Penyakit Polip Hidung dan Rahim dan Obatnya

Penyakit polip yang sering menyerang hidung ternyata juga dapat menyerang tubuh bagian lain, penyakit polip merupakan pertumbuhan jaringan sel tubuh yang tidak semestinya terjadi, namun penyakit polip berbeda dengan tumor, polip secara fisiologis tidak berbahaya selama tidak menganggu.

Polip seringkali tumbuh pada mukosa atau jaringan lendir dan jaringan basah pada tubuh manusia, sehingga polip paling sering menyerang organ hidung dan terkadang menyerang organ berlendir dan basah lainnya polip pada hidung akan menyumbat saluran hidung anda dan membuat hidung anda sulit untuk bernafas.

Polip pada hidung tumbuh pada jaringan mukosa hidung, yang mana sebenarnya jaringan ini memiliki peran yang sangat penting bagi kita dan merupakan salah satu komponen penting bagi organ pernafasan kita, mukosa hidung adalah bagian yang paling berlendir dan berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke hidung kita serta memastikan bahwa udara yang kita hirup akan aman untuk paru-paru dengan mengontrol kelembabannya.

Penyakit Polip Rahim dan Obatnya

penyakit-polip-hidung-rahim-obatnya

Jika mukosa kita tumbuh, jaringan sel liar yang disebut polip maka akan mengganggu sistem pernafasan kita.

Polip pada hidung paling banyak diakibatkan oleh infeksi yang terlalu lama pada mukosa hidung dan juga bisa disebabkan oleh alergi dan terkena paparan alergen terus menerus sehingga mukosa hidung menjadi trauma dan menanggapinya dengan pertumbuhan polip, jika tumbuh terlalu besar polip pada hidung akan menyumbat sistem pernafasan dan juga menekan syaraf-syaraf yang berhubungan dengan syarfa tepi kepala, sehingga penyakit polip dapat merembet dan menyebabkan sakit kepala yang terkadang terasa sangat nyeri.

Jika hal ini sudah terjadi pada anda maka operasi pengangkatan polip adalah jalan keluarnya agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut.

BACA:  Seluk Beluk Penyakit Hepatitis A Dan Pengobatannya

Polip Rahim

Selain pada hidung, polip juga seringkali menyerang dan tumbuh pada rahim, lebih tepatnya mulut rahim atau servic, banyak sekali diagnosa awal yang keliru mendiagnosa polip sebagai kista tahu tumor ringan pada mulut rahim, padahal polip dan kista adalah dua hal yang berbeda. Penyakit polip rahim pada dasarnya sama dengan penyakit polip pada hidung, hanya pertumbuhannya saja yang terjadi di mulut rahim, mulut rahim juga merupakan jaringan berlendir untuk menjaga kondisi dan tingkat keasaman yang ideal agar terjadi pembuahan dan keamanan pada mulut rahim anda.

Polip pada rahim memang rawan terjadi salah diagnosa mengingat lokasi pertumbuhannya yang kebanyakan nyaris sama dengan lokasi tumbuhnya kista atau tumor ringan pada mulut rahim.

Polip pada leher rahim yang tumbuh di atas jaringan lendir rahim seringkali terjadi pada wanita yang sedang hamil, selain disebabkan oleh trauma dan infeksi yang terjadi terus menerus kehamilan juga bisa meningkatkan resiko tumbuhnya polip rahim, polip pada rahim sebenarnya relatif tidak berbahaya dan tidak perlu ditangani dengan cara mengangkatnya melalui operasi yang biasanya menggunakan metode kuret sama dengan metode yang digunakan pada aborsi, yang sebenarnya malah rawan terjadi pendarahan hebat.

Penyakit polip dan obatnya secara alami tidak ada, namun tindakan pencegahan agar tidak terjadi tumbuhnya jaringan polip dapat anda lakukan, terutama jika anda ingin menghindari tumbuhnya polip pada jaringan lendir leher rahim anda.

Penyakit polip pada leher rahim dapat anda hindari dengan menjaga kebersihan organ intim anda, dengan tidak menggunakan sabun pencuci organ intim, karena sabun pencuci organ intim malah sebenarnya dapat menganggu keberadaan bakteri-bakteri baik yang mencegah infeksi pada leher rahim, disamping itu tidak berganti-ganti pasangan juga salah satu hal penting untuk menghindari polip leher rahim. Jika polip terjadi saat anda hamil maka anda dilarang melakukan hubungan intim sampai dengan melahirkan.

BACA:  Macam Macam Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */