Penyakit Gula Darah Kering, Basah dan Darah Tinggi

Saat banyak sekali penyakit yang dapat menyerang tubuh. Hal ini dikarenakan pola makan dan juga gaya hidup yang sudah tidak mulai sehat. Stres berkepanjangan juga bisa menyebabkan banyak penyakit yang berbahaya.

Penyakit gula atau biasa disebut diabetes militus merupakan penyakit yang sekarang banyak sekali dijumpai. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Bisa karena pola makan, keturunan dari orang tua atau kelainan pada system insulin dalam darah.

Penyakit Gula Kering

Di masyarakat lebih banyak mengenalnya dengan penyakit gula kering dan basah. Tetapi didalam ilmu kedokteran sebenarnya tidak ada istilah penyakit gula seperti itu. Penyakit diabetes kering itu terjadi pada orang yang menderita penyakit diabetes dengan tubuh yang kering sedangkan gula basah pada orang yang menderita penyakit ini, tetapi bentuk badannya masih gemuk. Kalau dalam ilmu kedokteran dibagi menjadi dua yaitu diabetes tipe I dan diabetes tipe II. Lalu apa perbedaan kedua jenis tersebut.

penyakit-gula-kering-basah

Penyakit gula tipe I merupakan penyakit diabetes yang sudah tidak dapat memproduksi insulin. Sehingga mereka harus disuntik insulin setiap harinya. Penyakit tipe ini bisa terjadi pada anak-anak dan juga remaja. Berat badan juga kurus kering, hal ini yang biasa disebut dengan penyakit gula kering pada masyarakat.

Cara pengobatannya mereka harus melakukan diet gula, olahraga yang teratur dan juga suntik insulin setiap saat untuk menormalkan kadar gula dalam darah. Selanjutnya penyakit diabetes tipe II, penyakit lebih banyak di derita pada orang yang berumur 40 tahun ke atas. Selain itu kadar insulin dalam tubuh juga masih terkontrol, sehingga tidak perlu melakukan suntik insulin setiap harinya. Penyakit diabetes tipe II ini, juga biasa disebut dengan penyakit diabetes basah.

BACA:  Penyakit Paru-Paru Basah Menular atau Tidak

Penyakit Gula Basah

Setelah mengetahui perbedaan antara penyakit gula kering dan penyakit gula basah sekarang anda harus mengetahui apa saja gejala awal orang yang terkena penyakit diabetes ini.

– Lebih cepat merasa mudah lapar dan juga makan terlalu banyak

– Sering buang air kecil terutama pada saat malam hari

– Lebih cepat haus setiap harinya

– Terkadang sering merasa pusing dan mual

– Pandangan mata yang sudah mulai kabur

– Cepat merasa ngantuk dan juga badan semakin sering merasa lelah

– Berat badan yang menurun secara drastis

– Pada kaki dan tangan sering merasa kesemutan

– Jika terjadi luka pada kulit, akan lama sembuhnya.

Penyakit Gula Darah Tinggi

Itulah beberapa penyakit gula yang harus anda waspadai. Jika anda sudah mengetahuinya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kadar gula dalam darah anda. Penyakit gula darah tinggi juga sering terjadi pada orang yang menderita penyakit hipertensi.

Ini biasanya kompilasi dari kedua penyakit ini. Jika sudah mempunyai dua penyakit ini, anda harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh anda.

Atur pola makan secara teratur. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Bila perlu gunakan beras merah dan juga gula jagung untuk konsumsi sehari-hari. Kedua bahan tersebut memiliki kadar gula yang rendah dibandingkan beras putih biasa dan juga gula tebu.

Perbanyak olahraga secara rutin dan konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. Cek kadar gula setiap bulannya, supaya anda bisa lebih mengontrol pola makan. Bila perlu konsultasi dengan ahli diet gula, biar penyakit gula anda akan lebih cepat sembuh.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

BACA:  Macam - Macam Penyakit Mata dan Gejalanya serta Penyebabnya
Comments
  1. AttaSites.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */