Penyakit Pada Telinga Manusia dan Cara Mengatasinya

Setiap pagi, kita terbangun dengan teriakan ibu kita yang menuntut kita untuk melakukan kewajiban, jikalaupun sudah menikah atau berkeluarga, giliran istri kita yang akan melakukan hal itu. Betapa indahnya moment dimana perhatian tersebut tercurah dalam bentuk yang dirasa humoris dan menyenangkan.

Untuk hal itu, kita harus menjaga kesehatan telinga kita agar bisa menikmati salah satu nikmat tersebut. Namun diluar sana, banyak penyakit pada telinga yang mengincar kita. Kewaspadaan dan ketelatenan terkadang tidak cukup guna mencegah penyakit tersebut. Kebersihan terhadap telinga harus selalu dijaga karena kesehatan selalu datang dari suasana yang bersih dan higenis.

Penyakit Pada Telinga Manusia

Ada banyak jenis penyakit pada telinga manusia. Semuanya disebabkan oleh perkara yang berbeda dan terkadang sepele. Bahkan, terkadang penyakit juga datang karena proses penjagaan kebersihan telinga yang sembarangan. Penyakit telinga pertama yang akan dijabarkan adalah perikondritis.

penyakit-pada-telinga-manusia-penyebanya

Perikondritis ini masuk kedalam kategori penyakit telinga pada bagian luar. Penyakit ini merupakan infeksi atau peradangan pada tulang rawan telinga yang diakibatkan oleh luka fisik seperti cidera, bisul kecil pada daun telinga yang dipecah dengan sengaja, atau gigitan dari sebuah serangga. Perikondritis membuat telinga mengeluarkan nanah. Bagian terburuknya adalah kontaminasi bakteri pada nanah tersebut sehingga dapat memotong pembuluh darah menuju tulang rawan telinga yang berimbas pada rusaknya tulang rawan tersebut.

Penyakit ini memberikan bentuk yang aneh pada telinga kita dan prosesnya pun bertahap tahap dan cenderung tidak terlihat, sehingga penderita jarang yang menyadari. Penanggulangannya dapat dilakukan dengan memberikan salep anti-bacteri pada luka atau pakai obat herbal yang sering dipakai untuk mengobati luka luar.

Penyakit Pada Telinga dan Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Penyakit pada telinga dan penyebabnya yang akan dijelaskan selanjutnya adalah Othematoma. Othematoma adalah penyakit pada telinga yang sering disebut sebagai penyakit bunga Kol. Penyakit ini ditandai dengan adanya gangguan yang terjadi pada tulang rawan telinga serta adanya pendarahan dalam pada telinga. Pendarahan ini akan sangat berbahaya jika tidak ditanggulangi dengan serius, akan menimbulkan efek kronis pada telinga. Penyakit ini biasanya terjadi karena adanya gen bawaan dari orang tua. Penyakit ini bersifat menurun.

BACA:  Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi Dan Pengobatannya

Penyakit selanjutnya yaitu Tinnitius. Penyakit ini memiliki gejala seperti timbulnya bunyi desiran, dengung, atau suara lain. Penyakit ini sebenanrnya tidak begitu mengganggu pada kondisi kita, namun jika hal ini terus dibiarkan, akan menimbulkan penyakit yang amat sangat berbahaya, yaitu munculnya tumor telinga pada telinga kita.

Betapa menakutkannya jika terdapat tumor di telinga kita. Hal ini akan mengancam keberlangsungan proses pendengaran kita. Tetapi resiko seperti tumor ini amat sangat jarang terjadi karena kebanyakan orang akan cepat tanggap dalam menanggulangi penyakit ini.

Penyakit ini sendiri biasanya muncul ketika kita sudah terbiasa dengan tempat yang bising. Misalnya jika kita tinggal di kota dan banyak suara lalu lintas dan kebisingan di samping kita. Untuk ini, penyakit pada telinga dan cara mengatasinya pada dapat dilakukan dengan penggunaan headset dan konsultasi kesehatan dengan dokter.

Penyakit telinga timbul jika kita kurang hati-hati dalam memilih pembersih telinga, misalnya ketika kita memilih pembersih telinga, diutamakan memilih pembersih yang lembut dan bersih. Pembersih yang keras dapat mendorong kotoran telinga untuk menyumbat lubang telinga.

Penyakit pada telinga seharusnya menjadi perhatian khusus bagi kita, kita berkomunikasi dengan sangat efektif apabila telinga kita berfungsi dengan normal. Kesehatan telinga adalah kunci kebahagiaan. Dengan telinga kita bisa mendengar alunan musik dan puisi yang akan menentramkan hati kita.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. anita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */