Penyakit Typus dan Gejalanya

Ini dia penyakit yang sering menimpa kita bahkan mungkin anda sendiri pernah mengalaminya. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonela paratyphiini memang menyerang saluran pencernaan usus halus sehingga terjadi peradangan akut di dalamnya.

Penyakit typus dapat terjadi akibat dari masuknya bakteri di atas ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman. Typus juga sangat mudah menyerang orang dengan daya tahan tubuh rendah akibat kelelahan atau kurang istirahat.

Penyakit ini jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian. Hal tersebut terjadi karena demam tifus yang terjadi seperti rasa panas dan dingin yang membuat tubuh menjadi lemah dan lemas.

Penyakit Typus Menular atau Tidak

penyakit-typus-gejalanya-menular

Penyakit typus menular atau tidak ? itu adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh masyarakat awam. Penyakit yang disebabkan infeksi bakteri tentu sangat mudah menular.

Penularan penyakit yang satu ini terjadi melalui bekas wadah makna dan minuman yang dikonsumsi pasien. Jadi sebaiknya hinari bekas-bekas tersebut agar tidak terjadi penularan. Tifus juga lebih mudah menjangkiti orang dengan daya tahan tubuh lemah akibat kelelahan maupun kurang tidur.

Mengkonsumsi makanan berpengawet terlalu sering juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit tyfus. Sebaiknya hindarilah jajanan jaman sembarangan di pinggir jalan karena tidak terjamin kebersihan makanannya terutama dari bakteri berbahaya.

Penyakit Typus dan Gejalanya

Penyakit typus dan gejalanya adalah hampir sama seperti gejala meriang pada umumnya. Akan tetapi pasien tifus umumnya akan mengalami demam tinggi yang disertai dengan rasa tidak nyaman pada perut akibat peradangan.

Demam tidak akan mereda walaupun sudah mengkonsumsi penjuru panas. Ha; tersebut merupakan ciri khas dari demam akibat dari infeksi. Ciri lainnya adalah munculnya bintik bintik putih di area lidah. Selain itu demam yang tinggi kadang disertai dengan menggigil. Pada pasien tetentu dapat terjadi gejala mual, muntah dan diare.

BACA:  Penyakit Tidak Menular dan Pencegahannya

Jika penyakit yang satu ini tidak segera diatasi maka dapat menimbulkan perforasi usus atau berlubangnya usus halus akibat peradangan kronis.

Penyakit Tifus Ini Disebabkan Oleh

Sekali lagi penyakit tifus ini disebabkan oleh bakteri salmonela paratyphi yang banyak terdapat pada makanan makanan kotor dan basi yang tidak dijaga tingkat kebersihannya. Jadi harus sangat diperhatikan kebersihan alat alat makan dan minum di rumah.

Perhatikan juga jajanan-jajanan yang kita beli di pasar atau pinggir jalan jangan sampai kurang bersih atau mengandung infeksi bakteri. Untuk mencegah infeksi yang satu ini sebaiknya jagalah daya tahan tubuh anda ditambah konsumsilah makanan dan minuman yang bersih.

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi tifus secara medis adalah dengan pemberian antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri. Jika infeksi bakteri teratasi maka peradangan pada usus akan mereda dan pasien akan sembuh.

Pada kasus kronis dari tifus dimana Usus sudah berlubang maka operasi harus dilakukan untuk membuang bagian usus yang berlubang. Pengobatan alami bagi anda dan keluarga yang menderita tifus adalah dengan air daun sirih, jelly gamat dan madu putih.

Ketiga herbal tersebut dapat dikonsumsi untuk mengobati tifus sembari dikombinasikan dengan pengobatan dokter.

Nah sekarang anda lebih memahami tentang penyakit typus, gejala-gejalanya ditambah dengan pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkannya. Sebaiknya jika anda merasa terindikasi menderita tifus maka segeralah mencari pertolongan medis dengan berkunsultasi ke dokter terdekat anda. Jika kondisi anda cukup akut maka sebaiknya anda dirawat di rumah sakit untuk memperoleh pengobatan yang intensif.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */