Penyakit Leukimia dan Penyebabnya Pada Anak

Penyakit leukimia merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat memburuk dengan perlahan. Apabila kondisinya sudah dalam tahap akut, maka dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini disebabkan karena memproduksi sel darah putih secara berlebihan sehingga menyebabkan gangguan pada fungsi normal darah.

Penyebab utama dari penyakit ini memang belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa kemungkinan yang dapat memicu terjadinya penyakit leukimia. Salah satu penyebabnya yaitu kombinasi virus yang berasal dari faktor genetik, pengaruh dari beberapa bahan kima dan faktor imunologik.

Penyakit Leukimia Pada Anak

penyakit-leukimia-pada-anak

Penyakit leukimia limfoblastik biasanya menyerang pada anak-anak, sekitar 75% dari semua kasus terjadi pada anak-anak. Penyakit leukemia pada anak sering terjadi pada mereka yang masih berusia 4 tahun. Meskipun tidak menutup kemungkinan penyakit ini dapat menyerang pada orang dewasa. Kegagalan dalam penanganan penyakit leukimia bisa menyebabkan pada kematian.

Karena sel kanker yang bersifat ganas tersebut mengalir melalui darah dan bisa berpindah ke bagian organ tubuh lainnya. Dengan berkembangnya sel yang tidak normal tersebut dapat merusak organ penting didalam tubuh dan menyebabkan anemia, gagal ginjal, gagal hati, bahkan tumor kecil yang tumbuh di bawah permukaan kulit.

Penyakit Leukimia dan Penyebabnya

Penyakit leukemia dan penyebabnya yaitu infeksi bakteri. Hal itu terjadi akibat suatu penurunan terhadap daya tahan tubuh yang diakibatkan dari keganasan sitostika. Sitostika ini menjadi penyebab utama dari penghambatan pada proses proliferasi sel kulit dan mukosa. Untuk pemeriksaan penyakit leukimia bisa dilakukan dengan cek darah serta pengambilan sumsum tulang belakang.

Penyakit leukimia bukan penyakit yang tidak dapat diobati. Hanya saja, untuk penyembuhannya membutuhkan kesabaran, kerja sama antara dokter, pasien dan orang tua untuk menanganinya. Dengan begitu, anak yang menderita leukimia dapat disembuhkan.

BACA:  Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Macam-Macam Leukimia

1. Chronic Lymphocytic Leukimia (CLL)

Leukimia ini paling sering diderita oleh orang tua yang usianya di atas 55 tahun. Meskipun ada beberapa kasus yang dialami oleh orang dewasa dan belum ditemukan kasus pada anak-anak.

2. Chronis Mylleoid Leukimia (CML)

Leukimia jenis ini sering diderita pada orang yang masih dewasa dan sedikit sekali terjadi pada anak-anak.

3. Acute Lymphocytic Leukimia (ALL)

Leukimia jenis ini sering terjadi pada anak-anak, meskipun pernah ditemukan kasus ini terjadi pada orang tua dengan usia 65 tahun keatas.

4. Acute Myleoid Leukimia (AML)

Leukimia ini sering terjadi pada orang dewasa dan sangat sedikit sekali terjadi pada usia anak-anak.

Cara Pencegahan Penyakit Leukimia

– Hindari jenis makanan yang tercemar dengan pestisida dan herbisida. Penderita leukimia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan organik.

– Hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol, khususnya pada wanita yang sedang hamil.

– Ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi pil diet atau obat-obatan penenang tanpa anjuran dokter.

– Hindari menjalankan kemoterapi karena dapat memperburuk pasien.

– Menjaga berat badan supaya tetap ideal dengan melakukan olahraga secara rutin.

Itulah penyakit leukimia berdasarkan penyebabnya dan bagaimana cara melakukan pencegahan bagi kita yang tidak menderita penyakit tersebut atau bagi yang sudah menderita.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */