Penyakit Mata Ikan dan Merah serta Glukoma

Penyakit mata ikan merah glukoma, mungkin sebagian orang menganggap penyakit tersebut hanya berhubungan dengan organ penglihatan saja. Ketika gangguan pada mata ini adalah penyakit yang berhubungan dengan mata dalam arti yang sebenarnya, pastilah Anda akan merasa sangat tidak nyaman karena Anda tak bisa memandang sesuatu yang Anda suka dengan jelas.

Namun, jika penyakit yang berhubungan dengan mata tersebut menyerang pada kaki atau tangan Anda, apakah penyakit tersebut juga bisa mengganggu organ penglihatan Anda. Apa sesungguhnya perbedaan antara keduanya? Jika Anda penasaran, simak informasinya berikut ini.

Penyakit Mata Ikan

penyakit-mata-merah-ikan-glukoma

Sakit mata dalam arti yang tidak sebenarnya disebut juga dengan penyakit mata ikan. Mungkin Anda masih terheran-heran mengapa orang menyebutnya dengan mata ikan? Penyakit yang biasanya menyerang pada kaki ini memang memiliki bentuk seperti mata ikan. Biasanya, kebanyakan orang yang mendapati tubuhnya bermata ikan adalah orang yang kurang bisa menjaga kebersihannya.

Orang tersebut mungkin sangat jarang mencuci kakinya setelah selesai beraktivitas. Keadaan yang seperti itu membuat kaki menjadi lembab dan gampang tumbuh jamur pada kakinya. Ada juga yang disebabkan karena kaki terlalu sering mengalami gesekan sehingga mata ikan bisa tumbuh bebas di kakinya.

Bagi Anda yang terserang mata ikan, Anda bisa mengatasi penyakit ini dengan 2 cara, yaitu cara medis dan non medis. Cara medis untuk menghilangkan mata ikan pada kaki bisa dilakukan dengan menjalani operasi kecil. Operasi tersebut bertujuan untuk mengangkat inti mata ikan sehingga nantinya tak ada lagi mata ikan yang tumbuh di kaki Anda.

Atau, bagi Anda yang takut untuk menjalankan operasi, Anda bisa mengatasi mata ikan dengan mengoleskan salep mata ikan yang banyak dijual di apotek-apotek. Meskipun, hasilnya pastilah lebih cepat dengan jalan operasi.

BACA:  Ciri Ciri Awal Penyakit Meningitis Pada Anak dan Orang Dewasa

Ada juga cara lain untuk menyembuhkan penyakit mata ikan. Anda bisa menggunakan getah pepaya atau getah kamboja sebagai obat tradisional mata ikan Anda. Pengobatan mata ikan dengan getah pepaya lumayan mudah, pertama, Anda hanya perlu menyiapkan air hangat yang sudah ditambahkan dengan sedikit garam. Kedua, rendam kaki yang bermata ikan selama 15 menit sampai 20 menit.

Setelah itu, Anda bisa langsung membilasnya dengan air bersih dan mengeringkannya. Kemudian, Anda hanya perlu mengoleskan getah pepaya secara rutin sampai mata ikan hilang dari kaki Anda dan usahakan untuk tidak menggunakan bagian tubuh yang bermata ikan untuk beraktivitas.

Penyakit Mata Merah

Kini tibalah saatnya Anda mengetahui penyakit yang berhubungan dengan organ penglihatan. Pertama, adalah penyakit mata merah. Penyakit mata merah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu debu, alergi, atau infeksi. Tentunya penanganan terhadap mata merah tersebut bervariasi, tergantung faktor yang menyebabkannya.

Jika mata Anda merah karena debu, Anda bisa mengatasinya dengan mencuci mata Anda dengan air bersih atau dengan air daun sirih. Namun, ketika merahnya mata Anda disebabkan oleh alergi atau infeksi, biasanya Anda bisa mengatasinya dengan meneteskan obat mata atau langsung cek ke dokter mata.

Penyakit Mata Glukoma

Kedua, penyakit mata glukoma. Penyakit glukoma ini adalah keadaan dimana syaraf optic pada mata mengalami gangguan. Kebanyakan para penderitanya tidak menyadari keadaan matanya sehingga mereka baru merasakan penglihatannya kabur dan semakin tidak jelas saat usia mereka semakin lanjut.

Tak heran, jika kebanyakan penderitanya adalah orang yang sudah lanjut usia. Penyakit glukoma ini disebabkan oleh tekanan mata yang terlalu sering sehingga jika tekanan tersebut makin lama semakin besar, Anda bisa mengalami kebutaan. Cara mengatasinya adalah dengan jalan operasi, sedangkan pencegahannya adalah sempatkan waktu untuk selalu mengecek keadaan mata Anda. Semoga informasi tentang penyakit mata di atas bermanfaat bagi para pembaca.

BACA:  Macam - Macam Penyakit Mata dan Gejalanya serta Penyebabnya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. Budiman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */