Penyakit Maag Kronis Akut dan Pengobatannya

Penyakit maag adalah penyakit yang cukup banyak diderita sebagian besar orang, penyakit ini dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Diantaranya yaitu karena peradangan yang terjadi pada lambung akibat infeksi bakteri, adanya stress, pola hidup tak sehat ataupun pola makan yang tidak teratur.

Secara umum, sakit maag ini dapat didefinisikan sebagai adanya rasa sakit yang terdapat di saluran bagian atas, ulu hati dan bagian sekitarnya. Penyakit ini menimpa lambung dan mengakibatkan lambung tidak dapat berfungsi secara normal, bahkan muncul rasa sakit ataupun rasa perih yang tidak tertahankan.

Penyakit Maag Kronis

penyakit-maag-kronis-akut-pengobatannya

Penyakit ini bahkan terbagi menjadi 2 jenis, diantaranya yaitu maag kronis dan juga maag akut. Keduanya memiliki penyebab yang sama tetapi gejala yang ditimbulkan berbeda. Untuk penyakit maag kronis, penyakit ini timbul secara menahun ataupun diderita seseorang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Penyakit ini dapat disebabkan oleh zat internal ataupun zat eksternal. Zat internal yaitu zat yang dihasilkan oleh lambung secara berlebihan sedangkan zat eksternal yaitu zat dari luar yang dapat menyebabkan iritasi lambung.

Penyakit Maag Akut

Sedangkan penyakit maag akut adalah penyakit yang timbul atau muncul secara mendadak, penyakit ini dirasakan dalam kurun waktu singkat ataupun sementara. Penyebab penyakit ini sama dengan maag kronis, diantaranya yaitu alkohol, infeksi bakteri, virus, obat-obatan, bahan korosif ataupun keracunan.

Penyebab lainnya yaitu karena mengkonsumsi makanan pedas, asam dan pola makan yang tidak teratur. Atau bahkan kondisi mental dalam keadaan yang sedang frustasi akibat stress, hal ini juga dapat menyebabkan maag akut. Beberapa hal tersebut dapat merusak ketahanan selaput lambung dan menyebabkan peradangan.

BACA:  Penyakit Gula Darah Kering, Basah dan Darah Tinggi

Penyakit Maag dan Pengobatannya

Anda harus mengenal ciri-ciri penyakit maag dan pengobatannya yang tepat sehingga Anda dapat mengatasi penyakit ini dengan cara yang benar. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri maag yang dapat Anda simak:

– Adanya rasa sakit di sekitar ulu hati atau perut bagian atas.

– Adanya rasa panas seperti terbakar di sekitar pusar dan di sekitar perut.

– Perut terasa melilit dan seperti diperas.

– Perut serasa disayat-sayat dan menimbulkan rasa perih yang luar biasa.

– Penderita mengalami mual atau bahkan muntah.

– Hilangnya nafsu makan secara drastis.

Beberapa ciri maag ini mungkin akan Anda rasakan dalam beberapa hari, terlebih lagi mengenai hilangnya nafsu makan. Perut akan terasa kenyang dan nafsu makan hilang karena di dalam lambung telah dipenuhi oleh asam lambung. Ciri lainnya dapat Anda ketahui dari adanya sendawa yang berlebihan ataupun tidak ada hentinya.

Penderita penyakit ini akan merasa seperti masuk angin, atau bahkan sering mengalami masuk angin. Selain itu, Anda juga dapat mengalami beberapa masalah pada pencernaan seperti diare. Ini dapat disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi, karena rasanya pedas ataupun asam.

Untuk menghindari penyakit ini, Anda dapat mencegahnya dengan melakukan pola hidup sehat dan pola makan secara teratur. Ubahlah pola makan Anda, biasakan untuk makan tepat waktu. Hindari juga mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas ataupun terlalu asam, hal ini dapat mengakibatkan iritasi di lambung Anda.

Selain itu, hindari juga minuman bersoda ataupun makanan yang dapat menimbulkan gas berlebih di dalam lambung. Jangan biarkan penyakit ini mengganggu aktifitas Anda bahkan mengancam kesehatan Anda. Demikian yang dapat disampaikan, semoga sedikit ulasan mengenai penyakit maag ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua dan terimakasih telah membaca artikel ini.

BACA:  Penyakit Pada Ginjal dan Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. Tan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */