Penyakit Batu Empedu dan Cara Pengobatannya

Dalam susunan tubuh manusia tidak ada satu bagian pun yang tidak memberikan manfaat, semua bagian mempunyai peran masing-masing guna memperlancar kegiatan manusia. Terjadi permasalahan sedikit saja pada salah satu organ tubuh maka mampu memberikan masalah yang serius terhadap kelangsungan hidup manusia.

Salah satu bagian yang juga sangat penting adalah kantung empedu yang berada di bagian perut sebelah kanan di bawah hati. Kantung empedu setiap harinya menghasilkan cairan hijau yang sangat bermanfaat untuk menyerap lemak serta beberapa vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. salah satu masalah yang sering terjadi dengan kantung empedu ini adalah penyakit batu empedu. Batu empedu adalah suatu kondisi dimana cairan empedu dalam tubuh mengeras seperti batu.

Penyakit Batu Empedu dan Cara Pengobatannya

penyakit-batu-empedu-cara-mengobatinyaTerbentuknya batu empedu dapat dikarenakan banyaknya kandungan kolesterol, bilirubin dalam empedu atau dapat juga disebabkan oleh kurangnya garam empedu sehingga cairan empedu mengeras dan menjadi batu. Ada beberapa factor yang menyebabkan seseorang rentan terhadap penyakit ini antara lain karena factor usia, penyakit ini biasa menyerang orang dengan usia di atas 40 tahun.

Seorang wanita mempunyai resiko 2x lebih tinggi dibandingkan dengan pria, hal tersebut dikarenakan kadar hormone estrogen yang lebih banyak sehingga menyebabkan kadar kolesterol meningkat terutama seorang wanita pasca melahirkan mempunyai resiko yang lebih tinggi dikarenakan perubahan hormone selama masa kehamilan. Factor lain yang turut menyebabkan batu empedu adalah genitas, obesitas serta kurangnya serat dalam tubuh sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam empedu.

Seseorang yang mengalami batu empedu biasanya tidak menunjukkan suatu gejala yang signifikan. Akan tetapi pada kondisi yang sudah akut maka akan menyebabkan sakit pada perut bagian kanan atas yang mengarah pada punggung, antara bahu dan dada depan dengan frekuensi yang tidak tentu akan tetapi biasa terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Gejala lain yang ditunjukkan adalah sendawa, demam tinggi, gangguan pencernaan, mual, muntah, detak jantung yang terlalu cepat, gatal-gatal pada kulit, penyakit kuning serta feses berwarna coklat.

BACA:  Penyakit Kulit pada Bayi Baru Lahir dan Balita jg Cara Mengatasinya

Mengobati Penyakit Batu Empedu Secara Alami

Jika anda sudah mengalami gejala-gejala yang ditunjukkan oleh penyakit batu empedu tersebut maka anda harus segera memberikan pertolongan dengan segera diobati sebelum menyebabkan penyakit yang lebih parah yakni pada tindakan pengangkatan kantung empedu apabila menunjukkan gejala yang serius sehingga benar-benar diperlukan penanganan terhadap penyakit batu empedu dan cara pengobatannya yang serius pula.

Akan tetapi anda dapat menggunakan pengobatan secara tradisional untuk mengobati batu empedu pada tahap awal. Untuk menghancurkan batu empedu anda dapat menggunakan ramuan tradisional dari Apel seperti yang disarankan oleh ahli pengobatan dari China Dr. Chiu Nan.

Konsumsi sari buah apel selama 5 hari berturut-turut untuk melembutkan batu empedu, kemudian pada hari keenam jangan makan malam akan tetapi larutkan magnesium sulfat atau garam inggris pada 1 gelas air hangat pada jam 6 dan jam 8. Ramuan uni memberi manfaat untuk membuka pembuluh kantung empedu kemudian pada pukul 10 malam larutkan ½ cangkir teh minyak zaitun dengan ½ cangkir teh air jeruk segar. Lihatlah pada pagi harinya, maka ketika anda BAB akan muncul batu-batu kecil keluar bersama dengan feses anda.

Kiat Mencegah Batu Empedu

Akan tetapi mencegah memang mampu menjadi obat yang paling murah. Untuk menghindari penyakit batu empedu ini anda dapat memberikan memberikan pola hidup sehat bagi tubuh anda. perhatikan asupan nutrisi yang anda konsumsi. Anda dapat menggunakan pola 4 sehat 5 sempurna.

Kurangi pula diet ketat karena dapat memicu pengerasan cairan batu empedu, kandungan protein dalam diet cukup 1-1 ½ gram per berat badan setiap harinya. Kurangi juga makanan dengan kadar lemak tinggi dan perbanyak mengkonsumsi serat sehingga tidak memacu timbulnya batu empedu. Selalu konsultasikan kesehatan anda secara berkala kepada dokter untuk mengetahui kondisi tubuh anda.

BACA:  Ciri Ciri Penyakit Kolesterol Tinggi dan Pencegahannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */