penyakit ini biasanya disertai dengan rasa sakit yang hebat di sekitar ulu hati dan lambung serta disertai dengan mual dan muntah-muntah.

Cara mengobati asam lambung dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya :

– Mengurangi berat badan merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi penyakit ini. biasanya penyakit ini disebabkan oleh kandungan lemak berlebih dalam tubuh. Untuk itu dengan melakukan diet serat tinggi dan mengkonsumsi karbohidrat kompleks akan membantu mengontrol gula darah dan pembakaran lemak di dalam tubuh

– Perbanyak mengkonsumsi bawang putih, buah jeruk, dan tomat

BACA:  Penyakit Asam Urat dan Kolesterol dan Gejalanya Pencegahannya

– Meminum air putih secara rutin 8- 10 gelas setiap hari, namun konsumsi air ini juga tidak boleh berlebih karena akan mengakibatkan lambung lebih cepat penuh

Penyakit Asam Lambung Akut

Selain penyakit asam lambung naik, ada juga penyakit asam lambung akut. Gejala dari penyakit asam lambung akut ini antara lain:

– Rasa kembung di perut, munculnya rasa kembung ini biasanya disebabkan oleh tingginya kadar asam dari dalam lambung dan kurangnya enzim yang terdapat dalam pencernaan sehingga memicu terjadinya perut kembung

– Rasa mual dan muntah-muntah,

– Menurunnya nafsu makan

– Susah buang air besar, susah buang air besar terkadang diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur. Hal ini bisa juga disebabkan karena adanya gangguan pada sistem pencernaan (pada saluran pembuangan akhir/rektum dan anus)

– Meningkatnya intensitas bersendawa

Penyakit Asam Lambung dan Pengobatannya

Dengan uraian yang telah kita sampaikan mengenai penyakit asam lambung dan pengobatannya tersebut, maka sangat diharapkan agar anda mampu menghindari hal-hal yang memicu munculnya penyakit tersebut.

Untuk anda yang tengah menderita penyakit tersebut bisa mengobatinya dengan cara-cara yang telah disampaikan di atas. Selain itu ada beberapa tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami penyakit ini adalah sari cuka apel, teh chamomile, dan juga lidah buaya.

Penyakit asam lambung sebenarnya disebabkan oleh asupan makanan maupun pola makan yang tidak sehat sehingga mengakibatkan produksi asam lambung berlebih maupun berkurang.

Kekurangan ataupun kelebihan asam lambung, keduanya sama-sama mengakibatkan adanya gangguan pencernaan dalam tubuh. Untuk itu penting sekali menjaga agar produksi asam lambung tetap stabil dan seimbang. Semoga apa yang kami tulis ini bermanfaat.

BACA:  Penyebab, Gejala Penyakit Kuning pada Bayi Baru Lahir

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */