Penyakit Cacar Air Pada Balita, Anak-Anak dan Orang Dewasa

Penyakit cacar memiliki varian bermacam macam, mulai dari cacar api, monyet, dan cacar air. Ketiga-tiganya merupakan penyakit kulit dengan virus dan cara penularan yang berbeda. Cacar air adalah cacar yang paling cepat proses penularannya.

Cacar air ini timbul disebabkan virus varicella-zoster. Virus ini berdekatan jenisnya dengan herpes. Penyakit cacar air menyebabkan penderita timbul bintik merah yang berisi cairan. Berada pada cairan vasikel, darah dan cairan selaput lendir penderita. Proses penularan cacar ini melalui cairan ludah maupun kontak langsung dengan penderita.

Penyakit Cacar Air Pada Balita

Penyakit cacar air dapat menjangkiti balita, anak-anak hingga orang dewasa.tanpa pandang usia. Penyakit cacar air pada balita berusia di bawah 12 bulan dapat ditanggulangi dengan melakukan imunisasi rutin. Imunisasi penting untuk menjaga kekebalan tubuh balita dari penyakit menular.

penyakit-cacar-air-balita-anak-dewasa

Jika penyakit ini tak terhindarkan lagi dari balita Anda, maka penjagaan dengan meningkatkan daya tahan tubuh dari asupan makanan bergizi dan istirahat cukup. Berikan bedak yang mengandung menthol untuk mengurangi rasa gatal pada anak dan hindari terkena angin yang bisa menghambat penyembuhan.

Penyakit Cacar Air Pada Anak- Anak

Lain pada balita, lain pula pada anak-anak. Penyakit cacar air pada anak-anak dapat dicegah dengan memberikan asupan gizi yang cukup dengan menjaga pola makan. Memberikan makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak yang seimbang.

Jika anak telah berkurang nafsu makannya, ini bisa menjadi salah satu tanda awal terjangkiti azoela virus. Selain itu tanda lain berupa demam, cepat lelah, lesu. Tahap yang lebih berat bisa diindikasi dengan nyeri sendi dan sakit kepala. Setelahnya bercak merah dapat timbul dalam waktu 24 jam.

BACA:  Penyebab, Gejala Penyakit Kuning pada Bayi Baru Lahir

Pada anak usia di atas 12 tahun dapat diberi pengobatan tablet asiklovir diminum setiap 4 jam sekali selam 7-10 hari. Hari ke-11 pengobatan diberikan dengan menggunakan salep yang mengandung asiklovir 6 kali sehari selama 6 hari.

Penyakit Cacar Air Pada Orang Dewasa

Jika cacar air tidak dialami seseorang di masa anak-anak, maka tidak tertutup kemungkinan pada usia dewasa terjadi. Penyakit cacar air pada orang dewasa memiliki dampak yang lebih parah serta proses penyembuhan yang lama dibanding anak-anak dan balita. Pada orang dewasa reaksi virus varicella zoster bisa lebih besar dan menyebabkan komplikasi.

Lebih jauh lagi dapat menyebabkan hilang kesadaran (pingsan), radang otak dan ensefalitis. Pemberian vaksinasi salah satu cara menanggulanginya. Pemberian anti virus dan asupan vitamin C dan E dan mempercepat penyembuhan luka cacar kulit.

Karena cacar air disebabkan oleh virus aerogen, maka usahakan untuk tidak sering berada di luar ruangan apalagi yang aliran udaranya kencang untuk mempercepat proses penyembuhan. Pada 5 hari pertama sebaiknya penderita tetap mandi seperti biasa untuk menghilangkan kuman yang menempel pada tubuh.

Tetapi tetap berhati-hatilah ketika mengeringkan badan, jangan lakukan gesekan yang kuat karena akan membuat cacar air menjadi pecah. Untuk mengurangi gatal-gatal pada kulit, pemberian bedak yang mengandung menthol disarankan. Jika kulit penderita alergi dengan kandungan menthol, maka dapat diberikan bedak talk sallicyl yang bebas menthol.

Nah, penyakit cacar air tak hanya dapat Anda identifikasi dengan bintik merah pada penderitanya. Sebelum timbul bercak merah Anda dapat mengenali gejala-gejala sedini mungkin agar dapat meminimalisir penyebaran cacar air pada tubuh agar tidak lebih fatal.

Penjagaan daya tahan tubuh dengan pola makan bernutrisi dan bersih sangat membantu penyembuhan penderita cacar air. Istirahat yang cukup dengan olesan salep asiklovir serta asupan vitamin C dan E juga membantu proses penyembuhan.

BACA:  Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus yang Menyerang Manusia

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */