Penyakit Cacar Air Api Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Penyakit cacar merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus ditandai oleh munculnya bintil-bintil merah berisi cairan diseluruh permukaan tubuh penderitanya. Virus veriola adalah kuman penyebab cacar sejenis virus yang ditemukan pada kulit penderita cacar, mulut, tenggorokan dan hidung.

Gejala penyakit cacar adalah kepala terasa pusing, seluruh persendian terasa ngilu dan pinggang yang terasa pegal serta terjadinya demam dan muntah. Setelah demam turun dalam beberapa hari, disertai munculnya bintil-bintil merah berisi cairan pada seluruh tubuh. Dalam berapa hari bintil-bintil menjadi kempes dan akan mengembung lagi berisi nanah yang disertai demam.

Setelah kempes akan menimbulkan bekas pada kulit setelah mengering. Cacar dapat menyerang pada anak-anak maupun dewasa. Penyakit ini dikategorikan dalam beberapa jenis yaitu cacar air, cacar api dan cacar ular.

Penyakit Cacar Air Pada Orang Dewasa

penyakit-cacar-air-api-orang-dewasa-anak-anak

Pada umumnya cacar air menyerang anak-anak, namun dalam kasus tertentu penyakit cacar air pada orang dewasa juga bisa terjadi. Selain dipicu oleh virus varisella zoster, cacar air pada orang dewasa dipicu oleh factor kelelahan, stress dan menstruasi yang berlebihan pada wanita. Cacar air terkadang bersifat tersembunyi yang mengakibatkan penderita tidak menyadari kalau dirinya terserang cacar air.

Orang dewasa yang terserang cacar air penyembuhannya lebih lama dibanding anak-anak. Pengobatan yang bisa dilakukan agar tidak menimbulkan bekas dapat menggunakan lada.Pada luka yang agak mengering, taburkan bubuk lada diatasnya dengan terlebih dahulu bersihkan luka dengan air yang bersih.

Madu juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit cacar. Madu yang kaya nutrisi dan anti bakteri alami dapat membantu mempercepat penyembuhan bekas luka akibat cacar.

Cacar menyerang sekali seumur hidup. Kalau anak-anak belum terkena penyakit ini, biasanya terjadi pada saat dewasa bahkan pada usia lanjut. Penyakit cacar yang menyerang pada usia lanjut lebih didominasi karena penurunan fungsi tubuh.

BACA:  Macam Macam Penyakit Jantung dan Gejalanya

Apalagi bila orang lanjut usia tersebut mengalami penyakit tertentu yang menyerap daya tahan tubuhnya, misal penyakit diabetes yang memicu terjadinya luka infeksi apabila sudah terkena cacar yang disebabkan kadar gula yang tinggi.

Penyakit Cacar Pada Anak – Anak

Penyakit cacar pada anak-anak adalah hal umum terutama pada bayi atau balita rentang umur 2-5 tahun. Hal ini disebabkan daya tahan tubuh yang belum berfungsi optimal sehingga perlawanan terhadap penyakit lebih lemah dibanding orang dewasa.

Untuk memastikan apakah terjangkit cacar air atau bukan, segera periksakan anak ke dokter. Perawatan sebaiknya dilakukan oleh orang yang pernah mengalaminya, karena sudah kebal terhadap virus tersebut.

Anak yang terkena boleh dijenguk tetapi dengan jarak yang terlalu dekat agar udara dari napasnya tidak terhirup, karena penularan penyakit ini tergolong cepat. Segera pisahkan barang-barangnya dan jaga kualitas makanan serta kuantitasnya.Makanan yang tinggi kalori, protein, vitamin dan mineral mempercepat pemulihan anak yang terkena cacar.

Selain cacar air, penyakit cacar api juga termasuk jenis cacar yang ada. Penyakit cacar api biasanya menyerang pada bagian tubuh tertentu pada orang yang sudah mengalami penyakit cacar sebelumnya.

Penyakit Cacar Air

Sedangkan cacar air biasanya menyerang pada seluruh tubuh, sedangkan pemicunya juga sama yaitu bakteri. Penyakit cacar api ditandai dengan pertama demam ringan pada siang maupun malam hari selama 24 jam hingga akhirnya muncul bintil-bintil. Kedua cacar api biasanya menyerang pada bagian tubuh tertentu yang terkena infeksi. Bagian tersebut biasanya pada dada, leher dan wajah.

Resiko cacar api dapat diminimalkan dengan beberapa cara. Pertama, hindari menggaruk bagian yang terkena cacar dengan tangan atau kuku karena akan memperparah cacar dan menimbulkan infeksi. Kedua, bersihkan kuku dari kuman di dalamnya dan potong kuku secara teratur. Ketiga, jaga kebersihan diri dan lingkungan serta mandi yang bersih. Keempat, hindari makanan yang menyebabkan gatal pada cacar. Kelima, untuk mengurangi nyeri dan gatal gunakan salep sesuai petunjuk dokter.

BACA:  Penyebab Ambeien Dan Cara Mengatasinya dengan Hidup Sehat

Penyakit cacar tergolong penyakit masyarakat, karena bisa menyerang siapapun penyakit ini tergolong penyakit aman yang bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Bekas hitam kulit yang terkena cacar air biasanya akan hilang setelah enam bulan. Namun bagi orang dewasa yang terkena justru menjadi permasalahan lain karena ketidak sabarannya untuk lekas sembuh. Benjolan-benjolan cacar dipecah sebelum waktunya yang justru memperparah atau memperlama penyembuhannya.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */