Penyakit Kista Pada Wanita dan Pria dan Obatnya

Apakah penyakit kista berbahaya? Ada sebagian orang yang menjawab iya dan sebagian lagi tidak. Memang masalah kista pada wanita ini tidak dapat begitu saja diputuskan berbahaya atau tidak hanya dengan kasat mata dan juga hasil spekulasi yang asal comot dari beberapa kasus yang telah ada.

Perlu adanya pemahaman dan juga penjelasan secara ilmiah apakah kista ini benar berbahaya atau tidak. Penyakit ini sangat erat dan juga sangat dekat dengan dunia wanita. Hampir sebagian besar kasus kista yang telah ada dialami oleh wanita dengan rentan usia yang sangat variatif. Kista identik dengan rahim wanita namun sebenarnya kista tidak hanya dapat terjadi pada rahim saja.

Penyakit Kista Pada Wanita

penyakit-kista-pada-pria-wanita-obatnya

Kista merupakan sebuah gumpalan yang berbentuk cairan yang menempel pada bagian tubuh tertentu yang jika dibiarkan semakin lama gumpalan tersebut akan semakin membesar. Penyakit kista pada wanita biasanya terjadi atau menyerang pada bagian perut, tepatnya pada rahim atau indung telur.

Bentuk kista sangat bermacam-macam ada yang berbentuk menyerupai kristal yang berisi cairan yang kental dan sebagian ada pula yang berbentuk menyerupai anggur. Kista ini dapat pula berisi nanah, dan udara, atau juga materi lainnya. Kista berkembang sangat lama dalam tubuh sehingga resiko pecah akan sangat rendah.

Penyakit Kista dan Obatnya

Namun, tidak ada salahnya jika Anda mengantisipasinya, ada beberapa cara penyakit kista dan obatnya yang dapat Anda jadikan alternatif. Sebenarnya jika penyakit ini tidak pecah, maka masih tergolong aman karena jika masih dalam diagnosis awal dengan ukuran masih kecil dan juga terjadi pada wanita di bawah 40 tahun kista dapat menghilang dengan sendirinya.

BACA:  Penyebab Gejala Ciri Pencegahan Penyakit Kista Pada Wanita

Namun, jika telah berkembang menjadi semakin besar, maka perlu segera ditangani. Ada dua jenis kista berdasarkan karakteristiknya, yaitu kista non-neoplastic dimana jenis ini termasuk jenis dan dapat mengemis dengan sendirinya dalam jangka waktu 1 hingga 3 bulan dan juga kista neoplastic dimana kondisi kista mengharuskan dioperasi agar hilang.

Penyakit Kista Pada Pria

Kistatidak hanya terjadi pada wanita saja namun penyakit kista pada pria juga dapat terjadi. Jika pada perempuan kebanyakan kasus menunjukkan kista terjadi pada indung telur, lain halnya dengan kasus kista pada pria. Pada pria kista muncul tidak pada bagian indung telur namun dapat muncul pada daerah kulit, usus, dan juga paru-paru bahkan otak.

Jika belum terlalu besar dan termasuk dalam jenis kista non-neoplastic, maka akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika telah pecah makan harus dilakukan operasi atau pengobatan lainnya. Rasa nyeri dan juga perih pada daerah dimana kista tumbuh akan muncul ketika kista pecah.

Namun, resiko terkena penyakit kista bagi pria lebih kecil jika dibandingkan dengan wanita. Banyak aktor yang mengakibatkan timbulnya kista pada wanita misalnya dengan adanya siklus haid yang tidak lancar, menstruasi pada usia dini, menderita hipoteroid, dan juga pada mantan penderita kanker payudara.

Selain itu, kista juga dapat menyerang ibu hamil. Penyakit kista pada ibu hamil perlu sangat diperhatikan. Usahakan agar mengecek terlebih dahulu kesehatan Anda karena gejala kista biasa tidak dirasakan oleh penderitanya.

Wanita yang menderita kista tetap dapat memiliki keturunan. Ada sebagian masyarakat yang menyatakan bahwa kista menjadikan seorang wanita tidak bisa hamil pendapat ini tidak sepenuhnya salah.

Penyakit kista yang diderita seorang wanita termasuk ke dalam jenis kista jinak maka masih bisa memiliki kemungkinan untuk hamil karena kista jinak akan hilang dengan sendirinya dalam 2 atau 3 bulan. Sedangkan jika kista menyerang pada indung telur makan harus dilakukan operasi pengangkatan agar dapat hamil.

BACA:  Jenis Penyakit Degeneratif Pada Lansia

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */