Penyakit Meningitis Pada Orang Dewasa

Penyakit meningitis adalah salah satu penyakit yang ada dalam otak manusia. Istilah sederhana dari penyakit ini adalah penyakit radang selaput otak. Konon katanya, menurut para ahli, meningitis bisa menyerang otak manusia karena adanya bakteri atau jamur yang menyerang selaput otak.

Selaput otak adalah bagian yang berfungsi untuk melapisi otak. Jadi, ketika lapisan tersebut mengalami gangguan, maka secara otomatis sistem syaraf pada otak Anda juga bisa terganggu. Bagi Anda yang penasaran untuk mengetahui penyakit meningitis apa, simak baik-baik informasi yang akan disampaikan berikut ini.

Meskipun mungkin telinga Anda masih merasa asing dengan kata “meningitis’, tak ada salahnya Anda mengetahui apa sebenarnya gejala awal dari penyakit yang menyerang selaput otak tersebut. Mungkin, bagi Anda yang baru saja terserang bakteri meningitis, Anda akan sering merasakan sakit kepala.

Penyakit Meningitis Pada Orang Dewasa

penyakit-meningitis-orang-dewasa

Sakit kepala tersebut tiba-tiba tanpa Anda tahu apa penyebabnya. Kemudian, Anda juga mendapati tubuh Anda demam, sering merasa lelah, mual, muntah, bingung, ngantuk, sampai dengan nafsu makan Anda yang menurun dari hari ke hari.

Seperti yang telah Anda ketahui, terkadang penyakit sering tidak disadari oleh penderitanya. Mungkin gejalanya sebenarnya sudah sering muncul, tetapi penderita berusaha tak merasakannya, menganggap gejala sebagai hal yang biasa, atau sengaja mengabaikan gejala penyakit yang dideritanya.

Barulah ketika penyakit semakin gencar menyerang Anda, gejala seriuslah yang mulai menyadarkan Anda. Gejala serius dari radang selaput otak, antara lain adalah Anda akan mendapati demam pada leher, otot leher akan terasa sangat kaku, dan semakin sering sakit kepala menyerang otak Anda.

Ada hal yang perlu Anda tahu, penyakit meningitis bisa menyerang siapa saja, baik balita, muda, dewasa, atau bahkan orang tua atau lansia. Namun, kebanyakan penyakit ini menyerang balita dan juga orang tua. Tetapi, tak ada salahnya orang dewasa juga mewaspadai gejala penyakit radang selaput otak.

BACA:  Mewaspadai Penyakit Gastritis Kronis dan Akut

Penyakit meningitis pada orang dewasa biasanya dapat diketahui setelah melakukan beberapa pemeriksaan, yaitu: Anda melakukan check-up ke dokter, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium yang terdiri dari test darah, rontgen, dan cek cairan pada selaput otak. Barulah setelah diagnosa dokter tersebut terbukti, pengobatan meningitis bisa segera dilakukan.

Namun, jika gejala meningitis tak Anda rasakan, alangkah baiknya Anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit radang selaput otak ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah virus datang ke selaput otak Anda. Pertama, menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan dan kaki sebelum makan, membersihkan kuku, dan lain-lain.

Kedua, menutup hidung saat batuk dan bersih agar virus tidak mudah masuk ke otak. Ketiga, menghindari untuk memakai barang-barang bersamaan, seperti gelas, piring, handuk, dan lain-lain. Keempat, mencuci tangan saat Anda habis buang air besar. Terakhir, gunakan antibiotic saat Anda harus melakukan aktivitas dengan seseorang yang divonis terjangkit virus meningitis.

Setelah Anda mengetahui gejala penyakit radang selaput otak, setidaknya Anda bisa melakukan pencegahan penyakit otak tersebut sejak dini. Bukankah mencegah penyakit dirasa lebih mudah daripada harus mengobatinya. Tetapi, jika Anda sudah merasakan gejala ada pada tubuh Anda, maka pengobatan lebih cepat pun bisa segera Anda laksanakan.

Melakukan pengobatan sejak dini tentunya mempermudah penderita untuk lepas dari jeratan penyakit radang selaput otak bukan? Jadi, ketahui dan waspadai gejala penyakit meningitis mulai dari sekarang agar Anda bisa segera memutuskan apa yang harus Anda lakukan! Semoga bermanfaat!

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. yuli setiyawan
  2. syawalul amri
  3. Waspadai Gejala Penyakit Meningitis Pada Balita
  4. Manfaat Vitamin A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */