Penyakit Hepatitis A , B dan C

Penyakit hepatitis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang perlu Anda waspadai sejak dini. Mungkin, kebanyakan dari Anda memang sudah sering mendengar tentang gangguan pada hati ini. Bagi Anda yang penasaran, penyakit hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan tentunya menyerang pada hati sehingga organ penting tersebut mengalami pembengkakan.

Uniknya, hepatitis ini terdiri dari beberapa macam, mulai dari hepatitis A sampai hepatitis E. Bagi Anda yang penasaran ingin tahu apa perbedaan antara penyakit hepatitis tersebut, simak informasinya berikut ini.

Hepatitis mungkin memang disebabkan oleh virus yang menyerang pada hati manusia, tetapi virus tersebut bisa datang karena kelalaian atau pola hidup dari penderitanya. Gejala yang akan Anda rasakan jika virus hepatitis menyerang adalah Anda akan sering mengalami mual-mual, muntah, mudah lelah, kehilangan nafsu makan dan berat badan turun drastis.

Penyakit Hepatitis A dan B

penyakit-hepatitis-a-b-c

Hal yang paling mencolok dan mudah untuk mengenali gejala penyakit ini adalah perubahan warna kulit Anda yang menjadi kuning kepucat-pucatan. Jika Anda mendapati kulit Anda menguning, maka bisa jadi virus hepatitis sudah mulai menyerang liver Anda.

Sudah disinggung sebelumnya, hepatitis dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah hepatitis A. Dari kelima jenis hepatitis, penyakit hepatitis A inilah yang bisa dikatakan paling ringan, tetapi juga tak bisa Anda abaikan begitu saja.

Jika hepatitis A menyerang Anda, mungkin Anda bisa lekas sembuh setelah Anda menyuntikkan vaksin hepatitis A. Setelah Anda menangkal virus HAV tersebut, Anda bisa sembuh hanya dalam hitungan minggu saja. Jadi, jenis hepatitis ini lumayan tak menyiksa penderitanya dalam waktu yang lama.

Lain halnya dengan hepatitis A, hepatitis B adalah penyakit hati yang serius dan berbahaya bagi penderitanya. Hepatitis ini dikatakan penyakit kronis karena virus sangat betah nongkrong di hati dalam waktu yang lama, bahkan bisa sampai sepanjang masa hidupnya.

BACA:  Penyebab Penyakit Lupus Menular dan Cara Pengobatannya

Penyakit Hepatitis C

Hepatitis B ini bisa ditularkan melalui hubungan mesra, penggunaan jarum suntik, baik narkoba atau transfusi darah. Mungkin, awal pula penderita hepatitis bisa mengatasi virus dengan rajin memberikan vaksin, tetapi jika hati sudah mengalami kerusakan yang sangat atau sirosis, hanya operasi atau transplantasi yang bisa menolong Anda.

Selain itu, ada juga hepatitis C. Penyakit hepatitis C ini tak kalah ganas dengan hepatitis yang sebelumnya. Penyakit ini juga sangat sukar disembuhkan karena virus hepatitis bisa hilang dan muncul begitu saja.

Penularan virus hepatitis C ini mungkin hampir sama dengan penyakit hati sebelumnya, lewat hubungan mesra, penggunaan jarum suntik, dan bahkan virus dapat tertular pada saat proses melahirkan. Saking ganasnya penyakit ini, belum ada vaksin yang bisa menumpas virus hepatitis C ini. Mungkin, vaksin hanya bisa menghambat saja sehingga bahaya sirosis lebih mungkin menghadang Anda.

Setelah Anda mengetahui gejala dan perbedaan antara ketiga jenis hepatitis, yaitu hepatitis A, B, dan C, kini saatnya Anda mengetahui informasi bagaimana cara mencegah virus hepatitis agar tidak menyerang Anda.

Yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan pola hidup yang sehat, hindari kebiasaan buruk, seperti minum alcohol dan narkoba, berolahraga, jangan mengkonsumsi obat secara berlebihan, hindari makanan junkfood, menjaga kebersihan badan dan masih banyak lagi.

Tentunya, tak ada salahnya bukan Anda melakukan pencegahan hepatitis sejak dini karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga informasi tentang penyakit hepatitis di atas, bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */