Penyakit Tiroid Pada Wanita dan Lelaki

Penyakit tiroid merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya kelenjar berbentuk mirip kupu-kupu di bagian bawah pangkal tenggorokan sehingga muncul pembengkakan. Pembengkakan ini bisa menyebabkan tekanan pada saluran pernafasan dan saluran pencernaan sehingga penderita menjadi sulit untuk menelan dan sulit bernafas.

Penyakit ini biasanya disebabkan karena adanya gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid sehingga proses ekskresi hormon tiroid tidak dapat bekerja dengan baik. Selain itu bisa juga disebabkan karena kurangnya asupan yodium dalam tubuh.

Pada keadaan normal, hormon tiroid biasanya berfungsi untuk memberikan kekuatan kontraktilitas jantung, sel otot jantung maupun kardimosit yang mengalami adanya perubahan struktur serta fungsinya yang diakibatkan oleh efek hormon tiroid ini sendiri. penyakit ini bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi garam beryodium sehingga dapat mencegah munculnya penyakit ini secara endemic serta hindari mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi kadar atau produksi hormon tiroksin misalnya alkohol, bayam, kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, dan strawberry.

Penyakit Tiroid Pada Wanita

penyakit-tiroid-wanita-lelaki

Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar yang sangat penting peranannya dalam tubuh. Kelenjar tiroid memang lebih banyak difungsikan pada sistem reproduksi wanita, sehingga ketika muncul gangguan akan mengakibatkan dampak yang sangat besar. Kelenjar ini dapat bekerja sangat aktif dan juga bekerja kurang aktif sehingga akan muncul ketidak seimbangan kadar hormon.

Penyakit tiroid pada wanita biasanya akan menimbulkan beberapa gangguan misalnya pubertas dan menstruasi, reproduksi, kehamilan dan proses melahirkan, serta masa menopouse. Gangguan kelenjar tiroid pada perempuan dapat menimbulkan periode menstruasi menjadi tidak normal, menstruasi berlebihan bahkan bisa juga tidak menstruasi sama sekali, dapat mempengaruhi proses ovulasi, dapat membahayakan janin bagi ibu yang sedang hamil, serta dapat menimbulkan masa manopousse yang lebih dini.

BACA:  Tanda Tanda Orang Sakit Jantung pada Wanita ,Lelaki ,Kanak-Kanak

Mendeteksi lebih dini mengenai adanya kelainan terhadap kelenjar tiroid sangat penting dilakukan, khususnya pada ibu yang sedang mengandung karena komplikasi yang ditimbulkan akibat gangguan terhadap kelenjar ini bisa menyebabkan ibu kehilangan janin atau keguguran, kehamilan prematur, serta adanya kelainan perkembangan otak pada bayi.

Penyakit Tiroid Pada Lelaki

Untuk mendeteksi kelainan tersebut bisa dilakukan dengan teknologi kedokteran yang semakin maju dan canggih yakni menggunakan skrining dengan melakukan evaluasi laboratorium yang spesifik. Maksudnya adalah dengan melakukan stimulasi terhadap hormon tiroid(thyroid stimulating hormone/ THT) dan thyroid peroxidase antibodies (anti TPO) dapat membantu menemukan penyakit tersebut.

Kelainan terhadap kelenjar tiroid ini memang pada umumnya dialami oleh wanita, namun bukan berarti laki-laki tidak bisa terserang penyakit ini. penyakit tiroid pada lelaki pada umumnya sama dengan penyakit tirod pada wanita. Untuk itu kaum laki-laki juga perlu mewaspadainya. Karena itu sangat dianjurkan bagi kaum laki-laki untuk rutin memeriksa leher di bagian depan sehingga akan segera diketahui jika ada sesuatu yang tidak beres dan segera periksakan ke dokter terdekat sehingga bisa dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut. Dengan demikian akan segera diketahui ada apa tidak penyakit tersebut.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai penyakit tiroid yang bisa kami sampaikan. Besar harapan kami, dengan membaca tulisan ini akan membuat anda semakin waspada dan menghindari hal-hal yang dapat memicu munculnya penyakit ini. baka dari itu sangat penting menjalankan pola hidup yang sehat dan jagalah selalu kesehatan agar anda tidak terserang penyakit ini maupun penyakit-penyakit yang lain. Semoga apa yang kami tulis ini bermanfaat.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyakit Sinus dan Pengobatannya




Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */