Penyakit Ginjal Kronik Bocor dan Pengobatannya

Salah satu penyakit yang ditakuti oleh semua orang di dunia ini adalah penyakit ginjal. Penyakit yang disebabkan oleh tidak berfungsinya ginjal sebagai organ yang memiliki peran untuk filtrasi darah kotor menjadi darah bersih ini mengharuskan bagi penderitanya untuk selalu melakukan cuci darah sebanyak dua kali dalam satu minggu selama hidupnya.

Selain memberikan rasa sakit yang begitu dalam, penyakit ini pula akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mengingat prosedur pencucian darah yang memerlukan biaya sangat besar untuk satu kali prosesnya yang bisa mencapai Rp. 7.000.000.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penyakit jenis ini bisa sangat membahayakan nyawa penderitanya. Sudah banyak kasus kematian pasien penderita sakit ginjal. Penyebab utama dari penyakit ini salah satunya ialah kurangnya asupan air ke dalam tubuh.

Penyakit Ginjal Kronik dan Bocor

penyakit-ginjal-kronik-bocor-pengobatannya

Selain sebagai zat pelarut, air juga memiliki peran untuk mempermudah proses penyulingan atau penyaringan darah kotor oleh ginjal untuk menjadi darah bersih. Dengan asupan air yang cukup, maka kinerja ginjal tidak akan terlalu berat dalam memfiltrasi darah kotor untuk menjadi darah bersih. Apalagi mengingat tubuh manusia sebagian besar terdiri akan air, maka sudah dapat dipastikan bahwa tubuh manusia sangat memerlukan air.

Gejala-gejala umum dari penyakit ini adalah rasa sakit pada bagian pinggul, perut, dan juga perasaan pusing yang menjadi seakan-akan lingkungan di sekitarnya pun ikut terguncang. Gejala lainya yang sering terjadi ialah perasaan sakit pada saat akan kencing, dan juga warna air seni yang berubah menjadi merah seperti darah.

Apabila menemui gejala seperti yang disebutkan tadi, hendaknya untuk segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara medis. Apabila kondisi tersebut selalu dibiarkan, kondisi ginjal akan semakin parah, dan penyakit ginjal kronik akan semakin besar dapat terjadi. Menyadari akan gejala-gejala umum yang ditimbulkan, akan menjadi suatu sinyal untuk melakukan tindakan pengobatan.

BACA:  Penyakit Paru-Paru Basah Menular atau Tidak

Tingkat kronik penyakit yang disebabkan oleh tidak berfungsinya organ ginjal ini bisa menyebabkan penyakit ginjal bocor. Melihat dari namanya saja, sudah bisa ditebak bahwa organ ginjal akan mengalami kebocoran yang diakibatkan oleh semakin menipisnya dinding bagian dalam ginjal. Proses penipisan dinding ginjal bagian dalam ini disebabkan oleh kurangnya pasokan air yang masuk ke dalam ginjal, yang mewajibkan ginjal bekerja lebih keras.

Penyakit Ginjal dan Pengobatannya

Dengan semakin keras kinerja ginjal, dinding bagian dalam akan menjadi semakin lentur, dan semakin lama akan menimbulkan suatu rongga atau lubang yang bisa menyebabkan kebocoran ginjal.

Untuk cara penanganan penyakit ginjal dan pengobatannya, tindakan medis adalah upaya yang sangat dianjurkan. Dengan pengobatan secara medis, minimal bisa mencegah penyakitnya semakin parah. Namun apabila tindakan prosedur cuci darah harus dilakukan, mau tidak mau harus dilakukan.

Walaupun harganya sangat mahal, tetapi hanya dengan cara ini saja seseorang pengidap penyakit ginjal bisa bertahan hidup. Dengan bantuan sebuah alat penyulingan, darah kotor yang keluar dari dalam tubuh akan disulap menjadi darah bersih dan dialirkan lagi ke dalam tubuh. Proses pencucian darah ini tidak bisa dilakukan sekali atau dua kali saja, melainkan harus terus dilakukan sepanjang umur penderitanya.

Setelah semua pembahasan mengenai penyakit ginjal, semakin memperjelas bahwa yang namanya kesehatan adalah segalanya. Dengan kondisi tubuh yang sehat, organ ginjal yang sehat, hidup yang dijalani pun akan bahagia.

Bayangkan saja, ketika terdiagnosis penyakit ini resiko kematian akan terus membayangi. Selain itu, selama sisa umur harus selalu melakukan pencucian darah yang untuk satu kali prosesnya saja memerlukan biaya yang sangat mahal.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyakit Cacar Air Api Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */