Penyakit Diabetes Insipidus dan Pengobatannya

Penyakit diabetes, Insipidus dan Pengobatannya atau yang lebih akrab disebut dengan penyakit kencing manis adalah penyakit yang banyak diderita oleh seseorang yang berusia 40 tahun keatas. Penyakit ini terjadi akibat tingginya kadar gula dalam darah.

Dalam kondisi ini, tubuh mengalami gangguan sistem metabolisme dan mengakibatkan organ pankreas tidak dapat bekerja secara normal dan tidak dapat menghasilkan insulin sesuai kebutuhan tubuh. Seseorang yang mengidap diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung glukosa. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya masalah yang lebih serius.

Peyakit Diabetes Insipidus

Salah satu penyakit mengenai diabetes yang saat ini cukup banyak ditemui yaitu penyakit diabetes insipidus. Diabetes ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh defisiensi arginina yang terdapat pada hormon AVP dan juga disebabkan oleh kinerja ginjal yang kurang peka terhadap hormon yang bersifat anti-diuretik.

penyakit-diabetes-insipidus-pengobatannya

Untuk melakukan pemeriksaan terhadap penyakit ini dapat menggunakan water deprivation test. Tetapi selama pemeriksaan penderita tidak boleh minum dan hal ini dapat mengakibatkan dehidrasi berat. Oleh sebab itu, pemeriksaan penyakit ini harus dilakukan di rumah sakit.

Penyakit Diabetes dan Pengobatannya

Diabetes memang salah satu penyakit berbahaya yang wajib untuk diwaspadai, Anda harus mengenal tanda-tanda yang terjadi pada diri Anda. Jika dibiarkan saja, maka akan membahayakan kesehatan Anda, sebelum mengetahui penyakit diabetes dan pengobatannya Anda juga harus mengenal beberapa tanda yang diberikan.

Contohnya saja sering buang air kecil, mudah lapar, mudah haus dan tubuh lemas. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda melakukan tes kadar gula darah untuk mengetahui apakah Anda menderita diabetes atau tidak. Selain itu, kenali juga jenis diabetes yang Anda derita jika Anda benar menderitanya.

BACA:  Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi, Anak dan Remaja

Diabetes sendiri terbagi atas beberapa jenis, diabetes insipidus dan diabetes melitus merupakan diabetes dengan jenis yang berbeda. Walaupun gejala yang ditunjukkan sama yaitu sering buang air kecil, tetapi keduanya memiliki perbedaan pada kandungan urin. Untuk diabetes melitus urin yang dikeluarkan mengandung glukosa sedangkan diabetes insipidus tidak mengandung glukosa.

Oleh sebab itu, Anda harus mengenal penyakit yang Anda derita sehingga lebih mudah untuk menanganinya. Seseorang penderita diabetes harus menjaga pola makan serta mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk menjaga kadar gula dalam darah agar tidak semakin meningkat.

Penyakit Diabetes Adalah

Penyakit diabetes adalah penyakit dimana kadar gula dalam darah meningkat, penyakit ini dapat diderita oleh pria ataupun wanita. Glukosa adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya yaitu sebagai sumber energi. Tetapi jika terlalu banyak di dalam tubuh Anda, ini akan membahayakan kesehatan Anda. Mengenai faktor resiko penderita diabetes diantaranya yaitu:

– Faktor keturunan, ini merupakan faktor utama kenapa diabetes diderita oleh banyak orang.
– Berat badan berlebih atau memiliki lemak yang banyak di dalam tubuh juga menjadi faktor seseorang untuk terkena diabetes.
– Usia, penyakit kencing manis ini memang banyak menyerang orang yang berumur 40 tahun keatas.

Untuk menghindari ataupun mencegah penyakit yang membahayakan kesehatan Anda ini, Anda dapat melakukan pencegahan dengan mengubah pola makan Anda. Konsumsilah makanan dan minuman yang rendah lemak, rendah kalori dan tentu saja sehat.

Lakukan olahraga secara rutin, setidaknya hanya untuk menjaga kesehatan fisik Anda agar tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, untuk mencegah diabetes Anda juga dapat menjaga berat badan Anda agar tetap ideal. Sekian yang dapat disampaikan mengenai penyakit diabetes, semoga sedikit ulasan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.

BACA:  Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner, Bengkak dan Lemah

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */