Penyakit Ginjal Penyebab Dan Pencegahannya

Ginjal merupakan organ vital yang memainkan peranan penting pada tubuh manusia. Ginjal terletak pada pinggang atas bagian belakang. Ginjal berfungsi menyaring darah dan membuang sisa-sisa metabolisme tubuh.

Ginjal juga memiliki fungsi kontrol tekanan darah, menstimulasi sel darah merah dan menjaga keseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh serta kadar asam-basa tubuh. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, tentu saja banyak sekali proses di dalam tubuh yang terganggu keseimbangannya dan berdampak buruk. Hal inilah yang disebut dengan penyakit ginjal atau sering disebut dengan silent killer.

Penyebab Penyakit Ginjal

penyebab-penyakit-ginjal

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab penyakit ginjal. Penyebab gagal ginjal dibedakan menjadi 2 sebab utama, yakni gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Pada gagal ginjal ginjal akut penyebab cedera adalah faktornya. Prerenal terjadi karena penurunan kadar darah menuju ginjal.

Penyebab prerenal bisa karena volume darah terlalu rendah (hypovolemik), kehilangan cairan tubuh yang berlebihan (dehidrasi) karena diare, muntah, berkeringat, demam. Asupan cairan yang buruk, pengaruh konsumsi obat dalam jangka panjang, sebab gagal jantung, sehingga aliran darah yang dari dan menuju ginjal terlalu sedikit, serta sepsis (kondisi kekebalan tubuh yang kewalahan akibat infeksi) menyebabkan shock.

Penyakit ginjal selain disebabkan oleh prerenal, gagal ginjal juga disebabkan oleh renal (penyebab dari ginjal itu sendiri) dan pasca renal. Penyebab renal, yakni myelonephritis, intoksiksi, glomerulonephritis, dan penyakit lupus. Sedangkan pasca sebab renal ialah obstruksi saluran kemih, batu saluran kemih dan tumor.

Penyebab prerenal, renal dan pasca renal inilah yang menjadikan gagal ginjal berlangsung secara akut, terjadi pada tempo yang sangat cepat. Di samping penyakit ginjal terjadi secara akut, adapula yang terjadi secara kronis. Penyakit ginjal kronis terjadi secara perlahan-lahan, penyebabnya yakni diabetes yang tidak terkontrol, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, batu ginjal, penyakit prostat, dan glomelunefritis kronis.

BACA:  Penyakit Asam Urat dan Kolesterol dan Gejalanya Pencegahannya

Penyakit ginjal ini sering disebut dengan silent killer¸ karena tanpa disadari seseorang telah mengidap penyakit ini. Maka dari itu penting untuk mengetahui gejala yang mungkin timbul pada penyakit ginjal.

Gejala pada penyakit ginjal akut ditandai dengan nyeri pinggang yang amat sakit, bengkak kaki, bengkak mata, demam, sakit saat kencing, ada darah saat kencing, kencing sedikit, sering kencing, ada kelainan pada urine dengan adanya kandungan eritrosit pada urine, ada kandungan leukosit dan bakteri.

Sedangkan pada penyakit ginjal kronik memiliki gejala, muntah, mual, bengkak-bengkak, lemas, nafsu makan berkurang, anemia, kelainan urine yang mengandung protein, ertirosit dan leukosit.

Ada beberapa ramuan herbal yang dapat diusahakan sebagai pengobatan penyakit ginjal, yakni :Pertama, seduhan daun alpukat segar dengan air panas. Kedua, Campuran daun kumis kucing, daun keji beling dan daun meniran beserta akarnya direbus.

Ketiga, Campuran pucuk daun keji beling, temulawak, daun kumis kucing, rambut jagung muda, gula merah dan garam dapur direbus. Keempat, campuran daun meniran, daun ungu, daun arbei, daun duduk, daun kumis kucing, daun sendokan dan daun ngikilo direbus. Pengobatan herbal ini jelas tidak memiliki efek samping seperti obat kimia yang ditakutkan juga berefek tidak baik pada ginjal.

Demikianlah penyakit ginjal yang ternyata sangatlah kompleks berasal dari berbagai penyebab dan menjalar hingga mengenai ginjal. Nah, maka dari itu sebelum terkena penyakitnya, hendaklah dilakukan pencegahan penyakit ginjal.

Pencegahan penyakit ginjal dapat dilakukan dengan mengatasi penyakit-penyakit yang dapat menjadi faktor penyebab, misalnya penanganan hipertensi atau diabetes, bila terdapat batu ginjal, maka batu ginjal harus dikeluarkan segera. Membiasakan diri dengan gaya hidup sehat, dengan olahraga, olah piker dan olah makan yang baik. semoga dapat bermanfaat.

BACA:  Penyakit Hati Liver Bengkak Kronis Wajib Anda Ketahui

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */