Penyakit Polio dan Penyebabnya

Kesehatan adalah asset kehidupan yang mahal harganya. Karena dengan sehat itulah Anda dapat merasakan kenikmatan hidup. Kesehatan tubuh didapatkan dari konsumsi makanan yang sehat, olahraga yang teratur, serta olah pikir yang bebas stres.

Kesehatan harus dijaga sedini mungkin karena penyakit datang tidak pandang umur. Rutin ke posyandu merupakan cara seorang ibu untuk mengecek tumbuh kembang dan kesehatan balitanya dengan imunisasi.

Pemberian vaksin imunisasi diyakini dapat memberikan tubuh anak imun terhadap penyakit. Salah satunya adalah pemberian vaksin polio. Vaksi ini dapat menangkal dan memberikan imun bayi terhadap poliovirus yang menyebabkan penyakit polio.

Penyakit Polio Disebabkan Oleh

penyakit-polio-penyebabnya

Penyakit polio disebabkan oleh poliovirus sejenis lendir. Virus ini terbawa masuk dan menyerang anggota tubuh melalui saluran pencernaan maupun melalui saluran pernapasan. Penyerangan melalui saluran pencernaan dimulai dari mulut hingga menjangkiti usus..

Atau bisa juga penyebarannya lewat anggota pernapasan hidung hingga menyerang tenggorokan. Parahnya virus ini dapat menyerang sistem saraf pusat yang penyebarannya meresap hingga ke aliran darah penderita.

Berakibat melemahnya otot dan kelumpuhan (paralisis) pada anggota tubuh. Penyebaran melalui feases seseorang juga dapat terjadi.

Penyakit Polio dan Penyebabnya

Beberapa hal yang harus Anda kenali dari penyakit polio dan penyebabnya, agar tidak mudah terjangkit poliovirus, meliputi:

1. Anak yang belum diberi imunisasi vaksin polio.

2. Luka pada bagian mulut, tenggorokan dan hidung dapat menjadi sebab mudah terinfeksi poliovirus. Karena poliovirus menginfeksi saluran pencernaan pada usus dan tenggorokan.

3. Kontak melalui feaces (tinja) pada air yang terkontaminasi oleh poliovirus.

4. Tempat yang terkena wabah volio dapat menjadi penyebabnya karena termasuk penyakit menular.

5. Stress yang berlebihan dapat menyebabkan turunnya daya imun seseorang.

BACA:  Penyakit Asam Lambung Naik Akut dan Pengobatannya

6. Gizi buruk buruk dan kurangnya protein dapat menghambat pembentukan zat antibody.

Penyakit polio disebabkan oleh poliovirus yang masuk melalui mulut ataupun hidung. Kemudian virus dapat berkembang pada kedua saluran tersebut, baik pada saluran pencernaan dari mulut diteruskan ke saluran usus dibawa oleh pembuluh darah dan saluran limfatik. Begitupula pada saluran pernapasan dari hidung menuju pada infeksi tenggorokan. Virus ini berkembang biak selama 5-35 hari.

Penyakit polio dapat menyebar hingga ke pusat saraf. Adapun gejala yang ditimbulkan dapat berupa klinis minor ataupun mayor. Gejala klinis minor ditandai dengan sakit kepala, mual, muntah dan demam. Sedangkan gejala klinis mayor dapat berupa nyeri otot berat, kaku di bagian kuduk dan punggung.

Lebih berbahaya lagi jika akhirnya jika virus telah menyerang saraf tulang sehingga terjadi kelumpuhan otot atau salah satu anggota tubuh. Ataupun telah menyerang batang otak yang mengendalikan sistem pernapasan. Kerusakan daerah ini dapat menyebabkan kelunmpuhan pada otot respirasi bahkan kematian.

Nah, bagi Anda yang telah mengetahui penyebab dari penyakit polio maka waspadailah. Jangan sampai hal ini menjangkiti Anda ataupun anak Anda. Penyakit ini tak hanya terjadi pada balita namun bisa juga bisa ibu hamil dan orang dewasa.

Menjaga lingkungan yang sehat, olahraga, olah pikir dan menjaga pola makan dan gizi asupan makanan dapat memberikan Anda [pola hidup lebih sehat dan terjauh dari penyakit ini. Karena virus menyukai tempat yang kotor, maka jaga dan cintailah kebersihan. Semoga dapat menambah wawasan kesehatan Anda dan keluarga untuk hidup lebih sehat.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

BACA:  Penyakit Vertigo dan Gejalanya dan Obatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */