Penyakit Kulit Herpes Zoster dan Simplex

Penyakit kulit Herpes merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus dan umumnya ditandai dengan adanya luka melepuh atau gelembung berisi air dan timbul secara berkelompok bahkan menyebabkan rasa sakit.

Penyakit ini biasanya menyerang daerah mulut, alat kelamin, mata, jari-jari tangan maupun jari-jari kaki. Penyakit ini merupakan penyakit menular dan bisa menginfeksi siapa saja. Untuk itu menghindari kontak langsung dengan penderita merupakan salah satu upaya pencegahan yang harus dilakukan untuk mencegah tertular penyakit tersebut.

Seperti yang dikatakan sebelumnya jika penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan gelembung secara berkelompok dan mengadung air pada bagian terluar dari kulit. Siapa saja dapat terserang penyakit ini, tak hanya orang dewasa bahkan anak-anak juga dapat terinfeksi penyakit kulit ini.

Penyakit Kulit Herpes Pada Anak

penyakit-herpes-pada-anak-zoster-simplex

Sebagaimana yang telah diketahui jika penyebab munculnya penyakit ini adalah virus yang notabene merupakan organisasi setengah hidup yang mampu berkembang biak dalam sel-sel makhluk hidup lainnya. Biasanya virus akan berlindung ke serabut syaraf dan membuat dirinya tidak aktif untuk sementara sehingga sistem kekebalan tubuh tidak mampu mendeteksi keberadaannya.

Selain menyerang orang dewasa, penyakit ini juga rentan menginfeksi anak-anak. Penyakit kulit herpes pada anak memiliki gejala yang tidak jauh berbeda dengan gejala penyakit herpes pada orang dewasa.

Karena kulit anak yang masih sensitif maka akan sangat mudah terserang penyakit ini. selain bisa disebabkan oleh virus, anak-anak yang bersentuhan secara langsung dengan penderita juga akan terinfeksi penyakit ini. selain itu yang lebih penting adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan disekitar tempat tinggal dan rutin membersihkan tempat tidur anak-anak dari tungau.

Penyakit Kulit Herpes Zoster dan Simplex

Salah satu jenis penyakit kulit herpes adalah penyakit kulit herpes zoster. Penyakit ini ditularkan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya melalui kontak langsung yakni salah satunya melalui pernapasan.

BACA:  Penyakit Hati Liver Bengkak Kronis Wajib Anda Ketahui

Virus tersebut akan menjadi epidemik pada inang-inang yang rentan. Faktor usia juga mampu menjadi salah satu penyebab seseorang terserang penyakit ini. hal ini dikarenakan dengan semakin bertambahnya usia akan berakibat menurunnya sistem imun dalam tubuh. Herpes zoster bukan termasuk penyakit herpes genital maupun herpes simplex.

Herpes zoster sendiri merupakan penyakit bawaan dari penyakit cacar air tidak akan menular pada orang lain, terkecuali jika orang tersebut belum pernah mengalami cacar air sebelumnya.

Jenis penyakit herpes yang lainnya adalah penyakit kulit herpes simplex. Penyakit ini merupakan penyakit kelamin yang menular. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan badan yang tidak dilakukan dengan benar dan aman. Salah satu upaya pencegahan tertularnya penyakit ini adalah dengan menggunakan pelindung saat berhubungan badan dan juga tetap setia hanya pada satu pasangan saja.

Penyakit ini akan sangat berbahaya bagi ibu yang sedang hamil karena penyakit ini otomatis akan menularkan virus tersebut pada janin yang dikandungnya. jika seseorang telah terinfeksi firus ini, maka virus tersebut tidak akan pernah bisa hilang dari tubuhnya, bahkan akan sering kambuh pada waktu-waktu tertentu.

Dengan uraian singkat mengenai penyakit kulit herpes tentunya akan membuat anda semakin memahami seberapa bahayanya penyakit ini. untuk itu sangat penting menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya penyakit ini sehingga kita tidak sampai tertular. Yang lebih penting lagi dari sekedar upaya penanganan dan penyembuhan adalah dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */