Penyakit Herpes Pada Wanita dan Pria

Penyakit herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya radang di area sekitar kulit yang ditandai dengan terbentuknya gelembung-gelembung yang muncul secara berkelompok. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh virus dengan gejala bintil-bintil di kulit dengan dinding yang transparan pada area kulit tertentu sesuai jalur saraf.

Penyakit ini kebanyakan disebabkan oleh virus herpes simpleks 1 (HSV-1). Virus ini merupakan virus yang seringkali menyerang pada area kulit yang sensitif seperti bibir, tangan, serta bagian alat kelamin. Virus ini biasanya lebih banyak menyerang orang-orang dewasa, namun untuk beberapa kasus juga bisa menyerang anak-anak.

Seseorang yang terinfeksi penyakit herpes dapat mengalami suatu keadaan dimana virus dalam keadaan non aktif sehingga tidak menular pada orang lain. Namun adakalanya virus-virus tersebut akan kembali aktif sehingga bisa menular pada orang lain.

Penyakit Herpes Pada Wanita

penyakit-herpes-pada-wanita-pria

Penyakit ini bisa ditularkan dari orang yang satu ke orang yang lain dengan cara penularan yang berbeda-beda. Diantara cara penularan yang biasanya terjadi adalah dengan bersentuhan, berciuman, berpelukan, serta adanya penggunaan barang-barang keseharian misalnya handuk, gelas, handphone, peralatan makanan, dan lain sebagainya.

Untuk jenis penyakit kulit sendiri terbagi atas dua jenis yakni herpes genitalis dan herpes zooster. Herpes genitalis adalah herpes simpleks yang disebabkan oleh adanya hubungan intim yang tidak wajar serta tidak sehat dan biasanya menyerang organ vital dan sekitarnya. Herpes genital tergolong penyakit yang sulit disembuhkan dan dapat kambuh sewaktu-waktu.

Sedangkan herpes zooster adalah jenis penyakit herpes yang yang terjadinya disebabkan oleh serangan virus varicella zooster. Gejala yang sering muncul hampir serupa dengan gejala cacar air yakni berupa lepuhan-lepuhan dengan gelembung-gelembung yang berwarna merah kecoklatan pada kulit yang terinfeksi. Biasanya terjadi disekitar area perut.

BACA:  Jenis Penyakit Degeneratif Pada Lansia

Penyakit herpes pada wanita atau yang lebih dikenal dengan herpes genital biasanya tidak menunjukkan gejala, namun penyakit ini bisa menular. Penularannya bisa terjadi melalui hubungan seksual.

Penyakit ini awalnya mungkin ringan, namun pada beberapa kasus jika tidak ditangani dengan segera bisa menjadi sangat berat. Adapun vase perkembangan virus ini sendiri adalah dimulai dari infeksi primer, stadium laten, replikasi virus, dan yang terakhir stadium rekuren.

Penyakit Herpes Pada Pria

Untuk ibu hamil yang menderita penyakit herpes, maka secara otomatis bayi yang dilahirkan biasanya akan terjangkit penyakit ini juga, oleh karena itu, untuk ibu-ibu yang menderita penyakit tersebut dan menginginkan terjadinya kehamilan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter yang lebih ahli.

Penyakit herpes genital ternyata tidak hanya terjadi pada wanita saja, namun penyakit ini juga menyerang seorang pria terutama bagi mereka yang sering bergonta-ganti pasangan. Gejala penyakit herpes pada pria pada umumnya hampir sama dengan penyakit herpes pada wanita.

Pada pria biasanya ditandai dengan munculnya gelembung bening di kepala atau leher penis. Awalnya mungkin akan terasa gatal, kemudian menjadi panas, pedih, dan gelembung akan pecah. Namun setelah gelembung pecah bukan berarti penyakit ini hilang. Bahkan akan sering kambuh secara berulang jika kondisi tubuh dalam keadaan tidak fit.

Sampai saat ini obat dari penyakit herpes sendiri belum diketahui dengan pasti. Obat-obatan yang ditemukan saat ini hanya sebatas mengurangi frekuensi kambuhnya virus-virus tersebut namun bukan menghilangkan virus yang ada di sana.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */