Penyakit Tipes Pada Anak dan Gejalanya Menular atau Tidak

Penyakit tipes merupakan sejenis penyakit infeksi yang menyerang usus. Penyebab tipes adalah bakteri Salmonella Thypti yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan dan minuman yang kurang terjaga kebersihannya.

Bakteri tersebut masuk ke dalam usus kemudian menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan demam tinggi dan beberapa gejala lainnya. Anak-anak, terutama anak usia sekolah dasar, cukup rentang terkena sakit tipes ini mengingat mereka sering jajan di sekolah, suka bermain di luar namun kurang dapat menjaga kebersihan dirinya sendiri.

Penyakit Tipes Pada Anak

penyakit-tipes-anak-gejalanya-menular

Penyakit tipes pada anak usia sekolah biasanya terjadi karena mereka sering lupa mencuci tangan sebelum makan. Terkadang beberapa anak suka minum air mentah langsung dari keran atau sumber air lainnya. Jajanan di sekolah yang kurang jelas mutu dan kebersihannya juga menjadi pemicu anak menderita sakit tipes.

Jika kebersihan diri kurang terjaga serta makan sembarang makanan, kemungkinan besar bakteri Salmonella bisa masuk ke dalam saluran pencernaan. Oleh sebab itu, pencegahan penyakit ini diawali dengan menjaga kebersihan diri sendiri.

Penyakit Tipes dan Gejalanya

Sebagai orang tua, mungkin Anda harus mengenal penyakit tipes dan gejalanya. Anak yang terinfeksi bakteri Salmonella biasanya memiliki gejala awal berupa demam tinggi hingga 40 derajat Celcius yang terjadi sekitar 2-3 minggu. Namun, demam tinggi ini hanya terjadi di waktu malam.

Di pagi hingga siang/sore hari demam menurun dan kemudian meninggi lagi menjelang malam hari. Demam yang tinggi ini otomatis membuat anak susah makan sehingga berat badannya mungkin menurun. Selain itu tenggorokan akan terasa sakit karena terjadi peradangan, anak jadi susah menelan.

Selain tenggorokan yang mengalami peradangan, bibir pun mengalami kekeringan dan pecah-pecah. Terkadang mulut mengeluarkan bau tak sedap. Lidah terasa pahit, dan jika dijulurkan akan terlihat bahwa bagian pinggir lidah berwarna kemerahan sementara bagian tengahnya berwarna putih.

BACA:  Gejala Penyakit Tipes Pada Anak dan Pengobatannya

Anak pun mungkin mengalami nyeri otot, sakit kepala, diare atau justru sulit buang air besar, mual dan muntah serta rasa sakit pada perut yang disebabkan oleh pembengkakan pada hati dan limfa. Jika tidak segera mendapat penanganan, anak mengalami resiko pendarahan akibat kebocoran pada usus. Hal ini dapat mengakibatkan kematian.

Penyakit Tipes Menular atau Tidak

Banyak orang tua yang masih belum memahami apakah penyakit tipes menular atau tidak. Ya, sakit tipes dapat saja menular mengingat bakteri Salmonella sangat mudah berpindah tempat. Oleh karena itu, jika anak Anda atau anggota keluarga lainnya menderita tipes, sebaiknya peralatan makan untuk mereka seperti piring, gelas, sendok dan garpu dicuci dan disimpan terpisah.

Begitu pula dengan pakaian, seprei, selimut, sarung bantal dan lainnya. Usahakan tidak berkontak langsung dengan penderita atau menggunakan masker jika harus merawatnya. Pisahkan anak yang menderita tipes dari anak lain yang sehat hingga sakit tipesnya sembuh.

Penderita tipes sebaiknya dibawa ke dokter sesegera mungkin sebelum bakteri menyebar semakin luas di dalam tubuh. Dokter umumnya akan memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri dan analgesik untuk meredakan nyeri dan demam. Jika penderita mengalami kekurangan cairan akibat demam tinggi, dokter juga akan menyarankan agar penderita diberi cairan infus.

Penderita tipes harus banyak beristirahat, makan makanan yang lunak dan tidak berbumbu serta meminum obatnya secara teratur agar sakit tipes yang dideritanya bisa segera sembuh. Pengobatan alami yaitu labu siam rebus yang diblender kemudian diminum airnya secara rutin setiap hari dapat menjadi obat alami untuk penyakit tipes.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

BACA:  Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus yang Menyerang Manusia
Comments
  1. iswinar2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */