Penyakit Paru-Paru Basah Menular atau Tidak

Penyakit paru-paru basah merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan peradangan pada organ paru-paru. Penyebab paling umum adalah adanya kontaminasi virus, bakteri, dan jamur. Namun penyakit ini juga bisa terjangkit penyakit ini karena terlalu sering menghirup udara yang tercampur dengan bahan-bahan kimia. Biasanya usia rentan terjangkit penyakit ini adalah usia di bawah 2 tahun dan usia di atas 65 tahun.

Penyakit ini muncul ketika saluran pernafasan terlalu sering terinfeksi. Proses peradangan akan mengakibatkan jaringan paru-paru yang berbentuk aveoli atau kantung udara dipenuhi oleh cairan yang berbentuk nanah sehingga mengganggu peranan paru-paru sebagai tempat pertukaran oksigen. Dan hal ini akan menyebabkan adanya gangguan terhadap sistem metabolisme tubuh.

Gejala penyakit paru-paru basah terbagi menjadi dua gejala yaitu gejala saluran pernapasan dan juga gejala tubuh secara meluas. Untuk gejala saluran pernapasan biasanya ditandai dengan adanya batuk yang disertai dengan dahak selama lebih dari 3 minggu, dahak bercampur dengan darah, serta merasa nyeri dan sesak napas.

Penyakit Paru-Paru Basah dan Pengobatannya

penyakit-paru-paru-basah-menular-tidakUntuk gejala tubuh secara luas biasanya ditandai dengan adanya nafsu makan yang menurun drastis, demam yang berlangsung lebih selama 1 minggu, berat badan menurun, serta sering berkeringat di malam hari walaupun sedang tidak melakukan kegiatan apapun.

Saat seseorang sering mengalami batuk berdahak, sesak napas, serta nyeri dada dalam kurun waktu yang lama, bisa jadi seseorang tersebut mengidap penyakit ini. untuk itu segeralah periksakan diri anda ke dokter terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan segera bisa dilakukan penanganan jika memang anda terjangkit penyakit tersebut.

Cara pengobatan penyakit ini bisa menggunakan cara medis maupun cara tradisional atau mengkombinasikan antara ke duanya agar didapat hasil yang lebih maksimal. Namun tentunya harus dengan persetujuan dokter yang bersangkutan. Setelah mengetahui apa itu penyakit paru-paru basah dan pengobatannya, sebaiknya anda lebih waspada agar tidak terjangkit penyakit ini.

BACA:  Penyakit Liver Sirosis Pada Anak dan Pengobatannya

Beberapa kasus mengenai penyakit ini dapat disebabkan oleh ketidaksengajaan menghirup udara yang mengandung organisme yang mampu memicu pneumonia. Bisa juga disebabkan oleh adanya bakteri dan virus yang terdapat dalam mulut, tenggorokan, dan hidung yang secara tidak sengaja masuk ke paru-paru.

Penyakit Paru – Paru Basah Menular atau Tidak

Setelah kuman-kuman tersebut masuk, biasanya mereka akan berada di kantung udara dan bagian-bagian lain pada paru-paru dan mereka akan berkembang biak dengan sangat cepat di sana. hal inilah yang menyebabkan katung-kantung udara tersebut terisi dengan cairan atau nanah.

Banyak pertanyaan yang muncul selama ini terkait dengan penyakit paru-paru basah menular atau tidak? Penyakit paru-paru basah bisa digolongkan ke dalam penyakit yang menular. Proses penularannya bisa melalui kontaminasi tak langsung dengan penderita dan bisa juga melalui udara.

Yang dimaksud kontaminasi tak langsung disini adalah dengan adanya penggunaan peralatan makan yang digunakan bersama-sama. Jika anda melakukan hal tersebut dengan penderita, maka secara otomatis anda bisa tertular penyakit ini. selain itu ketidaksengajaan terkena bersinan dari penderita juga bisa menyebabkan anda tertular penyakit ini.

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai penyakit paru-paru basah yang dapat kami tulis. Penyakit ini dapat ditularkan melalui berbagai macam media, untuk itu waspadalah di manapun anda berada. Yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan sebelum anda memulai aktifitas.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. arum
    • arianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */