Penyakit Pada Sistem Pernafasan Manusia

Jaman sekarang, jalanan telah dipenuhi oleh berbagai kendaraan bermotor. Mobil, motor, bus, dan lain sebagainya telah mengkotori udara kita dengan asap-asapnya. Kesegaran udara kini mulai sulit dicari dan didapatkan.

Di kota metropolitan ataupun desa, semua daerah mulai memberikan pasokan polusi kepada alam kita sehingga udara segar mulai tersingkir dari kehidupan manusia. Keadaan ini memicu berbagai penyakit pada sistem pernafasan yang tidak saja mengganggu, namun juga mengancam keselamatan jiwa. Kurang sadarnya manusia terhadap pentingnya udara bersih merupakan salah satu pokok masalah.

Keegoisan mereka guna mendapat kemudahan dalam hidup telah membuat mereka lupa terhadap alam yang telah memberi kehidupan kepada mereka. Oleh karena itu, beberapa resiko udara bersih perlu di beri tahukan agar kesadaran orang-orang terhadap pentingnya udara bersih mulai tumbuh.

Penyakit Pada Sistem Pernafasan Manusia

Sudah banyak laporan yang terjadi tentang penyakit pada sistem pernafasan yang diakibatkan udara kotor dan kurang bersihnya lingkungan. Penyakit pernafasan yang pertama yaitu asma. Asma merupakan penyumbatan yang terjadi pada jalur pernafasan karena adanya alergi pada bulu, debu, ataupun rambut.

penyakit-pada-sistem-pernafasan

Penyerapan oksigen ke paru-paru mengalami penurunan sehingga mengurangi proses metabolisme tubuh. Ketika asma terjadi, saluran cabang batang tenggorok mengalami penegangan sehingga saluran menjadi tertutup dan mengakibatkan kesusahan dalam bernafas. Penyebab terbesarnya yaitu kotornya udara di sekitar seseorang.

Cara penanggulangan asma dapat dilakukan dengan menghindari tempat yang menimbulkan udara kotor, misalnya jalan raya maupun lapangan bola. Gunakanlah masker dalam setiap momen yang anda lakukan di luar rumah. Usahakan untuk mengenakan baju yang hangat karena udara dingin juga memicu penegangan otot-otot, begitu juga pada cabang batang tenggorok.

BACA:  Penyebab Ambeien Dan Cara Mengatasinya dengan Hidup Sehat

Setelah itu, seorang penderita asma dilarang melakukan aktifitas yang membuat mereka harus menghirup udara dengan panjang, contohnya olahraga. Jika sudah terkena asma, pertolongan yang mudah bisa dilakukan dengan pemberian air hangat untuk diminum atau menyuruh penderita untuk menghirup uap panas. Selain itu hembusan kipas angin yang segar juga dapat menolong penderita asma.

Penyakit selanjutnya yaitu influenza atau yang sering disebut flu. Berbeda dengan asma, flu adalah penyakit akibat infeksi virus bernama influenza. Gejala dari influenza adalah tenggorokan terasa gatal, bersin, dan hidung tersumbat karena pilek. Jika sudah menjadi, flu dapat menimbulkan demam, sakit otot, batuk berdahak, sakit kepala dan menggigil. Penyakit ini sangat bersifat menular, pengobatan dokter sangat disarankan untuk menanggulangi penyakit ini. Selain itu, efek samping dari penyakit ini adalah lelah dan menurunnya daya tahan tubuh.

Pengobatan herbal yang disarankan pada influenza adalah peningkatan konsumsi vitamin C. Vitamin C adalah zat yang mengandung unsur yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sangat efektif melawan virus karena kebanyakan sistem didesain untuk melawan virus.

Konsumsi jeruk, apel, dan buah atau sayur lainnya yang mengandung vitamin C sangat di sarankan bagi penderita penyakit ini. penyakit pada sistem pernafasan ini adalah penyakit yang paling sering diderita oleh manusia. Penyakit ini jika didiamkan rata-rata akan berlangsung mulai dari dua sampai tuju hari dimana karena sistem kekebalan tubuh sudah akan membunuh virus tersebut.

Penyakit pada sistem pernafasan sebenarnya adalah penyakit yang disebabkan oleh kelalaian kita terhadap kepedulian udara bersih. Seharusnya kita lebih mensyukuri apa yang sudah diberikan daripada kita diberi karma karena telah merusak alam yang telah memberikan kehidupan kepada kita. Beberapa penyakit pernafasan diatas telah memberikan bukti agar kita lebih mencintai alam. Karena dengan mencintai alam, kita juga mencintai diri sendiri.

BACA:  Penyakit Hepatitis A , B dan C

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */