Penyakit Pada Hati dan Penyebabnya dan Cara Pencegahannya

Penyakit pada hati manusia ada berbagai macam, hati atau liver merupakan salah satu organ penting untuk kelangsungan hidup tubuh manusia, fungsi utama hati atau liver adalah untuk membersihkan dan menyaring darah, membuang racun-racun dalam darah dan juga membantu mengontrol suhu tubuh manusia selain itu liver atau hati juga berfungsi untuk membantu proses produksi sel darah merah.

Liver atau hati manusia terletak di rongga perut bagian atas di bawah paru-paru dan terletak sedikit kesebelah kanan perut kita. liver berwarna merah darah berbentuk tidak simetris dan jika terluka mudah untuk memulihkan diri.

Salah satu jenis penyakit pada hati manusia yang paling banyak ditemukan adalah kasus penyakit hepatitis, yang disebabkan oleh virus hepatitis yang juga terbagi menjadi tiga macam jenis virus hepatitis sehingga penyakit hepatitis juga terbagi menjadi tiga yaitu hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C.

Penyakit Pada Hati dan Penyebabnya dan Cara Pencegahannya

penyakit-pada-hati-penyebab-cara-pencegahan

Jenis virus ini paling sering menyerang hati manusia, dan yang lebih berbahaya dari virus hepatitis adalah penyebarannya yang juga dapat dilakukan oleh hewan dan manusia sehingga saat ini pemerintah sudah memasukkan vaksin hepatitis sebagai salah satu vaksin yang harus diberikan kepada anak-anak saat pergi ke posyandu.

Penyakit hepatitis sebagai salah satu penyakit utama yang menyerang hati dapat menjadi lebih parah dengan munculnya sirosis pada hati, sirosis merupakan pengerutan dan pengerasan hati sehingga hati kehilangan fungsinya dan kualitas kemampuannya terus menurun dan dapat menyebabkan kematian.

Selain sirosis efek berlanjut lainnya dari penyakit hepatitis jika tidak ditangani dengan baik adalah kanker hati. Oleh sebab itu sebaiknya penyakit hepatitis segera ditangani dengan baik dan benar, pada orang dewasa hanya terdapat lima belas persen kasus dimana penyakit hepatitis berubah menjadi kanker hati, namun potensi pada anak-anak lebih besar dari pada orang dewasa.

BACA:  Mengenal Jenis Penyakit Tulang Pada Manusia

Penyakit pada hati dan cara pencegahannya berbeda tergantung dengan jenis penyakit yang menyerang hati, terkadang dapat sembuh dengan treatmen dan perawatan yang sederhana, namun terkadang juga harus ditangani melalui tindakan medis.

Pada penyakit hepatitis, biasanya dokter sudah memberikan suntikan vaksin kekebalan tubuh terhadap virus hepatitis saat anda masih anak-anak, sehingga serangan virus hepatitis saat sudah dewasa dapat diminimalisir sampai tingkat nol, namun jika anda tidak mendapatkan vaksin virus hepatitis saat anda masih kecil maka alangkah baiknya jika anda melakukannya saat ini.

Penyakit pada hati dan penyebabnya seringkali tidak diketahui, namun yang pasti selain virus dan paparan bakteri jahat, penyakit pada hati juga bisa disebabkan oleh konsumsi zat kimia berbahaya yang biasanya terdapat pada makanan yang tidak jelas asal usulnya, seperti yang anda ketahui saat ini banyak sekali penjual makanan yang mencampur dagangan makanan mereka dengan zat-zat kimia berbahaya yang seharusnya tidak ada pada makanan yang anda makan. Untuk mewaspadai hal ini sebaiknya anda berhati-hati dan bersikap lebih cermat jika hendak membeli makanan di jalanan.

Penyakit pada hati juga bisa anda cegah dengan menjaga kekebalan tubuh anda agar anda tidak mudah terserang oleh virus dan bakteri, selain itu anda juga bisa melakukan perawatan dengan cara detoksifikasi alami, detok dapat anda lakukan dengan cara berpuasa atau dengan cara diet khusus yang artikel dan petunjuknya dapat anda temukan dengan mudah di internet, salah satu diet yang biasanya diterapkan adalah menjadi vegetarian selama satu hingga tiga bulan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */