Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus yang Menyerang Manusia

Menjaga kesehatan menjadi sebuah kewajiban bagi setiap manusia. Makanan sehari-hari dan juga gaya hidup sehat menjadi salah satu hal yang perlu di jalani. Mengingat telah menjalani hidup sehat pun, manusia masih rentan terhadap serangan virus.

Dimana virus merupakan parasite yang berukuran mikroskopik. Dikatakan parasit karana kehidupannya bergantung akan makhluk hidup yang menjadi tempat hidupnya. Dengan kata lain, virus sangat membutuhkan makhluk hidup lain untuk berkembang, tumbuh dan hingga menginvasi makhluk hidup yang menjadi tempat tinggalnya atau di tumpanginya. Terdapat banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh virus yang perlu di waspadai oleh manusia.

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus pada Manusia

penyakit-penyakit-karena-virus-manusia

Cacar air tentunya sudah sangat familiar di telinga anda. Penyakit ini di tandai dengan munculnya bintik kemerahan ataupun ruam yang melepuh pada bagian wajah dan leher terlebih dahulu. Setelah beberapa hari akan segera menjalar ke seluruh tubuh. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini di akibatkan adanya infeksi dari virus yang bernama virus varicella zoster.

Virus ini dapat di pastikan menyerang seseorang yang kadar imun tubuhnya terlalu rendah. Banyak kasus yang membuktikan bahwa virus cacar air ini kebanyakan menimpa anak-anak. Yang perlu menjadi perhatian anda khususnya para orang tua harus mengawasi buah hati anda dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan cara pencegahannya perlu juga anda ketahui. Mengingat virus ini menular melalui kontak udara, maka jika terdapat penderita ataupun dimana saja biasakan menggunakan masker jika dirasa memerlukannya

Selain penyakit yang disebabkan oleh virus diatas, virus h5n1 ini sempat membuat rakyat indonesia menjadi panic beberapa tahun lalu. Virus yang berasal dari unggas ataupun mamalia ini memang memiliki media penularan yang beragam.

BACA:  Penyakit Paru-Paru Basah Menular atau Tidak

Tanda – Tanda Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus

Penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang manusia ini media penularannya bisa melalui udara yang yang dihirup. Tidak hanya itu flu burung juga bisa menular melalui makanan atau minuman yang terinfeksi virus tersebut. Misalnya saja makanan seperti ayam atau daging unggas lainnya yang dmasak di bawah suhu 100 derajat akan beresiko mengandung virus h5n1

Flu burung yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus ini dapat di curigai dengan munculnya demam tinggi, batuk, lemas, sakit kepala, yang juga disertai dengan nyeri sendi, nyeri perut dan sakit tenggorokan. Jika virus tersebut telah menginfeksi terlalu dalam akan menyerang bagian paru-paru dan membuat pasien menjadi sulit bernafas. Fu burung ini sebenarnya bisa di cegah, dengan melakukan vaksinasi pada hewan unggas yang di duga terkena virus h5n1 tersebut.

Penyakit yang disebabkan oleh virus selanjutnya adalah penyakit ebola. Beberapa waktu belakangan ini, di wilayah amerika penyakit ini menjadi salah satu topic utama, hal tersebut dikarenakan ditemukan kasus penyakit ebola yang semakin meluas. Penyakit ini dianggap mengerikan. Pasalnya seseorang yang telah terjangkit virus ini akan mengalami pendarahan di hampir seluruh tubuhnya. Tidak hanya itu, penyakit ebola ini seakan tidak memberikan kesempatan hidup bagi penderitanya setelah terinfeksi kurang lebih 6 hingga 20 hari.

Penyakit yang disebabkan oleh virus yang perlu anda waspadai adalah hepatitis. Dimana penyakit yang disebabkan oleh virus dan gejalanya yang bisa menjadi pertanda adalah kerusakan pada fungsi hati seseorang. Dimana penyakit hepatitis ini juga terdapat tahapan penyakit hepatitis tersebut adalah hepatitis a, hepatitis b, hepatits c dan juga hepatitis d serta e.

BACA:  Macam Macam Penyakit Mata serta Gejala, Penyebab, Ciri-Ciri

Virus yang menyerang penderita hepatitis ini disebut juga dengan genus hepacivirus. Yang perlu diketahui bahwa virus ini bisa menular melalui media udara, cairan tubuh si penderita, makan dan minum yang telah di gunakan si penderita. Oleh karena itu mengingat akan banyak virus yang bisa menjadi perenggut kesehatan yang sangat bernilai tersebut

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */