Penyakit Gondongan Pada Anak dan Orang Dewasa

Penyakit gondongan merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar parotis atau kelenjar ludah. Ciri fisik yang kelihatan adalah adanya pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi yang bawah.

Hal ini di sebabkan adanya peradangan diantara telinga dan rahang. Biasanya gondongan dialami oleh anak anak dari usia 2 hingga 12 tahun. Jika menyerang manusia dewasa biasanya virus ini menyerang pada bagian testis, payudara, prostat dan organ lainnya.

Orang yang dapat tertulari penyakit gondongan adalah mereka yang menggunakan obat-obatan yang menekan pertumbuhan hormon tiroid sehingga menyebabkan kekurangan zat iodium dalam tubuh.

Penyakit Gondongan Pada Anak

penyakit-gondongan-pada-anak-orang-dewasa

Virus penyakit gondongan dapat ditularkan melalui kontak fisik dengan penderita, baik percikan ludah, muntah dan lainnya. Virus gondongan ditemukan pada urin penderita saat hari pertama hingga hari keempat belas. Penyakit ini jika menyerang anak anak maka anak tersebut jika sudah sembuh akan memiliki kekebalan tubuh seumur hidupnya.

Penyakit gondongan pada anak gejalanya adalah demam tinggi yang disertai pusing, nafsu makan hilang, dan rahang kaku. Setelah itu biasanya akan timbul pembengkakan pada kelenjar air ludah. Biasanya pembengkakan ini akan terjadi selama tiga hari dan kemudian berangsur-angsur kempes.

Pembengkakan biasanya dibawah rahang. Anak anak akan kesulitan dalam mengunyah makanan sehingga anak anak perlu diberi makanan yang lunak agar mudah memakannya. Selain itu hindari meminum minuman yang asam pasalnya akan membuat nyeri anak anak.

Obat Penyakit Gondongan Pada Anak

Obat penyakit gondongan pada anak dapat menggunakan resep dokter atau bahan bahan alami. Jika anda memilih mengobati gondongan dirumah tanpa ke dokter anda bisa menggunakan beberapa ramuan berikut.

BACA:  Gejala Sakit Ginjal Sebelah Kanan Kiri pada Pria dan Wanita

Pertama, ramuan daun tapak dara. Cara menggunakannya adalah daun tapak dara dicuci bersih kemudian ditumbuk. Hasil tumbukannya dioleskan pada bagian gondongan. Lakukan secara teratur dan rutin hingga gondongan kempes. Kedua, ramuan daun sepatu. Caranya adalah rebus daun sepatu dengan 400 ml air.

Kemudian biarkan mendidih dan tinggal sisanya. Minum larutan tersebut rutin tiga kali sehari. Ramuan tradisional ini mampu mengobati gondongan yang belum parah. Jika gondongan sudah parah maka sebaiknya pergi ke dokter.

Penyakit Gondongan Pada Orang Dewasa

Umumnya orang terserang gondongan ketika masih kanak kanak. Akan tetapi gondongan juga bisa menyerang orang dewasa. Penyakit gondongan pada orang dewasa dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan tradisional ataupun resep dokter. Jika anda menggunakan ramuan tradisional khusus wanita yang sedang hamil jangan menggunakan ramuan kembang sepatu. Ramuan kembang sepatu tidak baik untuk ibu hamil.

Jika ibu hamil gondongan dan ingin menggunakan ramuan tradisional sebaiknya menggunakan ramuan belimbing wuluh. Caranya dengan menumbuk belimbing wuluh dan melumurkan hasil tumbukan pada bagian yang terkena gondongan.

Lakukan secara teratur hingga kempes. Selain itu untuk dewasa juga bisa menggunakan ramuan daun simbar menjangan. Caranya daun simbar menjangan digiling halus kemudian dikasih sedikit garam dan air. Hasil gilinganya untuk mengolesi pada bagian gondongan.

Penyakit gondongan umumnya di derita oleh anak anak usia 2 hingga 12 tahun, akan tetapi tak jarang juga menyerang dewasa. Biasanya jika masa kecil telah mengalami gondongan maka dewasanya tidak akan mengalami gondongan lagi.

Pasalnya tubuh telah membuat kekebalan terhadap virus gondongan. Jika dewasa mengalami gondongan hal ini kemungkinan besar akibat waktu kecil belum mengalami gondongan. Penderita gondongan yang paling penting adalah cukup istirahat dan banyak mengkonsumsi makanan bergizi.

BACA:  Penyakit Kulit Eksim Basah Pada Bayi dan Pengobatannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */