Penyakit Parkinson Pada Lansia dan Pengobatannya

Mungkin anda masih asing dengan nama parkinson. Itu bukanlah sebuah nama tempat atau nama orang. Parkinson merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada bagian neurologis tubuh, sehingga mengakibatkan kelumpuhan pada system tertentu. Seperti tidak dapat berbicara atau bisu, tidak bisa jalan dan masih banyak lainnya.

Penyakit ini mulai banyak dikenal setelah kematian actor ternama Robin William. Penyakit ini bersifat progresif, yaitu semakin lama penyakit parkinson ini akan semakin parah dan penyakit ini merupakan salah satu penyakit kronis jangka panjang yang sulit untuk disembuhkan. Inilah beberapa gejala penyakit ini, yang bisa anda waspadai.

Gejala Penyakit Parkinson Sulit Tidur

penyakit-parkinson-pada-lansia

Gejala penyakit parkinson yang pertama adalah sulit tidur. Beberapa para ahli saraf, orang yang terkena yang menderita penyakit ini akan mengalami tidur cepat atau rapid eye movement behavior disorder.

Orang yang terkena sindrom ini akan mengalami gangguan tidur yang parah seperti menendang, menggertakan gigi, berteriak dan lain sebagainya. Jika gejala ini terjadi terus-menerus akan mengakibatkan penyakit parkinson. Anda juga akan merasakan sesak nafas atau berhenti benafas tiba-tiba pada saat tidur. Selain itu juga akan mengalami kesemutan pada saat tidur.

Penderita Penyakit Parkinson Pada Lansia

Gejala selanjutnya yang wajib anda waspadai adalah mulai hilangnya indera penciuman anda. hal ini disebabkan oleh mulai rusaknya saraf pada tubuh anda. Salah satunya pada saraf domain penciuman. Pada saat hilangnya indera bau atau penciuman, akan mempengaruhi indera perasa lainnya.

Selain itu penderita penyakit parkinson juga akan mengalami gangguan pada suaranya, ketika berbicara menjadi lebih pelan dan sulit untuk di mengerti. Ini juga disebabkan karena semakin lemahnya saraf pada seluruh tubuh. Hal ini akan semakin parah pada penderita penyakit parkinson pada lansia.

Orang yang menderita penyakit parkinson mengalami kelambanan pada saat berjalan. Menjadi sedikit ceroboh dalam segala hal. Sangat lamban ketika mengancingkan baju, mengambil sebuah barang dan lain sebagainya.

BACA:  Ciri Penyakit Ginjal dan Pengobatannya

Pada saat berjalan juga hanya melambaikan satu tangan saja. terkadang penderita parkinson pada lansia, akan mengalami kebekuan pada saat berjalan dan juga pergi ke tempat yang tak tentu seperti orang linglung.

Sering mengalami resting tremor yaitu sering merasa gemetar pada tangan, kaki, wajah dan juga dagu. Ini bisa dilihat pada saat sang pasien meletakan tangannya pada paha atau pada saat memegang suatu benda.

Penyakit Parkinson dan Pengobatannya

Penyakit parkinson dan pengobatannya pada saat ini belum ditemukan secara pasti. Orang yang menderita penyakit parkinson masih sulit untuk disembuhkan, hal ini juga karena sifat penyakit ini yang lambat laun akan semakin parah. Setiap orang mempunyai gejala yang berbeda-beda.

Jadi tidak bisa dideteksi secara kasat mata. Harus dilakukan deteksi dengan cara mendeteksi seluruh fungsi saraf dalam tubuh. Secara umum gejala penyakit ini sangat banyak sekali dan berhubungan dengan sistem saraf dalam tubuh. Semakin lama tubuh akan semakin lemah dan mengalami kelumpuhan. Penyakit ini tak hanya menderita pada lansia tetapi sekarang banyak orang diatas 40 yang menderita penyakit ini.

Penyakit parkinson disebabkan oleh perubahan lingkungan, kondisi fisik dan juga pikiran yang terlalu stres. Ini akan menyebabkan perubahan kerja saraf sensorik dan motorik yang semakin parah.

Selain itu juga disebabkan oleh kecelakaan yang parah. Jika saraf sensorik atau motorik terganggu akan menyebabkan hal-hal tersebut diatas dan juga perubahan tulisan tangan yang semakin kecil dan berdesak-desakan. Jika anda sudah merasakan hal tersebut, segera ke dokter agar diberikan terapi saraf.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */