Penyakit Tifus Dari Gejala Sampai Dengan Pengobatannya

Penyakit tifus atau biasa juga disebut dengan demam tifoid merupakan salah satu penyakit menular yang terjadi karena anda peradangan di dalam usus atau saluran pencernaan manusia. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi.

Bakteri Salmonella typhi merupakan bakteri penyebab tifus yang berasal atau dapat hidup dalam lingkungan kotor seperti air got, air limbah, makanan yang kotor dan tidak higienis serta tempat tidur yang tidak pernah dibersihkan.

Penyebab dari terjangkitnya bakteri ini dapat berasal dari makanan ataupun minuman yang kita konsumsi, dapat pula berasal dari jari kuku, muntahan makanan, feses dan termasuk lalat. Proses penularan dapat terjadi melalui berbagai media seperti lalat, air dan makanan yang terjangkit kuman ini kemudian masuk ke dalam organ tubuh manusia melalui makanan yang dikonsumsi.

gejala-obat-penyakit-tifus

Gejala Penyakit Tifus

Sebagian bakteri mungkin mampu dimusnahkan ketika berada di lambung, akan tetapi sebagian yang lain akan sampai pada usus halus pada bagian distal dan jaringan limpoid. Pada jaringan limpoid inilah kuman berkembang biak dan kemudian menyebar ke seluruh pembuluh darah sehingga menyebabkan penyakit akut yang cukup parah.

Waktu yang diberikan dari masuknya bakteri ke dalam tubuh sampai dengan munculnya gejala penyakit tifus biasanya berlangsung kurang lebih sampai dengan 14 hari, tergantung dari sedikit banyaknya bakteri yang ada di dalam tubuh.

Gejala penyakit tipes yang diberikan biasanya berupa panas yang tinggi, gangguan pencernaan dan gangguan kesadaran. Pada minggu pertama, gejala yang diberikan seperti penyakit infeksi pada umumnya yakni ditandai dengan demam, sakit kepala, mual, muntah, menurunnya nafsu makan, sakit perut dan diare.

BACA:  Penyakit Tekanan Darah Tinggi dan Pengobatannya dan Penawar

Sedangkan pada minggu kedua, gejala yang diberikan jauh lebih jelas yakni demam tinggi yang berlangsung terus-menerus, bau nafas yang tidak sedap, kulit kering, rambut kering, bibir pecah-pecah, lidah ditutupi selaput putih kotor, pembesaran hati dan limpa serta perut kembung.

Pada keadaan yang lebih serius mampu menyebabkan perforasi pada perut atau sobeknya dinding usus halus, penyebaran infeksi ke rongga perut sampai dengan penyebaran kuman ke paru-paru.

Penyakit Tipes dan Pengobatannya

Untuk mengobati penyakit tipes ini, anda dapat menggunakan berbagai obat tradisional untuk mengobatinya. Bahan yang biasa digunakan sebagai obat penyakit tipes adalah buah sawo, mentimun, kunyit, hingga pada penggunaan cacing tanah sebagai obat.

Untuk bahan buah sawo dan mentimun, kedua bahan tersebut sangat baik untuk menurunkan panas dan mengobati diare anak. Anda hanya perlu mengambil air atau sari dari kedua buah tersebut untuk kemudian diberikan kepada penderita 3x sehari. Selain buah, anda juga dapat menggunakan ramuan dari kunyit.

Siapkan 2 ruas kunyit yang sudah diiris tipis yang ditambah dengan 20 lembar daun pegagan, 11 lembar daun sambiloto kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga berkurang menjadi 3 gelas air. Minumkan pada penderita 3x sehari. Selain ramuan tersebut, ada pula obat penyakit tipes yang dipercaya sangat ampuh yakni ramuan dari cacing tanah.

Caranya, bersihkan perut cacing tanah dari kotoran dan tanah yang ada di dalamnya hingga benar-benar bersih. Setelah cacing bersih, rebus cacing tersebut hingga air mendidih, kemudian keringkan rebusan cacing tersebut hingga benar-benar kering.

Setelah kering, tumbuh cacing tersebut hingga halus. Untuk pengobatannya, campurkan serbuk cacing pada makanan ataupun minuman sehingga mampu mengurangi rasa anyir pada cacing.

BACA:  Penyebab Penyakit Hipertensi Dan Pengobatannya

Akan tetapi bagaimanapun mencegah jauh lebih baik dari mengobati. Untuk mencegah penyakit tipes dan pengobatannya serta penularan masuk ke dalam tubuh anda dan keluarga maka lakukanlah langkah pencegahan dengan melakukan pola hidup yang sehat.

Jaga kebersihan makanan dan minuman yang anda konsumsi, jaga pola makan anda jangan mengkonsumsi berbagai makanan yang tidak higienis serta konsumsi makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda, anda dapat menggunakan pola 4 sehat 5 sempurna untuk menjaga kesehatan anda, rajin mencuci tangan dan berbagai perlengkapan keseharian anda dengan bersih, istirahat yang cukup serta rajin berolah raga.

Itulah beberapa ulasan terkait dengan penyakit tipes mulai dari penyebab, gejala, pengobatan hingga langkah pencegahan yang alami bagi anda. jika anda merasakan gejala yang tidak kunjung sembuh-sembuh maka ada baiknya anda segera memeriksakan diri pada dokter sehingga mampu mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Lebih dari itu, dengan menerapkan hidup sehat maka secara tidak langsung anda sudah mengantongi investasi berharga dalam hidup anda.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */