Penyakit Asma Bronkial Pada Anak dan Pengobatannya

Tubuh manusia terdiri dari sekumpulan sistem yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu sistem yang sangat penting bagi tubuh adalah sistem pernafasan. Dengan adanya sistem pernafasan, oksigen di dunia luar bisa ditangkap oleh darah untuk dijadikan sebagai bahan bakar bagi tubuh.

Melihat peran penting dari sistem pernafasan, maka sudah menjadi kewajiban untuk tetap menjaganya. Apabila ada masalah yang berkaitan dengan sistem pernafasan, misalnya penyakit asma dimana organ paru-paru mengalami pembengkakan, dan otot pada percabangan tenggorokan menyempit, maka tubuh akan kesulitan untuk bernafas, dan merasakan sesak pada bagian dada.

Penyakit Asma Adalah

penyakit-asma-bronkial-anak-pengobatannya

Berdasarkan penjelasan diatas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa penyakit asma adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan manusia, terutama paru-paru. Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa penderita penyakit ini akan mengalami susah bernafas karena organ paru-parunya mengalami pembengkakan, serta otot pangkal tenggorokan menyempit.

Dengan begitu oksigen dari luar akan sulit masuk ke dalam paru-paru. Dengan begitu paru-paru akan kekurangan suplai oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa penyakit ini tidak bisa disembuhkan, hanya bisa diatasi dengan penanganan yang tepat.

Penyakit Asma Bronkial

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan seseorang bisa terserang penyakit ini, selain dari sanitasi udara, faktor keturunan juga sangat mempengaruhi seseorang dapat terserang. Faktor genetik atau keturunan memang tidak bisa dicegah.

Hal ini dikarenakan gen yang diwariskan oleh induk kepada anak-anaknya sudah merupakan faktor alamiah. Jenis asma yang sangat erat kaitannya dengan faktor genetik atau keturunan adalah penyakit asma bronkial. Dengan kata lain, bagi orang tua yang semasa hidupnya memiliki riwayat penyakit ini, kemungkinan besar anak-anaknya pun akan ikut mengidap penyakit yang sama.

BACA:  Gejala Penyakit Radang dan Kanker Paru Paru Basah dan Kering

Penyakit Asma Pada Anak

Selain bisa menyerang orang dewasa, penyakit ini juga sering menyerang anak-anak. Penyakit asma pada anak memang harus sangat diwaspadai, mengingat faktor usia anak yang masih sangat muda, sehingga tidak bisa mengurus dirinya sendiri. Peran orang tua akan sangat dibutuhkan untuk selalu memberikan pengawasan kepada anak-anaknya.

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraph sebelumnya bahwa asma yang menyerang anak hampir 85% disebabkan oleh faktor genetic. Selain itu, faktor lingkungan dengan sanitasi buruk juga menjadi faktor pendorong seorang anak untuk terserang asma walaupun masih di usia yang masih sangat muda.

Walaupun ada pernyataan dari salah satu ahli kesehatan bahwa penyakit jenis ini tidak bisa disembuhkan, namun bisa diatasi dengan cara-cara yang sederhana. Bagi mereka yang memiliki asma, hendaknya untuk selalu memakai masker ketika beraktifitas di luar ruangan. Hal ini akan membantu mengurangi partikel debu yang masuk ke dalam tubuh.

Penyakit Asma dan Pengobatannya

Selain itu, penyakit asma dan pengobatannya juga bisa dilakukan dengan melatih pernafasan dengan cara berolah raga. Dengan membiasakan diri berolah raga, misalnya renang lambat laut tubuh akan semakin terbiasa dengan keterbatasan menghirup udara. Selain untuk pernafasan, rajin berolah raga akan memberikan dampak positif bagi sistem lainnya pada tubuh.

Yang namanya penyakit semua orang pasti tidak ingin merasakannya. Namun, ada suatu ketika tubuh memang harus terserang penyakit. Walaupun penyakit asma konon katanya tidak bisa disembuhkan, tetapi masih ada cara untuk menanggulanginya. Yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat, misalnya rajin berolah raga, mengkonsumsi buah, dan sayur, mengontrol asupan nutrisi dan yang paling penting adalah mengenal diri sendiri dengan semua keterbatasan yang dimiliki oleh diri.

BACA:  Penyakit Kanker Otak Stadium 1 dan 2

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */