Penyakit Lambung Dan Gejalanya Serta Obatnya

Bagian saluran pencernaan yang dapat mengembang paling besar adalah lambung. Lambung memiliki bagian yang disebut fundus, bagian bawah horizontal yang disebut atrium pilorik serta batang utama.

Kelenjar dalam bagian lambung menghasilkan cairan yang sangat berguna bagi pencernaan. Pada getah lambung ini lah enzim pencernaan terdapat. Lambung juga bisa mengalami penyakit. Penyakit lambung yang terkenal adalah maag. Maag sering dikaitkan pada makan yang tak teratur dan jenis makanan yang tidak sehat.

Penyakit maag merupakan akibat dari kadar asam lambung yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh tingginya produksi asam pada lambung. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya bakteri atau kelainan saraf. Jika maag sudah kronis biasanya akan menyebabkan komplikasi atau iritasi yang menyebabkan luka pada lambung.

penyakit-lambung-gejalanya-obatnya

Penyakit Lambung dan Gejalanya

Gejala yang terlihat adalah pencernaan yang kurang baik, nafsu makan menurun, diare kronis bahkan hingga muntah. Awalnya jenis penyakit semacam ini tak banyak dirasakan dan dianggap masalah oleh para penderitanya, akan tetapi jika telah mengalami tahap kronis maka biasanya penderita baru akan mencari obatnya.

Penyakit lambung dan gejalanya bisa bermacam macam penyebabnya. Biasanya ada yang mengalami rasa sakit, mual atau kehilangan nafsu makan. Akan tetapi ada yang merasa lambungnya penuh tapi belum makan sehingga rasanya kenyang tapi sebah atau penuh. Gejala gejala tersebut bisa diakibatkan karena masalah yang ada pada sistem pencernaan.

Selain itu gangguan ini juga bisa disebabkan karena makanan. Misalnya karena makanan yang sangat pedas dan berlemak. Jika gejala tersebut akibat memakan makanan maka cara mengobatinya cukup mudah dengan menghindari makanan.

Kadang kala gejala sakit pada lambung hingga tukak ataupun maag tidak disebabkan oleh adanya kesalahan atau masalah pada saluran pencernaan terutama lambung. Namun kadang juga bisa disebabkan karena gerakan usus yang mengosongkan makanan pada lambung.

BACA:  Penyakit Leukimia dan Penyebabnya Pada Anak

Penyakit maag juga bisa disebabkan oleh adanya masalah kejiwaan atau psikis. Misalnya kondisi pikiran yang stress, kelelalahan, perasaan jenuh yang terlalu berat. Berbagai hal yang bisa memicu stres dan menguras pikiran bisa menyebabkan maag.

Penyakit Lambung dan Obatnya

Penyakit lambung dan obatnya banyak yang dijual di apotek apotek. Apalagi jika jenis penyakitnya adalah yang disebabkan oleh kadar asam lambung yang naik. Selain obat-obatan untuk asam lambung bisa juga diobati dengan menggunakan bahan bahan alami.

Pisang, jahe, dan lidah buaya adalah jenis tanaman yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Selain itu baking soda dan permen karet ternyata juga bisa menurunkan kadar asam pada lambung. Selain itu juga bisa menggunakan ramuan seperti kunyit, daun jambu biji dan biji pepaya.

Penyakit lambung banyak yang menjadi penyebabnya. Masalah pda lambung bisa menyebabkan maag, tukak dan lain-lainya. Masalah lambung bisa disebabkan karena memiliki pola makan yang tidak teratur, stress bahkan depresi.

Keadaan psikis yang tidak stabil bisa menyebabkan maag dan produksi asam lambung yang meningkat. Bahkan emosi yang berlebihan juga bisa meningkatkan kadar asam lambung. Jika asam lambung meningkat pesat maka dinding lambung akan rapuh. Kerapuhan dinding lambung ini akan menyebabkan sakit maag.

Apabila seseorang sedang stress dan pola makanya tak teratur maka maag akan gampang di picu. Bahkan meminum obat saat asam lambung tinggi juga bisa menimbulkan sakit maag. Jika penyebabnya adalah pola makan dan pola hidup maka segera atur pola hidup sehat dan pola makan anda. jangan lupa untuk menjaga stamina tubuh tetap fit. Mengonsumsi banyak buah dan sayuran secara teratur setiap hari terbukti mampu menjaga stamina tiap hari.

BACA:  Penyakit Asma Bronkial Pada Anak dan Pengobatannya

 

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. brofitzjp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */