Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Mendengar penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah, terkadang merasa mengerikan. Penyakit pada peredaran darah merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Ada beberapa jenis penyakit peredaran darah yang harus diwaspadai tetapi banyak menyerang manusia.

Jika saluran darah kita mengalami masalah atau gangguan, pastinya akan menganggu system peredaran lainnya pada tubuh kita. Seperti yang anda tahu darah adalah bagian tubuh yang sangat penting, Pada artikel kali ini, saya akan membahas jenis penyakit pada peredaran darah manusia dan bagaimana cara mencegah serta mengobatinya. Mari langsung kita bahas satu-satu di bawah ini.

Penyakit Kelainan Peredaran Darah Manusia

penyakit-kelainan-sistem-peredaran-darah-manusia

Anemia

Anemia atau biasa disebut sebagai penyakit kekurangan darah adalah salah satu jenis penyakit yang sering di alami oleh sebagian orang. Kekurangan darah disini bukan berarti jumlah darah anda berkurang. Tetapi jumlah hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah anda menurun. Ini akan mengakibatkan pengikatan oksigen dalam darah berkurang.

Jika hemoglobin tidak bisa mengikat oksigen dengan baik, maka akan menganggu system metabolisme di dalam tubuh anda. Biasanya orang yang mengalami anemia akan terlihat pucat, lemas, mudah pusing, kurang bersemangat dan masih banyak lainnya. Anemia bisa disebabkan oleh kurangnya zat besi, vitamin b12, asam float, melahirkan, kecelakaan dan lainnya.

Leukimia

Penyakit dan kelainan pada sistem peredaran darah selanjutnya adalah leukemia atau bisa juga disebut sebagai kanker darah. Penyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan sel darah putih yang berlebihan atau terlalu tinggi melebihi jumlah normal sehingga menyerang bagian sel disekitarnya seperti sel darah merah. Leukemia merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan.

BACA:  Gejala dan Macam Penyakit Pes

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, radiasi radio aktif, konsumsi zat kimia yang berbahaya dan masih lain sebagainya. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini antara lain pendarahan pada hidung atau sering mimisan, kulit menjadi pucat, lemas, demam di malam hari dan lainnya.

Hipertensi

Mungkin untuk penyakit yang satu ini sudah banyak orang yang mengetahuinya. Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang sudah sangat mudah di jumpai. Terutama untuk para orang tua yang berumuran 30 tahun ke atas. Resiko terkena hipertensi sangatlah tinggi. Tekanan darah tinggi ini biasanya tekanan darah systole melebihi 140 mmhg dan diastole 90 mmhg.

Penyebab dari penyakit hipertensi ini antara lain pola hidup yang tidak sehat, stress, obesitas, penyakit ginjal, keturunan dan masih banyak lainnya. Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit hipertensi bisa mengakibatkan penyakit berbahaya lainnya. Seperti struk, ginjal, serangan jantung dan lainnya.

Hipotensi

Selain ada hipertensi juga ada hipotensi. Hipotensi merupakan kebalikan dari hipertensi. Jika hipertensi tekanan darahnya tinggi, kalau hipotensi tekanan darahnya rendah. Berarti tekanan darah systole dan distolenya lebih rendah dari tekanan normal.

Orang yang mengalami tekanan darah rendah, akan cepat mudah pusing, lemas dan seperti tidak mempunyai tenaga. Hal ini sering terjadi pada orang yang hamil, mengalami pendarahan, haid dan masih banyak lainnya. Untuk mengatasi penyakit pada sistem peredaran darah dan pencegahnya bisa dengan makan makanan yang banyak mengandung zat besi dan makanan penambah darah.

Selain ke empat penyakit pada peredaran darah yang saya sebutkan diatas, juga masih terdapat jenis penyakit lainnya. Seperti varises, penyakit jantung, hemophilia, sklerosis dan masih banyak lainnya. Untuk mengatasi masalah penyakit peredaran darah, anda bisa mencoba untuk selalu membuat pola hidup yang sehat.

BACA:  Ciri Ciri Penyakit Paru Paru Basah pada Anak dan Bayi

Olahraga teratur, makan makanan bergizi dan banyak mengandung protein, zat besi serta vitamin yang banyak. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */