Penyakit ISPA Pada Orang Dewasa, Anak-Anak dan Balita

Penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) merupakan suatu penyakit yang disebabkan infeksi pada organ saluran pernafasan, laring, faring, sinus dan hidung. Penyebab utama dari penyakit ISPA yaitu faktor lingkungan yang kurang bersih.

Jadi, penyakit ISPA terjadi bukan hanya karena infeksi virus atau bakteri, namun perilaku buruk yang dilakukan sehari-hari dapat menyebabkan timbulnya penyakit ini. ISPA terdiri dari saluran pernafasan pada bagian atas hingga saluran pernafasan pada bagian bawah. Bahkan jika sudah mengalami infeksi akut, maka dapat menyerang bagian saluran pernafasan mulai dari hidung bagian atas sampai jaringan pada paru-paru bagian bawah.

Penyakit ISPA Pada Orang Dewasa

Apabila penyakit ini tidak segera ditangani, maka dapat menimbulkan produksi lendir menjadi meningkat. Hal itu dapat menyebabkan penyempitan pada saluran pernafasan dan sel pembuluh bakteri pada saluran pernafasan menjadi rusak. Sehingga, penderita akan mengalami kesulitan dalam bernafas.

penyakit-ispa-pada-anak-anak

Penyakit ISPA pada orang dewasa terjadi karena suhu yang dingin, kebiasaan merokok atau lingkungan yang memiliki udara yang kotor. Selain itu, daya tahan tubuh yang lemah juga dapat menyebabkan penyakit ISPA. Dengan daya tahan tubuh yang lema, maka virus akan sangat mudah menyerang.

Cara mengatasi ISPA untuk orang dewasa tidak hanya dengan pengobatan yang diberikan oleh dokter. Namun, orang tersebut juga harus merubah gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan untuk menyembuhkan ISPA:

– Hindari merokok.

– Mengenakan masker saat berpergian menggunakan motor. Hal itu untuk mengurangi debu-debu yang kotor mask ke dalam pernafasan.

– Mengkonsumsi makanan sehat.

– Mengkonsumsi air putih yang cukup.

– Melakukan olahraga ringan secara rutin.

Penyakit ISPA Pada Balita

Penyakit ISPA pada balita dapat terjadi karena kondisi cuaca yang sedang berlangsung seperti musim dingin atau musim kemarau. Selain itu, lingkungan yang kurang bersih dan banyak terdapat debu juga dapat menyebabkan ISPA pada balita. Cara pencegahannya yaitu dengan memeriksakan ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa anak tersebut menderita ISPA atau bukan.

BACA:  Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner, Bengkak dan Lemah

Menjaga kesehatan tubuh anak juga sangat penting agar anak memiliki daya tahan tubuh yang baik. Jangan membiarkan anak berhubungan dengan orang atau anak-anak lain yang menderita ISPA supaya tidak tertular. Anak tersebut juga dapat diberikan imunisasi, Anda tinggal berkonsultasi pada dokter.

Penyakit ISPA Pada Anak-Anak

Meskipun penyakit ISPA pada anak-anak sering terjadi karena faktor cuaca, namun sebagai orang tua, Anda harus lebih ketat dalam menjaga kesehatan anak-anak. Paling tidak, Anda mengetahui apa saja yang menjadi gejala ISPA, sehingga saat anak mengalami gejala seperti itu dapat melakukan tindakan secara cepat. Berikut ini beberapa gejala ISPA secara umum:

1. Sistem Raspiratorik

Nafas lebih cepat, suara nafasnya lemah dan tidak teratur, mengalami retraksi pada dinding dada, sianosis dan nafas cuping hidung.

2. Sistem Integumen

Penderita mengeluarkan keringat banyak.

3. Sistem Cerebral

Mengalami sakit kepala, gelisah, bingung, papil bahkan ada yang mengalami kejang dan bisa menyebabkan koma.

4. Sistem Cordial

Cardiac arrest, hipertensi, hipotensi, bradikardi dan tachycardia.

Demikian penyebab dan gejala penyakit ISPA yang penting untuk diketahui. Apabila diketahui dengan lebih awal, maka akan segera mendapat penanganan yang tepat supaya tidak lebih parah.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */