Penyakit Jantung Koroner, Bawaan, Rematik, Lemah

Menurut riset penyakit jantung adalah penyakit yang paling membunuh dibandingkan dengan kanker atau penyakit mematikan lainnya. Ketika seseorang telah didiagnosis mengalami atau menderita sakit jantung akan sangat riskan dengan resiko kematian.

Mereka akan mudah jatuh sakit atau kambuh ketika terlalu kaget, terlalu senang, atau juga terlalu bahagia. Penyakit ini pun tidak mengenal usai mulai dari anak-anak hingga orang tua bisa terkena penyakit ini. Faktor yang utama dalam terjadinya sakit jantung bisa melalui lingkungan, pola hidup, dan juga keturunan. Berikut ada beberapa jenis sakit jantung berdasarkan gejalanya.

Penyakit Jantung Koroner

penyakit-jantung-koroner-lemah-bawaan-rematik

Pertama adalah penyakit jantung koroner (PJK) atau Chorony Heart Diesses terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah kecil yang berfungsi memasok darah dan juga oksigen ke jantung Anda. Penyempitan ini terjadi karena adanya plak didinding arteri atau disebut juga dengan pengerasan arteri.

Gejala yang sering muncul adalah rasa nyeri pada dada, nafas terengah-engah, kelelahan yang sangat ketika melakukan kegiatan fisik, merasa berat, dan juga jantung serasa diremas-remas. Faktor yang mempengaruhi PJK adalah pola hidup tidak sehat, kolesterol, merokok, dan lain-lain.

Penyakit Jantung Bawaan

Jenis yang kedua adalah penyakit jantung bawaan (PJB) biasanya terjadi pada bayi baru lahir. Jenis sakit jantung bawaan ini disebabkan oleh aorta yang semestinya berfungsi untuk membawa darah bersih keluar dari bilik kiri keluar melalui bilik kanan sehingga darah bersih kembali masuk ke paru-paru dan darah kotor justru disebarkan ke seluruh tubuh.

Gejala yang sering ditimbulkan oleh PJB adalah pada ujung kuku, lidah dan juga bibir akan terlihat biru, hemoglobin tinggi mencapai lebih dari 20 dari batas normal 14. Dalam kondisi seperti ini, bayi akan sangat rewel dan susah menyusu, dan juga sangat rawan terinfeksi penyakit, berat badan rendah.

BACA:  Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner, Bengkak dan Lemah

Penyakit Jantung Rematik

Selanjutnya adalah penyakit jantung rematik (PJR) atau Rheumatic Heart Disease (RHD) adalah jenis sakit jantung paling serius untuk anak-anak hingga remaja. Penyakit ini disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada seluruh jantung hingga pada selaputnya.

Jantung rematik ini disebabkan karena adanya komplikasi pada demam rematik sehingga akan menyebabkan jantung rematik. Demam rematik ini paling sering terjadi pada usia antara 5 hingga 15 tahun dan sangat jarang terjadi pada usia di bawah 2 atau diatas 15. Oleh sebab itu, jantung rem atik ini sangat membahayakan untuk usai anak-anak dan remaja.

Penyakit Jantung Lemah

Gejala yang ditimbulkan oleh PJR ini adalah anak akan merasakan sesak nafas karena jantung telah mengalami kerusakan parah, rasa nyeri pada bagian sendi yang berpindah-pindah. Selain itu juga akan timbul bercak merah pada bagian kulit yang memiliki batas, gerakan pada tangan dan tidak terkendali sekaligus tak beraturan, dan benjolan pada kuli.

Biasanya juga akan disertai dengan nyeri perut, berat badan berkurang, dan demam tinggi. Demam juga menjadi salah satu gejala penyakit jantung lemah. Jantung lemah mungkin terlihat menjadi salah satu sakit jantung yang bisa dibilang tidak mematikan meskipun terbilang serius.

Seseorang dapat didiagnosis mengalami jantung lemah karena kemampuan jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Maksudnya, jantung tidak dapat memompa darah dengan kecepatan seharusnya. Jantung bekerja dengan ritme yang lebih pelan dari batas normal.

Gejala yang sering muncul atau dirasakan oleh penderita penyakit jantung lemah adalah mudah lelah dan lemas, tidak bisa berjalan jauh, berdebar-debar dan juga sering pusing. Anemia dan juga hipertensi dapat pula menjadi penyebab jantung lemah.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyakit Asam Urat dan Kolesterol dan Gejalanya Pencegahannya




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */