Penyakit Vertigo dan Gejalanya dan Obatnya

Yang namanya penyakit zaman sekarang ini sudah banyak sekali bermunculan. Selain akibat faktor lingkungan yang sudah semakin parah, faktor hidup tidak sehat, stres, minuman beralkohol bisa menjadi faktor pendorong lainnya.

Tingkat kesehatan yang semakin menurun tidak sebanding lurus dengan harga pengobatan yang semakin naik, sehingga muncul celotehan bahwa orang miskin dilarang sakit, karena saking mahalnya biaya pengobatan. Oleh karena itu, tindakan pencegahan sedari dini akan lebih baik ketimbang harus mengobati. Salah satu penyakit yang sering muncul di zaman modern seperti saat sekarang ini adalah penyakit vertigo.

Penyakit Vertigo Adalah

penyakit-vertigo-obatnya-gejalanya

Sebelum masuk ke dalam pembahasan yang lebih mendalam mengenai vertigo, akan lebih baik untuk mengetahui apa itu vertigo. Penyakit vertigo adalah penyakit yang membuat para penderitanya seakan-akan lingkungan di sekitarnya berputar-putar atau terguncang hebat. Selain itu, penderita vertigo juga sering merasakan mual hingga muntah.

Istilah lain dari vertigo adalah pusing kepala yang sangat hebat, atau masyarakat Indonesia sering menyebutnya dengan nama pusing tujuh keliling. Intensitas waktu penderita sakit vertigo bisa satu hari, satu minggu, satu bulan, atau bahkan setiap waktu. Penyebab penyakit ini dibagi lagi menjadi lima sub bagian.

Sub bagian pertama penyebab penyakit ini adalah karena keadaan lingkungan atau istilah medisnya motion sickness, misalnya mabuk perjalanan darat, laut, atau setelah perjalanan udara (jet leg). Sub bagian kedua karena adanya pengaruh obat-obatan. Yang dimaksud obat-obatan di sini adalah mengkonsumsi obat dengan dosis yang berlebihan, sehingga mengganggu sistem syaraf di otak.

Penyakit Vertigo dan Gejalanya

Sub bagian ketiga yaitu karena terjadinya kelainan sirkulasi darah pada otak yang bisa disebabkan oleh penyakit, seperti transient ischemic attack, atau juga bisa karena penyakit stroke. Sub bagian ke empat karena adanya kelainan pada telinga, dan sub bagian terakhir karena disebabkan oleh neurologis pada telinga.

BACA:  Macam - Macam Penyakit Mata dan Gejalanya serta Penyebabnya

Setelah membahas semua penyebab timbulnya penyakit ini, pembahasan selanjutnya mengenai penyakit vertigo dan gejalanya yang umum ditemui pada penderita vertigo. Gejala umum yang sering dialami oleh penderita vertigo biasanya merasakan pusing hebat seakan-akan lingkungan di sekitarnya ikut berputar.

Saking hebatnya pusing yang muncul, tidak jarang membuat penderitanya kehilangan kesadaran sejenak atau pingsan. Gejala lainnya yang umum terjadi seperti merasakan mual hebat hingga bisa menyebabkan muntah. Gejala umum yang sering terjadi berikutnya ialah hilangnya sistem pendengaran, seakan-akan ada yang menutupi telinga bagian dalam, dan rasanya seperti bergenguh atau juga merasa sakit karena adanya tekanan.

Penyakit Vertigo dan Obatnya

Melihat dampak yang begitu hebat dari penyakit ini, maka tindakan pengobatan yang tepat akan sangat membantu mengembalikan keadaan seperti biasa. Penyakit vertigo dan obatnya harus disesuaikan dengan penyebab munculnya penyakit itu sendiri. Dengan mengetahui penyebabnya, maka tindakan pengobatan akan jauh lebih mudah.

Misalnya setelah melakukan perjalanan baik melalui darat, laut, maupun udara, maka tindakan pengobatan bisa cukup dengan mengistirahatkannya dengan cara tidur. Namun, apabila penyebabnya akibat gangguan peredaran darah di otak, obatnya bisa dengan minum meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin yang dapat membantu mengurangi rasa pusingnya.

Pada dasarnya semua penyakit termasuk penyakit vertigo memiliki penyebabnya. Selain itu, dampak atau gejala yang ditimbulkan bisa sama ataupun berbeda, tergantung dari sistem kekebalan tubuh penderita.

Apabila merasakan hal yang tidak benar pada tubuh, sebaiknya langsung melakukan tindakan pengobatan agar penyakit tidak semakin menjadi. Dengan semua informasi yang berkaitan dengan vertigo diatas, semoga bisa memberi gambaran secara umum apa saja yang harus dilakukan.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →

BACA:  Penyebab, Gejala Penyakit Kuning pada Bayi Baru Lahir




Artikel Pilihan:

Comments
  1. Erikc
  2. Oliv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */