Penyakit Demam Berdarah Pada Anak dan Cara Pencegahannya

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit endemik untuk negara beriklim tropis seperti negara anda ini, demam penyakit demam berdarah sering kali muncul saat musim panas, di mana saat musim panas perkembangbiakan nyamuk terjadi sangat massif.

Demam berdarah merupakan salah satu jenis demam yang dapat menyebabkan kematian, jika tidak segera ditangani dan tidak ditangani dengan tepat demam berdarah rawan berujung pada kematian, demam berdarah menyerang salah satu komponen penting pada darah yang disebut trombosit, trombosit merupakan salah satu sel darah merah yang berperan penting untuk mengantarkan energi dan mulekul serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Penyakit Demam Berdarah Pada Anak

penyakit-demam-berdarah-pada-anak

Yang paling mengkhawatirkan dari penyakit demam berdarah adalah demam berdarah lebih sering menyerang anak-anak, hal ini disebabkan karena anak-anak kurang begitu waspada terhadap gigitan nyamuk, selain itu sistem imun pada anak-anak belum sempurna seperti pada orang dewasa.

Penyakit demam berdarah pada anak memiliki paling banyak kasus, dan demam berdarah pada anak pula yang paling banyak menyebabkan kematian. Penyakit demam berdarah memiliki siklus pelana kuda dan hal ini yang paling tidak diketahui oleh orang tua.

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang disebarkan oleh salah satu spesies nyamuk bernama aedes aegypti, virus dengue sendiri memiliki empat jenis yang berbeda, virus ini menggunakan nyamuk sebagai inangnya dan menyebarkan diri melalui nyamuk aedes aegypti, nyamuk aedes aegypti berbeda dengan nyamuk kebanyakan yang aktif di malam hari.

Nyamuk aedes aegypti aktif dan bergerak pada pagi dan sore hari, nyamuk ini memiliki ciri fisik yang berbeda, nyamuk aedes aegypti berwarna hitam dengan garis putih seperti cincin yang mengelilingi tubuhnya, namun terkadang nyamuk aedes aegypti juga berwarna hitam keabu-abuan seperti nyamuk kebanyakan.

BACA:  Penyakit Polip Hidung dan Rahim dan Obatnya

Penyakit Demam Berdarah dan Cara Pencegahannya

Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk, dan virus dengue sendiri belum ditemukan vaksin untuk melawan virus ini, sehingga tidak ada cara lain bagi seseorang yang sudah terlanjur terserang virus dengue kecuali dengan meningkatkan imunitas tubuhnya, sistem kekebalan tubuh anda akan bereaksi begitu terserang oleh virus dengue.

Penyakit demam berdarah dan cara pencegahannya yang paling mudah adalah dengan menghindari gigitan nyamuk aedes aegypti dan juga anda harus mencegah peredaran nyamuk aedes aegypti, dengan cara membuang air yang tergenang, mengingat nyamuk ini berkembang biak melalui air.

Jika sudah terlanjur terserang oleh virus aedes aegypti maka hal yang pertama kali anda lakukan adalah membawa ke rumah sakit untuk memastikan apakah benar-benar virus dengue yang menyerang anda, selanjutnya anda dapat memilih untuk rawat jalan jika suhu tubuh tidak lebih dari tiga puluh tiga derajat celcius, demam berdarah sangat menyiksa, sendi akan terasa sangat sakit dan tulang serasa remuk redam, sehingga rawat inap juga merupakan pilihan jika anda tidak dapat menahan rasa sakit itu, makanan yang sehat dan konsumsi albumin serta jambu biji akan sangat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda guna melawan virus dengue.

Penyakit demam berdarah memiliki siklus pelana kuda di mana pada awal menyerang tubuh kita akan langsung merasakanya, ruam-ruam pada lipatan tubuh serta tulang yang terasa linu dengan suhu tubuh yang naik secara drastis merupakan gejala awal demam berdarah, dua sampai tiga hari selanjutnya tubuh anda akan terlihat seolah-olah membaik, fase ini adalah fase yang paling berbahaya, selanjutnya fase penyembuhan dengan demam dan linu yang lebih menyiksa daripada fase pertama.

BACA:  Ciri Ciri Terkena Penyakit Liver Hati Kronis Awal

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. sprei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */