Penyakit Miom dan Kista Serta Penyebabnya

Tumor dinding rahim adalah penyakit yang dalam bahasa medis lebih dikenal dengan nama penyakit miom. Penyakit miom ditandai dengan nyeri pinggul atau perut. Perut terasa penuh atau terkadang seperti wanita yang sedang hamil.Karena kandung kemih tertekan, wanita yang mengalami miom sering buang air kecil.

Gangguan saat haid seperti nyeri hebat saat haid, haid tidak teratur dan pendarahan yang tidak normal, bisa lebih banyak darah yang keluar atau lebih lama. Gejala lainnya adalah nyeri saat bersenggama.

Penyakit Miom dan Penyebabnya

penyakit-miom-kista-penyebabnya

Penyakit miom dan penyebabnya sudah banyak dikaji oleh para ahli. Penyebab utama dari miom adalah rangsangan hormon estrogen. Jumlah resptor estrogen pada jaringan mioma melebihi jaringan otot kandungan disekitarnya, sehingga bisa tumbuh lebih cepat saat kehamilan, bertambah besar saat reproduksi dan mengecil pada masa menopause.

Terjadinya infeksi atau terdapatnya jamur pada rahim juga dapat memicu tumbuhnya miom meskipun telah diangkat dengan operasi. Pencegahan dini yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan agar tidak ada bakteri yang masuk kedalam rahim.

Kekhawatiran sering mendera wanita yang terserang miom, apakah masih bisa hamil atau tidak. Peluang hamil wanita dengan miom memang berkurang karena terjadinya penyempitan leher rahim yang menghambat masuknya sperma kedalam rahim dan menyulitkan terjadinya pembuahan.

Khusus miom yang tumbuh di dinding rahim juga menghambat terjadinya kehamilan, karena implatasi sel telur yang telah dibuahi tidak dapat bekerja dengan baik. Namun jangan berkecil hati, karena tidak ada penyakit yang tidak ada penanganannya.

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan operasi pengangkatan miom. Sedangkan bagi wanita yang telah hamil dengan mengidap miom memang memiliki resiko. Namun dengan rajin memeriksakan kandungan ke dokter akan mendapatkan solusi terbaik untuk tetap menjaga agar kandungan tumbuh dengan baik.

BACA:  Penyebab Sakit Kepala Belakang dan Pencegahan

Pikiran yang positif lah yang menguatkan keadaan itu menjadi berbuah manis, walaupun dengan jalan operasi, wanita yang mengalami gangguan miom banyak yang membuktikan keajaiban itu terjadi, bayi dan ibunya dalam keadaan sehat.

Pengobatan alami untuk miom juga dapat ditempuh, walaupun tidak secepat dengan jalan operasi. Bahan alami yang mengandung protein, glikosida, holothurine dan saponin bagus untuk penanganan penyakit tumor, termasuk didalamnya miom.

Protein dapat membantu regenerasi pancreas yang menormalkan kembali insulin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Glikosida dan holothurine memiliki sifat anti kanker dan anti tumor.

Sedangkan saponin memblokade penyebaran sel tumor hingga sel tumor gagal berkembang dan mati. Kandungan zat-zat tersebut diatas dapat diperoleh dari makanan atau obat yang menggunakan bahan dasar teripang.

Penyakit Miom dan Kista

Penyakit miom dan kista bagi masyarakat awam hampir disamakan karena sama-sama mengganggu organ reproduksi. Tetapi sebenarnya kedua penyakit tersebut berbeda. Titik perbedaannya adalah sebagai berikut: miom adalah sejenis daging tumbuh yang menempel pada rahim, sedangkan kista bukan terbentuk dari daging tetapi berisi cairan.

Kista dapat tumbuh pada rahim, saluran rahim, organ intim maupun luar organ intim dan bisa tumbuh juga pada bagian tubuh lain seperti gusi. Sedangkan miom sebagian besar tumbuh di dinding rahim dan sebagian lainnya bisa di leher rahim. Kista penyebab utamanya sampai sekarang belum diketahui secara pasti sehingga penanganan pada penanggulangan penyebab juga belum diketahui dengan pas.

Sedangkan miom disebabkan oleh factor hormonal terutama hormone estrogen serta factor ketidakseimbangan emosi, daya tahan tubuh rendah dan gaya hidup yang tidak sehat. Tentunya ada factor pembeda lain lagi yang bisa membedakan penyakit yang sering diserupakan ini tapi sebenarnya tak sama.

BACA:  Penyebab Terjadinya Penyakit Kista pada Wanita yang Belum Menikah

Penyakit miom bukannya penyakit tanpa solusi. Karena diketahui penyebabnya dengan lebih jelas, berarti pencegahan dan penanganan akan penyakit tersebut juga menjadi hal yang wajar untuk dilakukan. Terpenting adalah mempelajari informasi secara lengkap tentang penyakit tersebut, sehingga segala kesiapan akan apapun yang terjadi lebih bisa diperankan dengan baik.

Bukankah lebih baik bagi yang sudah mengalaminya, jadikan miom sebagai sahabat yang harus dikenali dengan baik untuk kemudian memberikan perlakuan dengan baik, sehingga selayaknya sahabat akan pergi dengan memberikan kenangan kekuatan yang baik pula.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */