Penyakit Paru-Paru Basah dan Pengobatannya

Penyakit paru-paru adalah penyakit yang dapat menular dan harus diwaspadai, walaupun begitu penyakit ini dapat disembuhkan. Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting bagi kehidupan setiap orang. Paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida di dalam tubuh, merupakan sistem pernapasan manusia.

Oksigen adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, sedangkan karbondioksida merupakan hasil sisa dari proses pernapasan yang harus dikeluarkan tubuh. Jika sistem pernapasan manusia ini tidak lancar, bahkan hanya dalam hitungan menit maka seseorang dapat meninggal dunia.

Oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia dan jika ini tidak dipenuhi dapat berujung kematian. Beberapa gejala umum yang dapat Anda lihat yaitu adanya batuk-batuk, sakit di bagian dada dan sesak napas. Jika muncul gejala tersebut, maka dapat diperkirakan bahwa paru-paru Anda tidak dapat berfungsi secara normal.

Penyakit Paru Paru Basah

penyakit-paru-paru-basah-pengobatannya

Anda harus mengenal gejala yang diberikan sehingga dapat mengambil langkah yang tepat untuk menyembuhkannya. Oleh sebab itu, simak ulasan berikut mengenai ciri-ciri ataupun gejala umum adanya kelainan pada paru-paru Anda:

– Batuk berdahak dalam kurun waktu 3 minggu atau bahkan lebih.

– Saat mengeluarkan dahak, kerap bercampur dengan darah.

– Adanya sesak napas ataupun dada terasa nyeri.

Penyakit yang kerap dialami oleh banyak orang yang menyerang paru-paru adalah penyakit paru-paru basah. Penyakit ini juga sering dikenal dengan sebutan pneumonia, yaitu kondisi dimana paru-paru mengalami kelainan. Kelainan tersebut yaitu adanya cairan yang terdapat di rongga paru-paru.

Penyakit pneumonia ini adalah penyakit akibat adanya peradangan ataupun infeksi yang menyerang paru-paru, dapat disebabkan oleh bakteri, virus ataupun jamur. Cairan di dalam paru-paru tersebut dapat diakibatkan oleh penyakit TBC, tumor, demam berdarah ataupun bronkhitis.

BACA:  Penyakit Paru-Paru Basah Menular atau Tidak

Sedangkan gejala penyakit pneumonia sendiri diantaranya yaitu:

– Batuk berdahak, walaupun dapat dimulai dengan batuk kering

– Adanya rasa sakit di dada

– Sakit kepala ringan

– Rasa lelah

– Badan terasa sakit-sakit

– Mata berair

– Demam

– Sakit tenggorokan

Penderita pneumonia umumnya memiliki badan yang kurus, walaupun tidak dijelaskan secara pasti tetapi banyak pendapat mengungkapkan bahwa penderita membutuhkan banyak energi untuk bernapas. Hal inilah yang menyebabkan penderita memiliki badan yang kurus sekalipun nafsu makan tidak berkurang. Kecuali jika nafsu makan berkurang atau bahkan penderita mengalami depresi, hal ini juga menjadi penyebab kenapa banyak penderita penyakit pneumonia berbadan kurus.

Penyakit Paru-Paru Basah dan Pengobatannya

Anda harus mengetahui penyakit paru-paru basah dan pengobatannya yang tepat sehingga Anda dapat terbebas dari penyakit ini. Sebaiknya Anda juga melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter dan selalu konsultasikan keadaan ataupun kondisi tubuh Anda dengan dokter.

Jangan biarkan penyakit pneumonia ini mengganggu kesehatan Anda, jika dibiarkan begitu saja penyakit ini dapat membahayakan keselamatan Anda. Bahkan jika Anda memiliki badan yang kurus, maka resiko kematian akan lebih tinggi dibanding penderita pneumonia dengan berat badan normal.

Untuk mencegah penyakit pneumonia, Anda dapat melakukan beberapa tindakan yaitu gunakan ranjang yang tinggi. Hal ini akan membuat Anda tidur dengan menghirup udara yang jauh dari lantai.

Pasalnya pada kondisi tertentu lantai memiliki kadar air, jangan sampai air tersebut Anda hirup pada saat Anda tidur. Selain itu, hindari berada di tempat yang terlalu dingin dan usahakan berada di tempat yang banyak pohon sehingga banyak oksigen yang tersedia. Sekian sedikit ulasan yang dapat disampaikan, semoga ulasan mengenai penyakit paru-paru ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

BACA:  Dukungan Bagi Penderita Penyakit Lepra

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */