Penyakit Tekanan Darah Tinggi dan Pengobatannya dan Penawar

Siapa yang tidak tahu penyakit yang sudah sangat merakyat ini di Indonesia. Penyakit yang mungkin diderita oleh banyak masyarakat Indonesia karena faktor keturunan, pola makan dan gaya hidup warga kita.

Penyakit ini adalah penyakit darah tinggi atau lebih dikenal dengan hipertensi. Penyakit hipertensi rentan menyerang orang-orang dengan keturunan darah tinggi dan mereka yang memiliki berat badan berlebih. Hipertensi dapat berupa masalah ringan namun juga dapat mengakibatkan kondisi yang serius jika tidak diatasi dengan segera dan benar.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan yang tak bisa dihindarkan lagi. Tekanan darah tinggi juga lebih rentan menyerang orang dengan overweight atau berberat badan lebih serta mereka yang punya kadar kolesterol tinggi pada darah. Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti dari naiknya tekanan darah manusia.

Penyakit Darah Tinggi dan Pengobatannya

penyakit-tekanan-darah-tinggi-pengobatannyaHanya saja kita sudah mengetahui pemicu yang mengakibatkan tekanan darah naik. Tekanan darah tinggi diklasifiksikan dalam empat kategori. Pertama adalah golongan para hipertensi dengan tekan darah 120-130/70-85 mmHg yang merupakan gejala paling awal dari hipertensi.

Selanjutnya adalah golongan hipertensi ringan dengan jangkauan 130-160/80-90 mmHg. Ada lagi hipertensi sedang dengan jangkauan 160-200/>90 mmHg. Selanjutnya ada hipertensi berat atau maligna yang merupakan kasus kisi hipertensi yang sangat beresiko tinggi jika tak segera diobati yaitu dengan jangkauan lebih dari 200 tekanan sistolik dan lebih dari 100 untuk tekanan diastolik.

Penyakit darah tinggi dan pengobatannya biasanya disesuaikan dengan jenis tekanan darah tinggi dan klasifikasinya. Jika anda termasuk pasien dengan tekanan darah tinggi sekunder dimana naiknya tekanan darah akibat dari penyakit lain yang menyertainya maka pengobatan terhadap penyakit tersebut akan menormalkan tekanan darah anda juga secara alami. Akan tetapi jika tekanan darah tinggi anda tergolong primer maka harus dilihat terlebih dahulu klasifikasinya.

BACA:  Penyakit Cacar Air Pada Balita, Anak-Anak dan Orang Dewasa

Penyakit Tekanan Darah Tinggi dan Penawarnya

Penyakit darah tinggi dan penawarnya akan dibahas di bawah ini. Seperti kita tahu bahwa penyakit ini secara medis hanya dapat dikontrol. Akan tetapi jika anda masih tergolong muda dan memiliki tekanan darah tinggi maka sebaiknya segeralah atur pola makan dan gaya hidup anda sekarang juga. Kurangilah asupan garam atrium pada makanan anda karena garam dapat memicu naiknya tekanan darah.

Perbanyaklah konsumsi makanan yang tinggi kalium dan magnesium seperti pisang dan mentimun agar tekanan darah tetap terkontrol. Perbanyak juga mengkonsumsi sayuran seperti seledri dan lobak yang bagus untuk menurunkan tekanan darah. Jangan lupa yang terpenting adalah berolahraga secara teratur.

Penyakit tekanan darah tinggi ringan Mak pengobatan dengan merubah pola makan dan gaya hidup saja sebenarnya dapat memperbaiki kondisi tersebut. Pengobatan medis dengan golongan obat betablocker dapat diberikan untuk mengatasi tekanan darah tinggi anda. Jika tergolong sedang hingga berat maka pengobatan dapat dilakukan dengan cara pemberian obat calcium antagonis untuk menghambat tekanan darah.

Pada kasus maligna dimana sisi hipertensi terjadi maka anti depresan tipe penghambat monoamin oksidasi juga dapat digunakan oleh dokter. Umumnya penderita tekanan darah tinggi harus mendapatkan pengobatan darah tinggi setiap harinya seumur hidup agar tekanan darahnya selalu terkontrol normal.

Obat-obatan tertentu dapat dikonsumsi jangka panjang untuk penanganan kasus hipertensi. Jangan lupa berolahraga rutin untuk melatih kesehatan pembuluh darah dan metabolisme peredaran darah kita. Jadi tak usah khawatir lagi dengan penyakit ini. Tetaplah semangat!!!

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */