Penyakit Pada Kulit dan Penyebabnya dan Cara Pencegahannya

Kulit merupakan salah satu bagian permukaan tubuh yang mempunyai banyak fungsi diantaranya adalah sebagai lapisan pelindung bagian tubuh sehingga tidak mampu terlindungi. Bayangkan saja jika tidak ada kulit maka semua peredaran dalam tubuh manusia mampu dilihat dan pasti menimbulkan rasa tidak nyaman.

Selain itu kulit juga mampu menjadi penunjang kecantikan bagi seseorang. Seseorang dengan kulit yang cantik, bersih dan sehat biasanya lebih menarik dibandingkan dengan seseorang yang mempunyai penyakit pada kulit. Oleh karena itulah banyak cara yang dilakukan untuk memperoleh kulit yang sehat, cantik dan menarik serta mampu terhindar dari berbagai penyakit pada kulit yang mungkin saja timbul.

Penyakit Pada Kulit Manusia dan Penyebabnya

penyakit-pada-kulit-manusia-cara-pencegahannya

Akan tetapi ada juga banyak orang yang tidak begitu memperhatikan kondisi kulitnya sehingga memunculkan berbagai penyakit pada kulit manusia mulai dari penyakit ringan seperti gatal, seperti panu, kudis, kurap sampai pada penyakit yang sedikit serius seperti bisul, campak, cacar air, herpes dan penyakit lainnya.

Penyakit kulit tersebut lebih banyak biasanya disebabkan oleh pola hidup yang kurang bersih sehingga menjadikan kulit mudah terserang virus serta bakteri sehingga memunculkan berbagai penyakit dan masalah pada kulit.

Berbagai Kebiasaan Penyebab Penyakit Kulit

Tanpa disadari penyakit pada kulit dan penyebabnya sebenarnya diperoleh dari kebiasaan kita sehari-hari yang kurang memperhatikan kebersihan seperti kurang menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita, kurang intens dalam membersihkan tubuh, tidak pernah ganti baju atau mempunyai kebiasaan menggunakan baju secara berkali-kali, jarang mengganti baju dalam padahal baju dalam sering menyerap keringat yang mampu menyebabkan gatal-gatal, tidak kering ketika mengeringkan badan setelah mandi sehingga menjadikan badan lembab dan menimbulkan banyak jamur, penggunaan berbagai alat kebersihan secara bersama-sama seperti handuk, sabun dan lain sebagainya.

BACA:  Mengenal Penyakit Kawasaki Secara Cermat

Pengobatan Alami Mengatasi Penyakit Kulit

Jika anda sudah mengalami berbagai penyakit kulit tersebut maka anda tidak dapat membiarkan begitu saja penyakit tersebut. Meskipun tidak menjadikan kerusakan pada anggota tubuh akan tetapi penyakit kulit mampu mengurangi penampilan anda dan sangat menganggu aktifitas anda. anda dapat mengobati penyakit kulit dengan menggunakan salep-salep obat gatal yang tersedia di apotek atau toko obat disekitar anda.

Sedangkan jika anda menginginkan pengobatan herbal anda dapat membuat sendiri ramuannya di rumah. Untuk penyakit ringan seperti bisul, gatal-gatal, panu, kudis, kurap dan lain sebagainya anda dapat menggunakan ramuan dari daun biduri dan minyak kelapa yang dipanaskan kemudian dioleskan pada bagian kulit yang bermasalah, setelah kering dibersihkan dengan air hangat atau alcohol 70 %.

Sedangkan untuk penyakit berat seperti herpes anda dapat menggunakan daun dewa yang sudah ditumbuk dan minyak zaitun kemudian dioleskan pada bagian kulit yang terkena herpes.

Kebiasaan Ringan Mencegah Penyakit Pada Kulit

Akan tetapi daripada anda mengobati berbagai penyakit pada kulit tersebut, ada kebiasaan yang yang dapat anda lakukan sehari-hari untuk mencegah masalah pada kulit anda. Penyakit pada kulit dan cara pencegahannya dapat anda lakukan dari kebiasaan seperti;

1. Mengganti sprei, bedcover serta perlengkapan pribadi anda secara berkala minimal 1x dalam seminggu

2. Mandi minimal 2x sehari kecuali ketika anda sakit, yang terpenting adalah selalu membersihkan tubuh anda

3. Tidak menggunakan perlengkapan pribadi secara bersama-sama

4. Menggunakan pelindung kulit sehingga tidak terkena paparan langsung sinar UV

5. Selalu menjaga kebersihan lingkungan anda sehingga mampu mengurangi resiko penyakit pada kulit.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyakit Paru-Paru Basah dan Pengobatannya




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */