Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi, Anak dan Remaja

Mungkin anda semua sudah tahu bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Ada beberapa jenis penyakit jantung, ada jantung lemah, jantung koroner, jantung bengkak., jantung bawaan dan masih lain sebagainya. Pada kesempatan kali saya akan membahas tentang penyakit jantung bawaan (PJB).

Jantung bawaan merupakan suatu penyakit yang terjadi karena adanya sebuah kelainan pada bayi sejak dia berada di kandungan. Kelainan ini ditandai dengan aorta pada jantung yang seharusnya keluar dari bilik malah berbalik keluar dari bilik kanan. Sehingga darah kotor mengalir ke seluruh tubuh dan darah bersih menuju ke paru-paru. Ada lima jenis jantung bawaan pada bayi antara lain:

Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi, Anak dan Remaja

penyakit-jantung-bawaan-bayi-anak-remaja

Persisten Duktus Arteriosus Persisten

Penyakit jantung bawaan pada bayi jenis ini terjadi pada bagian duktus arteriosus. Duktus arteriosus merupakan pembuluh darah yang saling menghubungkan antara arteri pulmonalis dengan arteri subklavia pada bagian aorta distal. Dilihat dari segi fungsional arteri ini terkadang masih bekerja dengan baik.

Tetapi setelah beberapa hari arteri ini akan menutup dan tidak bekerja dengan baik. Walaupun keadaan sudah lebih membaik. Hal ini terjadi karena infeksi pada bagian duktus. Sampai beranjak dewasa duktus akan tetap bekerja dengan baik. Tetapi jika terjadi perbesaran jantung, gangguan pernafasan dan lain sebagainya harus segera dilakukan operasi pembedahan.

Ventracular Septal Defect

Vetraculat septal defect atau sekat pada bilik jantung yang berlubang. Lubang pada bilik jantung ini akan mengakibatkan bocornya aliran darah pada bilik kanan maupun pada bilik kiri. Hal ini membuat aliran darah menjadi terbalik. Aliran darah bersih terhambat dan kembali lagi ke paru-paru. Sedangkan sebagian darah kotor ada yang mengalir ke seluruh tubuh.

BACA:  Penyakit Mata Ikan dan Merah serta Glukoma

Jika lubang pada bilik jantung tidak begitu besar, ini tidak akan menimbulkan masalah yang terlalu serius. Tetapi jika lubang pada bilik jantung lumayan besar, bayi akan mengalami gagal jantung. Gejala yang ditimbulkan antara lain, sesak nafas, mudah lelah, susah untuk diberi asi, cepat terbangun dari tidur dan lain sebagainya.

Pulmonary Stenosis

Pulmonary stenosis merupakan penyempitan pada katup paru. Katup tersebut berfungsi untuk mengalirkan darah yang kotor atau rendah oksigen menuju ke bilik kanan jantung. Dengan gangguan ini akan mengakibatkan jantung lebih banyak memompa darah sehingga akan mengakibatkan pembengkakan jantung.

Penyakit jantung bawaan jenis ini biasanya baru di sadari ketika sudah menginjak remaja. Sehingga akan mengakibatkan stroke, penyakit paru dan juga harapan hidup yang semakin rendah.

Atrial Septal Defect

Penyakit jantung bawaan pada anak ini terjadi karena penyempitan pada serambi jantung. Ini akan mengakibatkan bilik kanan dan bilik kiri jantung terdapat saluran penghubung. Hal ini gejalanya hampir sama dengan vectacular septal defect. Jadi darah kotor akan menuju ke seluruh tubuh dan darah bersih akan menuju ke paru-paru. Biasanya penyakit ini lebih banyak dialami oleh anak perempuan dibandingkan anak lelaki.

Tetralogi Fallot

Penyakit jantung bawaan yang terakhir adalah tetralogi fallot. Penyakit ini merupakan penyakit kompilasi dari jantung. Dari keempat jenis penyakit jantung bawaan,semuanya terjadi pada jenis penyakit jantung tetralogi fallot ini. Biasanya bayi yang menderita ini akan mempunyai warna kulit yang biru karena kurangnya asupan oksigen dalam tubuh. Itulah beberapa jenis dari penyakit jantung yang wajib anda ketahui. Semoga dapat memberikan informasi untuk anda.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Gejala Penyakit Radang dan Kanker Paru Paru Basah dan Kering




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */