Penyebab Gejala Ciri Pencegahan Penyakit Kista Pada Wanita

Penyakit kista pada wanita bisa dibilang adalah penyakit yang ditakuti oleh wanita. Mengapa bisa ditakuti? Selain penyakit ini sangat menyiksa penderitanya, penyakit pada wanita ini juga bisa membuat wanita tidak bisa memiliki keturunan.

Makanya, bagi anda yang tidak mau terserang oleh penyakit kista yang menyerang rahim ini, anda wajib mengetahui apa saja penyebab, gejala berikut dengan cara mencegahnya. Informasi selengkapnya berikut ini.

Penyebab dan Gejala Penyakit Kista Pada Wanita

Penyebab penyakit kista pada wanita. Membicarakan soal penyakit kista, tentunya anda wajib tahu apa saja penyebab penyakit yang menyerang rahim tersebut. Penyakit kista paling sering disebabkan oleh wanita yang kurang menjaga kebersihan vaginanya.

penyebab-ciri-gejala-pencegahan-kista-wanita

Kebersihan organ wanita sangat perlu dijaga agar berbagai penyakit rahim, seperti kista tidak akan menyiksa anda setiap harinya. Ada pula penyakit kista yang disebabkan oleh seringnya wanita mengkonsumsi pil kb. Pil kb ternyata bisa memicu tumbuhnya kista pada rahim sehingga anda perlu berhati-hati saat mengkonsumsinya.

Tak lengkap rasanya jika anda hanya mengetahui penyebabnya tanpa tahu apa saja gejala yang sering ditimbulkan oleh penyakit kista. Gejala penyakit kista ini mesti dialami oleh wanita yang memang positive terkena penyakit kista. Gejala penyakit kista pada wanita yang paling sering dijumpai adalah nyeri pada saat haid.

Nyeri haid yang dirasakan oleh penderita begitu hebat. Bahkan, beberapa penderita sering pingsan karena tidak tahan menahan nyeri pada saat datang bulan. Gejala lainnya adalah siklus haid yang tidak teratur. Makanya, jika anda wanita yang siklus bulanannya tidak teratur, tak ada salahnya anda langsung memeriksakan ke dokter kandungan. Siapa tahu penyakit kista sedang berusaha menggerogoti tubuh anda.

BACA:  Penyakit Kista Pada Wanita dan Pria dan Obatnya

Ciri Ciri dan Pencegahan Penyakit Kista Pada Wanita

Sebenarnya gejala penyakit kista seringnya berhubungan dengan datang bulan. Bukan berarti orang yang terkena kista tidak haid. Mereka tetap mengalami datang bulan tetapi waktu datangnya tidak bisa diprediksi. Kemudian, ciri penyakit kista pada wanita adalah darah haid yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Sehingga, terkadang penderita waktu haidnya cepat atau malah melebihi batas. Selain itu, ciri lain adalah wanita akan sering buang air karena kandung kemihnya terdesak oleh kista yang ada pada rahimnya. Bagi mereka yang sudah memiliki pasangan, kista pada rahimnya juga bisa membuat hubungan menjadi tidak menyenangkan karena rasa sakit akan dirasakan pada saat berhubungan.

Agar para wanita tidak mudah terserang penyakit kista, ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukanya. Pencegahan penyakit kista pada wanita bisa dilakukan dengan tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak. Seperti yang anda tahu, makanan berlemak memang menghadirkan cita rasa yang enak dan mampu menggoyang lidah.

Tetapi, jika wanita mengkonsumsinya tidak sesuai dengan porsi yang seharusnya malah bisa membahayakan kesehatan, salah satunya bisa menimbulkan kista pada rahimnya. Pencegahan penyakit kista juga bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah karena kedua makanan sehat tersebut kaya akan antioksidan yang bisa mencegah tumbuhnya kista pada rahim.

Apakah hanya itu pencegahan yang bisa dilakukan terhadap penyakit kista? Tentu saja tidak. Jika wanita tidak mau terserang penyakit kista, mereka harus menjadi wanita yang pintar. Wanita yang pintar tentunya mau meluangkan waktu untuk membersihkan organ intimnya.

Bukan hanya pada saat mereka habis buang air, tetapi mereka juga secara rutin mengganti pembalut pada saat haid. Satu lagi, pola hidup sehat juga mesti dilakukannya. Tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat, tetapi mereka juga harus rajin berolahraga dan meninggalkan kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Semoga informasi tentang penyakit kista pada wanita di atas bermanfaat bagi para pembaca!

BACA:  Penyakit Parkinson Pada Lansia dan Pengobatannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */