Penyakit Hati Liver Bengkak Kronis Wajib Anda Ketahui

Penyakit hati liver bengkak kronis adalah penyakit yang tentu saja harus ditangani dengan baik agar tidak membahayakan kesehatan. Penyakit liver ini paling banyak disebabkan oleh adanya penyakit hepatitis, kedua penyakit ini saling berhubungan.

Bahkan banyak pendapat mengungkapkan bahwa penyakit hepatitis merupakan awal timbulnya penyakit liver. Sedangkan penyakit hepatitis sendiri disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu karena virus atau racun yang diperoleh dari makanan ataupun minuman. Anda dapat mengenali penyakit liver ini dari tanda-tanda ataupun ciri-ciri yang diberikan.

Penyakit Hati Liver

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri penyakit hati liver yang dapat Anda cermati:

penyakit-hati-liver-bengkak-kronis

– Perut terlihat lebih buncit, hal ini karena adanya pembengkakan di perut dan hal ini juga mengakibatkan adanya rasa sakit saat bernapas.

– Kulit menjadi lebih terlihat kekuning-kuningan, hal ini juga yang menyebabkan banyak orang menyebut penyakit liver ini penyakit kuning.

– Sering buang air kecil dan air seni berwarna kuning gelap, buang air besar tidak teratur dan rasa haus yang berlebihan.

– Berat badan menurun drastis karena nafsu makan berkurang serta kekurangan protein, selain itu badan mudah memar.

– Mudah sakit kepala, lesu, lemah dan juga depresi atau bahkan kejang.

– Bau mulut dan bau badan yang berlebihan.

Jika ciri-ciri penyakit liver tersebut Anda rasakan, Anda harus menanganinya dengan tepat. Segera konsultasikan dengan dokter dan periksa seberapa parah Anda menderita penyakit liver tersebut.

Yang perlu Anda perhatikan yaitu amati setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Anda, jika terdapat kejanggalan maka segera konsultasikan dengan dokter. Selain itu, dukung juga dengan merubah pola makan Anda sehingga gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.

BACA:  Penyakit Liver Sirosis Pada Anak dan Pengobatannya

Penyakit Hati Bengkak

Penyakit liver dapat terjadi akibat pembengkakan pada hati atau sering juga disebut fatty liver. Fatty liver atau penyakit hati bengkak merupakan gejala awal yang ditimbulkan pada organ hati karena adanya gangguan fungsi hati. Fatty liver ini terjadi akibat adanya penimbunan lemak yang terdapat di dalam sel-sel hati.

Dengan adanya pembengkakan ini, maka hati sudah tidak dapat berfungsi dengan baik dan timbullah gejala dari penyakit liver. Pada dasarnya, penyakit ini dapat diatasi dengan mengatur pola makan dan asupan makanan yang dikonsumsi.

Penyakit Hati Kronis

Jika dibiarkan begitu saja tanpa mengontrol asupan makanan, penyakit fatty liver akan menjadi lebih parah hingga menjadi penyakit hati kronis. Sirosis ataupun penyakit liver kronis adalah penyakit liver yang sudah tidak dapat disembuhkan.

Hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan yang terjadi secara berulang, terutama bagi orang yang suka mengkonsumsi minuman keras dalam porsi yang banyak dan selama bertahun-tahun. Hal inilah yang menjadi penyebab utama hati tidak dapat bekerja secara normal dan fungsinya hancur. Penyakit liver kronis ini juga dapat disebabkan oleh penyakit hepatitis, virus ataupun racun lainnya.

Gejala yang diberikan oleh penyakit sirosis ini yaitu adanya penurunan berat badan secara drastis, mudah lelah, mual, diare, nyeri perut, sembelit dan juga perubahan warna kulit. Jika sudah terkena penyakit ini, maka resiko paling mengerikan yang diberikan yaitu kematian.

Penyakit ini paling banyak diderita oleh orang yang memiliki hobi meminum minuman keras, setidaknya 2 gelas dalam sehari dan dilakukan dalam beberapa tahun. Penyakit ini juga dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak menggunakan pengaman. Sekian yang dapat disampaikan mengenai penyakit hati, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.

BACA:  Macam Macam Penyakit Paru Paru, Gejalanya, dan Penyebabnya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */