Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia

Makan adalah kebutuhan manusia. Seseorang akan memakan apapun yang mereka rasa bisa makan saat mereka lapar. Kepuasan saat kenyang merupakan perasaan yang tiada tara, apalagi ketika makanan yang disantap memiliki rasa yang tiada duanya. Kepuasan dalam makanan terkadang membawa kita kepada gangguan yang terjadi pada saluran pencernaan kita bahkan dapat membawa penyakit pada sistem pencernaan kita.

Oleh karena itu, ketika makan , kita juga dituntut untuk bijak dalam memilih asupan sehingga yang kita dapat dalam makanan adalah hal yang positif bukan sebaliknya menimbulkan hal yang bersifat negatif bagi tubuh kita. Banyak pilihan yang memiliki kualitas nikmat yang sama namun memiliki tingkat keamanan yang berbeda.

Penyakit-penyakit Pada Sistem Pencernaan

Berikut ini akan disajikan beberapa paparan tentang penyakit yang terjadi pada manusia di saluran pencernaan. penyakit pada sistem pencernaan yang pertama adalah Wasir atau yang sering disebut Hemoroid. Wasir adalah penyakit dimana pembuluh darah balik mengalami pelebaran terutama pada bagian anus kita.

penyakit-pada-sistem-pencernaanHal ini diakibatkan oleh tekanan darah yang berlebihan sehingga darah akan keluar dari anus kita. Keluarnya darah sering terjadi pada saat kita buang air besar dalam bentuk tetesan bersama dengan keluarnya kotoran.

penyakit pada sistem pencernaan yang selanjutnya adalah diare. Penyakit ini sangat sering dijumpai dan hampir setiap orang pernah mengalaminya. Diare sendiri adalah penyakit yang membuat encernya kotoran kita saat dikeluarkan.

Encernya kotoran ini membuat anus kita terasa panas dan perih serta menimbulkan rasa sakit pada perut kita. Penyebab dari diare sendiri bervariasi. Mulai dari salah makan, cacingan, infeksi, bersihnya makanan, dan penyebab-penyebab lainnya.

Penyakit selanjutnya adalah konstipasi. Penyakit ini adalah kebalikan dari diare sendiri, yaitu sulitnya kita untuk membuang air besar. Sulitnya pembuangan kotoran diakibatkan oleh pengerasan kotoran itu sendiri.

BACA:  Penyakit Pada Sistem Pernafasan Manusia

Susahnya pengeluaran kadang menimbulkan rasa perih dan ngilu pada anus kita sehingga membuat buang air sangat tidak nyaman dan menyakitkan. Konstipasi terjadi akibat kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi atau penundaan proses buang air besar.

Cara Penanggulangan Penyakit Pada Sistem Pencernaan

Untuk penanggulangan yang lebih aman, akan lebih baik jika anda berkonsultasi dahulu untuk mengetahui keadaan yang anda derita. Jika anda ingin melakukan pengobatan dirumah sendiri, disini akan disebutkan beberapa cara untuk mengobatinya.

Pertama, pengobatan alami terhadap wasir dapat dilakukan dengan pembuatan ramuan. Yaitu dengan kolaborasi antara adas, kapur sirih, dan daun sembung muda. Cara yang dilakukan yaitu dengan cara mencampurkan kapur sirih dan adas serta daun sembung, kemudian merebusnya dengan air sebanyak tiga gelas. Konsumsi ramuan ini dilakukan kira-kira dua sampai tiga kali sehari.

Cara pengobatan lain bagi penanganan wasir adalah dengan penggunaan daun jambu muda dan pisang batu muda. Caranya campurkan lembaran daun jambu dengan satu pisang batu yang sudah dihilangkan kulitnya, kemudian diulek dan diremas airnya. Minumlah air tersebut setiap hari sampai wasir anda ngacir.

Pengobatan untuk penyakit pada sistem pencernaan yang terakhir, yaitu diare dan konstipasi, dapat dilakukan secara alami. Untuk diare, anda dapat mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat, misalnya jambu isi. Selain itu, ramuan yang terbuat dari bahan yang masam, jambu muda ataupun bunga kelapa juga sangat efektif dalam penanggulangan diare.

Pertama, parutlah bunga kelapa dan daun jambu isi muda bersama, kemudian ambil airnya. Minum setiap hari sampai sembuh. Untuk konstipasi cukup memakan makanan yang tergolong pedas, atau mengkonsumsi obat pencahar. Hal ini kan menyelesaikan masalah anda terhadap konstipasi.

BACA:  Ciri Ciri Penyakit Kolesterol Tinggi dan Pencegahannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. brofitz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */