Penyakit Tetanus Mampu Merenggut Nyawa Anda

Penyakit tetanus merupakan sebuah penyakit infeksi yang menyerang susunan saraf yang diakibatkan oleh luka tusuk atau goresan benda yang tercemar debu, pupuk, tanah dan kotoran hewan atau manusia.

Penyakit yang disebabkan oleh disebabkan oleh tetanospasmin, sejenis neurotoksin yang diproduksi oleh Clostrodium tetani yang menyebabkan infeksi pada sistem urat saraf dan otot sehingga saraf dan otot menjadi kaku ataupun menyebabkan kontraksi otot yang sangat sakit yang biasanya terjadi pada otot rahang dan leher serta dapat juga mempengaruhi otot-otot pernafasan sehingga dapat menyebabkan kematian.

Penyakit Tetanus Pada Anak

Penyakit serius pada manusia ini biasanya diawali dari luka yang disebabkan oleh benda yang tidak bersih yang menyebabkan infeksi yang kemudian ditandai dengan gejala kekakuan pada otot wajah, leher, dada, perut, punggung sampai tulang punggung melengkung, tangan dan tungkai.

penyakit-tetanus-pada-anak-bayiKemudian kondisi sulit menelan ketika makan dan minum, demam tinggi, keringat berlebihan, tekanan darah tinggi, detak jantung yang terlalu cepat serta gangguan membuang air besar dan air kecil. Pada kondisi yang lebih serius mampu menyebabkan robekan pada otot, patah tulang belakang, kegagalan pernafasan sampai pada kematian sedangkan penyakit tetanus pada anak ataupun bayi dapat menyebabkan kerusakan otak yang fatal.

Langkah Pengobatan Penyakit Tetanus

Sebagai langkah pengobatan terhadap penyakit tetanus dapat dilakukan dengan pengobatan secara intensif dari dokter. Penyembuhan terhadap tetanus yakni dilakukan dengan 3 tahap yakni perawatan luka sebagai pengelolaan awal untuk menghilangkan toksin yang ada di dalam luka, pemberian obat atau vaksin sebagai langkah pengobatan serta perawatan secara supportif untuk menghilangkan gejala dan mencegah komplikasi yang lebih serius dari penyakit tetanus ini.

Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah membersihkan luka dengan benar. Untuk membersihkan luka ini anda dapat menggunakan alcohol ataupun air hangat sehingga mampu membunuh bakteri yang dibawa oleh penyebab luka tersebut.

BACA:  Gejala Penyakit Ginjal dan Pengobatannya serta Pencegahannya

Langkah selanjutnya adalah dengan pemberian obat seperti antitoksin tetanus sebagai penetral sisa toksin, pemberian antibiotic, pemberian obat anti kejang serta penghilang nyeri sebagai langkah pengobatan terhadap penyakit tetanus.

Sedangkan pada kondisi yang sudah serius maka diperlukan perawatan intensif di ruang ICU dengan pemberian Trakeostomi dan ventilator sebagai alat bantu pernafasan dan juga pemasangan infuse untuk pemberian makanan dan minuman ke dalam tubuh karena pada kondisi ini saraf sudah kaku dan tidak dapat melakukan pergerakan sehingga diperlukan bantuan yang serius. Penyembuhan terhadap penyakit tetanus sendiri membutuhkan waktu yang lama dengan perawatan yang serius.

Kebiasaan Sehat Mencegah Tetanus

Untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus ini pada diri anda ataupun orang tersayang anda maka sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang dapat anda lakukan sehari-hari untuk menjauhkan dari penyakit berbahaya tersebut, diantaranya adalah;

1. Memberikan perawatan yang intensif dan benar terhadap luka yang anda alami. Ketika anda mengalami luka maka segera bersihkan luka anda menggunakan alcohol ataupun air hangat sehingga benar-benar membersihkan luka anda dari bakteri dan virus yang kemungkinan ada dalam alat penyebab luka tersebut. Kemudian lekas berikan antiseptic sebagai obat luka tersebut sehingga tidak menyebabkan luka yang semakin serius.

2. Pemberian vaksin anti tetanus secara berkala. Pemberian vaksin ini dapat anda lakukan kepada bayi dan anak dengan pemberian imunisasi yang rutin serta dapat anda lakukan setiap 10 tahun sekali atau pada saat terjadi luka yang serius untuk mencegah penyakit tetanus yang serius.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */