Penyakit Pada Ginjal dan Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Ginjal adalah organ tubuh yang vital dan penting peranannya dalam peredaran darah. Ginjal merupakan organ ekskresi yang penting dalam memfiltrasi darah agar tidak ada nutrisi yang terbuang melalui urin dan sebaliknya mengumpulkan sisa metabolisme tubuh lalu membuangnya dalam bentuk urin. Fungsi filtrasinya yang setiap hari terus menerus bekerja membuat ginjal tak luput dari berbagai macam gangguan yang ringan hingga berat.

Jika tidak segera mengatasinya dengan pengobatan yang tepat maka bisa jadi gangguan ginjal akan mengarah pada penyakit yang sangat kronis. Penyakit pada ginjal juga banyak macamnya. Penyakit radang ginjal, infeksi ginjal, kanker ginjal, batu ginjal hingga gagal ginjal mungkin sering kita dengar saat ini.

Penyakit radang ginjal biasanya disebabkan oleh infeksi pada ginjal yang mengakibatkan peradangan pada area ginjal. Jika dibiarkan tanpa pengobatan peradangan akan terus melebar dan menyebar ke seluruh bagian ginjal. Lama kelamaan peradangan dapat mengakibatkan gagal ginjal.

Penyakit Pada Ginjal dan Penyebabnya

penyakit-pada-ginjal-penyebab-cara-mengatasinya

Batu ginjal adalah penyakit ginjal yang disebabkan oleh penumpukan kristal batu yang mengeras yang berasal dari asam urat maupun kalsium oksalat yang membentuk kristal jarum yang menghambat saluran kemih maupun pada area filter ginjal.. Jika dibiarkan batu ginjal juga dapat mengakibatkan peradangan yang berujung pada gagal ginjal.

Penyakit pada ginjal dan penyebabnya sungguh beragam. Misalkan saja peradangan yang diakibatkan oleh infeksi strepcoocus. Pada kasus batu ginjal mal disebabkan oleh penyakit asam urat dimana kadar asam urat menumpuk membentuk kristal jarum pada ginjal. Kalsium oksalat juga dapat membentuk batu ginjal. Lama kelamaan penyakit akan semakin kronis dan berkelanjutan lalu menimbulkan kasus gagal ginjal. Ginjal mengalami penurunan fungsi hingga ginjal tidak mampu lagi melakukan kerjanya dengan baik.

BACA:  Penyakit Pada Hati dan Penyebabnya dan Cara Pencegahannya

Penyakit Pada Ginjal dan Cara Mengatasinya

Penyakit pada ginjal dan cara mengatasinya akan dijelaskan di sini. Setelah mengetahui penyebab penyakit ginjal maka selanjutnya kita membahas mengenai pengobatannya. Secara medis penyakit ginjal ringan seperti infeksi pada peradangan akan diatasi dengan pemberian antibiotik untuk lawan penyebab infeksi. Umumnya penyakit ginjal ringan dapat disembuhkan jika ditangani sejak dini.

Batu ginjal pun dapat diatasi jika dilakukan penanganan dini dengan obat-obatan, maka batu kristal dapat dihancurkan dan dikeluarkan melalui urin. Jika penyakit ini tidak bisa diatasi dengan cuci darah akibat dari semakin menurunnya fungsi ginjal maka dokter umumnya akan merekomendasikan proses operasi transplantasi ginjal agar ginjal baru dapat beker dengan optimal. Perlu diketahui bahwa ginjal pendonor minimal harus memiliki kecocokan 80 % dengan ginjal pasien.

Akan tetapi jika penyakit sudah kronis maka penanganan seperti cuci darah atau dialisi darah harus dilakukan. Cuci darah dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan ginjal kita yang mengalami gangguan kronis. Dengan rutin mencuci darah maka racun racun yang tidak bisa dikeluarkan melalui ginjal dapat dibersihkan melalui proses pencucian darah. Jangan takut melakukan cuci darah karena selama di bawah pengawasan medis dan anjuran dokter dialisi darah tetap aman dilakukan.

Nah sekarang anda sudah mengetahui penyakit pada ginjal. Setidaknya anda mulai sekarang dapat lebih memahami tentang penyakit yang bisa menjadi berbahaya jika tidak diatasi dengan baik dan cepat. Jadi anda harus lebih berhati hati dalam menjaga kebersihan, mengatur pola makan dan rutin berolahraga agar anda lebih sehat dan terhindar dari penyakit ginjal yang mematikan ini. Jadi bersemangatlah menghadapi penyakit!

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Gejala , Penyebab dan Obat Penyakit Cikungunya




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */