Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Penyakit Lupus dan Pengobatannya. Mungkin belum banyak orang yang mengetahui apa itu penyakit lupus. Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini termasuk ke dalam jenis penyakit autoimun yang kronis sehingga pada akhirnya akan merusak bagian tubuh seperti kulit, sendi dalam tubuh, dan bahkan dapat merusak bagian organ tubuh Anda.

Jika masuk ke dalam kategori kronis berarti penyakit ini akan lebih dari 6 minggu bersemayam dalam tubuh Anda. Banyak orang yang tidak menyadari bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit ini sehingga sadar atau dengan tidak sadar meremehkan penyakit yang terlihat merah pada kulit ini.

Penyakit Lupus Adalah

penyakit-lupus-dan-pengobatannya

Penyakit lupus adalah penyakit yang disebabkan adanya sebuah kesalahan dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem imun atau kekebalan tubuh bertugas memerangi dan juga melawan segala bentuk macam jenis virus, bakteri, dan juga menjaga agar tubuh tetap sehat.

Namun ketika seseorang terkena penyakit lupus sistem ini tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya sehingga timbullah kelainan yang disebut autoimun. Sistem kekebalan tubuh pada manusia memproduksi protein yang disebut juga dengan antibody, protein ini bertugas atau berfungsi sebagai bala tentara yang menjaga tubuh dari serangan virus asing.

Penyakit Lupus Disebabkan Oleh

Awal timbulnya atau penyakit lupus disebabkan oleh antibody yang telah dihasilkan oleh sistem imun tersebut mulai tidak dapat membedakan mana yang merupakan virus asing, bakteri, dan juga sistem atau sel/jaringan tubuh Anda sehingga timbullah autoimun tersebut. Antibody ini menyerang semua benda yang datang sehingga dapat berefek pada kerusakan jaringan tubuh Anda yang lainnya.

Jaringan auto antibody yang menyerang jaringan normal pada tubuh Anda inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan rasa nyeri, peradangan, dan juga dapat menimbulkan kerusakan pada beberapa bagian tubuh Anda.

BACA:  Waspadai Penyakit Kuning Pada Bayi dan Anak

Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan adanya gangguan pada sistem imun yang pada akhirnya akan menyebabkan lupus. Diantaranya adalah faktor yang disebabkan oleh hormon, genetik, dan juga lingkungan .ketiga faktor ini merupakan faktor terkuat yang dapat menimbulkan penyakit lupus.

Selain itu paparan sinar matahari secara langsung, kehamilan, persalinan, infeksi, dan juga pengaruh obat atau efek samping dari obat yang sedang Anda konsumsi. Faktor tersebut, menurut para ahli juga dapat memperparah lupus yang Anda derita. Penyakit lupus dan pengobatannya dapat diupayakan dengan menekan sistem kekebalan tubuh Anda.

Penyakit Lupus Menular?

Belum diketahui secara pasti apakah penyakit lupus menular atau tidak namun secara garis besar ketika sebuah penyakit tersebut disebabkan oleh virus atau bakteri terdapat kemungkinan untuk menular.

Gejala yang bisanya timbul pada penderita penyakit ini berbeda dan juga muncul dalam waktu yang tidak bersamaan tergantung dari organ tubuh Anda yang rusak terkena infeksi lupus. Namun yang pasti akan timbul gejala seperti ruam merah dengan bentuk seperti kupu-kupu pada pipi atau hidung, demam, lelah yang ekstrim, nyeri, sakit kepala, dan juga pembengkakan dan masih banyak lagi.

Pengobatan lupus menurut pada ahli akan membutuhkan waktu yang lama karena harus menemukan kombinasi yang pas untuk dikonsumsi tergantung dari organ yang diserang oleh virus lupus.

Oleh sebab itu, hingga sekarang belum dapat di pastikan kombinasi obat yang sesuai. Namun, ada beberapa hal yang paling diutamakan para dokter untuk menangani penyakit lupus ini. Yaitu menghilangkan ruam, mengendalikan rasa nyeri dan juga lelah, menekan imun yang bekerja terlalu aktif, mengurangi peradangan, dan juga mencegah terjadinya flare.

BACA:  Gejala Penyakit Ginjal dan Pengobatannya serta Pencegahannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */