Penyebab Penyakit Herpes pada Kulit Dan Pengobatannya

Salah satu penyakit kulit yang sering menyerang banyak orang adalah penyakit herpes. Mungkin anda sudah tidak asing dengan penyakit kulit ini. Penyakit ini biasanya akan membuat kulit menjadi merah, sedikit ada ruam dan seperti terdapat gelembung-gelembung.

Pada awalnya akan berada di satu tempat saja, tetapi jika tidak langsung di obati bisa menyebar ke bagian yang lainnya. Gejala awal, anda akan merasakan perih dan panas pada bagian kulit kemudian akan muncul bercak-bercak merah. Penyebab penyakit herpes adalah dari bakteri dan virus. Biasanya karena air yang digunakan tidak bersih sedangkan daya tahan tubuh sedang menurun. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai penyakit herpes di bawah ini.

Jenis Penyakit Herpes Zoster

penyebab-penyakit-herpes-zoster-simplek

Secara umum ada dua jenis penyakit herpes yaitu herpes zoster dan herpes simplek. Jenis penyakit herpers yang pertama adalah herpes zoster. Penyebab penyakit herpes zoster adalah virus varicella zoster (VZV). Gejala awalnya hampir mirip dengan penyakit cacar air. Jenis herpes zoster ini sering terjadi pada bagian dada dan punggung.

Banyak orang yang menyebutkan sebagai cacar ular, karena bentuknya yang panjang pada sekitar dada serta punggung. Pertama akan muncul ruam merah dan selanjutnya akan muncul gelembung-gelembung yang seperti terdapat air di dalamnya. Semakin hari gelembung ini akan semakin banyak dan membuat badan panas serta nyeri.

Penyakit ini akan menjulur secara merata. Missal dari bagian dada sebelah kanan sampai bagian punggung sebelah kanan. Rasa nyeri dan panas akan berlangsung selama kurang lebih 1 minggu. Selama satu minggu harus selalu diberi obat herpes setiap 3 jam sekali.

Selain itu jangan sampai terkena sesuatu hal yang kotor karena akan semakin memperparah penyakit herpes anda. inilah gejala yang biasanya muncul dan harus anda waspadai. Rasa gatal dan geli yang sangat pada bagian yang akan muncul ruam, rasa terbakar dan sakit pada bagian yang akan muncul rumah merah herpes dan masih banyak lainnya.

BACA:  Mengenal Jenis Penyakit Tulang Pada Manusia

Jenis Penyakit Herpes Simplek

Jenis penyakit herpes selanjutnya adalah herpes simplek. Penyebab penyakit herpes kulit ini karena hubungan suami dan istri yang tidak sehat. Penyebabnya tetap karena virus tetapi lebih karena hubungan suami dan istri. Jenis herpes ini sering muncul pada bagian alat kelamin atau sekitar bibir area kelamin.

Herpes ini termasuk jenis penyakit menular yang menyerang bagian genital. Proses penularnya bisa karena menggunakan handuk yang sama, hubungan suami istri, pakaian dan masih banyak lainnya. Gejala awal dari herpes simplek ini, akan muncul rasa nyeri dan gatal pada bagian genital. Selanjutnya akan muncul nanah dan kotoran pada bagian genital. Selain itu bagian paha akan membesar karena kelenjar limpanya membesar dan ketika buang air kecil akan terasa nyeri.

Cara Mengobati Penyakit Herpes

Penyakit herpes ini bukan termasuk penyakit yang mematikan, karena saat ini banyak sekali obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit herpes. Diatas anda sudah mengetahui penyebab penyakit herpes pada kulit.

Kini saatnya anda mengetahui bagaimana cara mengobatinya. Berikan obat radang selama 3 jam sekali pada bagian yang terkena herpes. Selalu menjaga gelembung herpes tidak pecah atau tidak dipencet, karena kotorannya akan semakin menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Mandi secara teratur dan gunakan air yang bersih. Anda bisa menambahkan antibiotic pada saat mandi, untuk membunuh bakteri pada herpes. Selain itu ketika mencuci baju yang terkena herpes, cucilah secara terpisah supaya bakteri dan virusnya tidak tercampur dengan pakaian lainnya.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyebab penyakit herpes. Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai penyebab penyakit herpes dan pengobatannya. Semoga bermanfaat buat anda.

BACA:  Ciri Ciri Penyakit Kolesterol Tinggi dan Pencegahannya

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */