Penyebab Bau Badan Lengkap dan Cara Mengatasinya

Bau badan adalah masalah serius yang dialami baik pria maupun wanita. Kita tentunya tidak mau orang lain merasa risih berada di dekat kita karena kita mengalami bau badan. Untuk itu, menjadi sangat penting mengetahui apa saja penyebab bau badan sehingga kita dapat melakukan pencegahan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bau badan meliputi penyebab dan sedikit cara untuk mengatasinya. Mari kita simak bersama.

Apa Saja Penyebab Bau Badan?

Penyebab Bau Badan

  • Stress

Penyebab bau badan yang tidak terduga adalah stress. Siapa sangka stress dapat menjadi salah satu faktor penyebab bau badan pada wanita dan pria. Keringatdapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satu keringan yang dapat dihasilkan saat kita dalam keadaan stress adalah keringat jenis stinkiest. Keringat ini merupakan jenis keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin yang hanya menghasilkan air yang sedikit namun dengan aktivitas bakteri yang yang ganas sehingga dapat menyebabkan bau yang sangat menyengat. Berbeda dengan keringat saat angkat beban dan aktivitas fisik seperti olahraga yang keluar dengan sangat banyak namun tidak menyebabkan bau karena hanya terdiri dari air serta elektrolit yang keluar dari dalam tubuh.

  • Jarang ganti pakaian dan pakaian dalam

Bagi Anda yang sering kali malas ganti pakaian, Anda akan merasakan akibatnya. Akibat dari jarang mengganti pakaian terutama pakaian dalam dapat menjadi penyebab bau badan pada pria dan wanita. Menggunakan banyak parfum saja tidak akan menolong Anda. Bakteri yang ada pada akaian yang kotor akan semakin terakumulasi jika tidak segera dicuci. Bakteri pada pakaian dapat membuat Anda bau badan. Bau keringat yang terkena pakaian yang kotor akan menyebabkan bau yang terakumulasi. Apalagi Indonesia merupakan negar tropis dengan kelembaban yang cukup tinggi sehingga membuat kita semakin mudah berkeringan setiap harinya. Rajin mencuci pakaian akan membantu Anda mengurangi bau badan terutama rajinlan mengganti pakaian dalam Anda.

  • Diabetes
BACA:  Berbagai Macam Bisul Dan Cara Mengobati Bisul

Penyebab bau badan menyengat yang lainnya adalah karena efeksamping penyakit. Salah satu efek samping penyakit yang menjadi penyebab bau badan adalah penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit yang mana kita dapat kekurangan insulin karena sensitifitas insulin yang menurun. Hal ini menyebabkan penumpukan asam keton yang berlebih di dalam tubuh. Hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih bau badan. Untuk mengatasinya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakit Anda dan segera melakukan pengobatan.

  • Alkohol

Alkohol adalah penyebab bau badan dan bau mulut yang menyengat. Saat minum minuman beralkohol, Anda memang tidak akan berkeringat jika Anda tidak dalam situasi yang menyebabkan Anda berkeringat. Namun, kandungan alkohol dalam minuman Anda akan membuat Anda memiliki bau khas yang menyengat dan tidak sedap. Apapun jenis alkoholnya, semuanya dapat menjadi penyebab bau badan dan bau mulut yang tidak sedap.

  • Diet tidak seimbang

Penyebab bau badan tidak sedap yang lainnya adalah diet yang tidak seimbang. Salah satunya adalah karena Anda terlalu banyak mengkonsumsi junkfood atau makanan dengan lemak tinggi. Lemak yang tinggi akan diproses di dalam tubuh dan menghasilkan hasil sampingan berupa bau badan yang tidak sedap. Mengkonsumsi makanan tertentu juga dapat menyebabkan bau badan. Ada berbagai makanan yang dapat menyebabkan bau badan dan bau mulut yang perlu Anda batasi konsumsinya.

Zat yang Menyebabkan Bau Badan

  • Asam propionat

Zat penyebab bau badan tidak enak yang pertama adalah asam propionat. Asam ini merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh aktivitas bakteri yang menguraikan keringat. Bakteri ini bernama propionibacteria yang dapat banyak kita jumpai pada saluran sebasea pada saat masa remaja. Hal ini yang menyebabkan remaja sering mengalami bau badan yang tidak sedap.

  • Hormon tidak seimbang
BACA:  Bau Badan Tak Sedap? Coba 10 Cara Menghilangkan Bau Badan Berikut Ini

Penyebab bau badan yang kedua adalah ketidak seimbangan hormon. Ketidak seimbangan hormon terutama terjadi pada masa puber atau masa remaja. Pada masa ini, anak akan mengalami perubahan hormon yang sangat besar terutama hormon androgen. Perubahan hormon ini dapat menjadi salah satu penyebab bau badan pada remaja pada masa peralihan menjadi dewasa.

  • Asam isovalerik

Asam isovalerik juga merupakan penyebab bau badan yang cukup mengganggu. Zat ini dihasilkan dari aktivitas bakteri staphylococcus epidermis. Bakteri ini bekerja menguraika keringat dan menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Cara Mengatasi Bau Badan

  • Menjaga kebersihan badan

Menjaga kebersihan badan adalah salah satu cara yang paling mudah untuk mencegah bau badan. Caranya adalah dengan mandi 2 kali sehari. Berbeda dengan negara empat musim yang memiliki udara cenderung kering, negara tropis seperti indonesia memiliki kelembaban yang tinggi sehingga jika kita tidak rajin membersihkan badan, kemungkinan bau badan akan semakin tinggi. Bakteri terutama menyukai tempat yang lembab. Tubuh kita akan samangt mudah berkeringat di sini. Bakteri akan sangat mudah berkembang biak di tubuh lembab Anda dan membuat Anda menjadi mudah mengalami bau badan. Selain mandi, menjaga kebersihan tubuh juga termasuk dengan mengganti pakaian termasuk pakaian dalam secara teratur. Jangan sampai memakai pakaian dalam sangat lama hanya karena Anda menyukainya. Ganti pakaian Anda setiap hari terutama setelah melakukan kegiatan yang berkeringat.

  • Hindari makanan penyebab bau badan

Telah kita ketahui bersama bahwa ada banyak makanan yang dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Jenis-jenis makanan penyebab bau badan berlebih diantaranya adalah bawah putih dan brokoli. Mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan dapat membuat Anda menjadi lebih mudah mengalami bau badan. Hindari konsumsi makan tersebut dapat mengurangi resiko bau badan. Jikapun ingin memakannya, makanlah secukupnya dan jangan berlebihan. Kita ketahui bersama bahwa segala yang berlebihan itu tidak baik bagi diri kita.

  • Gunakan deodorant
BACA:  Tips Menggemukkan Badan dengan Cepat dan Alami

Menggunakan deodorant juga dapat menjadi solusi yang ampuh. Deodorant mencegah timbulnya bau badan walaupun kita berkeringat lebih. Hal ini tentunya sangat berguna bagi kita yag sering melakukan aktivitas yang membuat kita sering berkeringat.

  • Hindari alkohol dan junkfood

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi alkohol dan junkfood, berhenti mengkonsumsinya akan membuat Anda menjadi lebih sehat dan bugar. Kenapa? Hal ini karena kedua makanan tersebut memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Selain itu, alkohol dan junkfood termasuk kedalam minuman dan makanan yang dapat menyebabkan bau badan. Jika Anda menghindari kedua makanan tersebut, akan mengurangi penyebab timbulnya bau badan.

Penyebab bau badan pada bayi dan anak-anak serta pada orang dewasa memang cenderng berbeda. Mengetahui penyebab bau badan dapat menjadi salah satu sarana untuk mengatasi bagaimana cara mengatasinya. Ulasan di atas telah mengulas sedikit mengenai penyebab dan cara mengatasinya. Masih banyak cara lain untuk mengatasi bau badan. Anda dapat membaca obat penghilang bau badan di apotek atau cara menghilangkan bau badan untuk mendapatkan keterangan yang lebih jelas dan rinci. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */