Penyebab Penyakit Herpes Pada Kulit Dan Pengobatannya

Herpes termasuk dalam salah satu jenis penyakit menular yang menyerang permukaan kulit seseorang. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi virus pada kulit baik yang diperoleh secara eksogen maupun endogen.

Penyakit herpes kulit sendiri dapat diartikan sebagai radang kulit yang ditandai dengan terbentuknya gelembung-gelembung secara berkelompok. Gelembung-gelembung tersebut biasanya berisi air dan dapat menular jika terjadi persentuhan dengan objek lain. Sehingga penyakit herpes termasuk dalam salah satu kategori penyakit menular.

Ada dua jenis penyakit herpes yakni herpes zoster yakni penyakit yang menyerang pada kulit dan herpes genitalis yakni penyakit herpes sebagai salah satu penyakit kelamin. Sedangkan yang akan kita bahan kali ini adalah penyakit herpes pada kulit dan penyebab penyakit herpes tersebut.

penyebab-penyakit-herpes-pada-kulit

Penyebab Penyakit Herpes Kulit

Penyebab penyakit herpes kulit ini adalah virus yang ditularkan oleh virus varicella-zoster berawal dari penyakit cacar air, ketika seseorang terserang penyakit cacar air maka virus varicella-zoster akan menetap dalam kondisi tidak aktif atau laten pada salah satu atau lebih pusat saraf posterior.

Ketika daya imnunitas seseorang sedang menurun maka virus tersebut akan aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi menuju kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes. Virus akan memperbanyak diri dan membentuk bintik-bintik kecil berwarna merah dan menggelembung berisi cairan pada daerah kulit yang dilalui oleh virus tersebut.

Penyakit kulit ini biasanya sering terjadi pada orang lanjut usia dan penderita imunosupresif atau seseorang dengan sistem imun lemah sehingga dapat dikatakan bahwa salah satu penyebab penyakit herpes pada kulit adalah kurangnya asupan nutrisi untuk meningkatkan daya imunitas tubuh.

Gejala awal yang biasa ditunjukkan oleh penderita penyakit herpes antara lain adalah diawali dengan demam tinggi yang kemudian akan menunjukkan gejala lainnya setelah 8 hari.

BACA:  Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2

Gejala yang ditunjukkan berikutnya adalah kulit terasa terbakar dan menjadi lebih sensitive selama kurang lebih beberapa minggu, rasa sakit pada bagian tubuh yang terkena virus herpes, munculnya bintik kemerahan pada kulit yang sakit tersebut hingga akhirnya menjadi gelembung-gelembung berisi air dan berkelompok, sesak nafas dan gatal-gatal.

Jika anda mengalami gejala seperti yang disebutkan diatas, maka segera lakukan pengobatan untuk mencegah penyakit tersebut menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Penyakit herpes termasuk dalam penyakit menular dengan cara penularan yang sangat mudah dan cepat. Penyakit ini dapat menular melalui berbagai media seperti semua barang yang sudah tersentuh oleh cairan gelembung penderita herpes, kontak langsung atau bersentuhan dengan kulit penderita herpes serta penggunaan pakaian yang sama dengan penderita herpes yang sudah terkena pecahan cairan gelembung. Sehingga melihat dari cara penularan yang sangat mudah tersebut maka sudah barang tentu harus segera dilakukan pengobatan.

Penyakit Herpes Dan Cara Pengobatannya

Anda dapat mengobati penyakit herpes dengan cara tradisional misalnya dengan menggunakan ramuan dari lidah buaya. Anda dapat menggunakan kandungan gel pada daun lidah buaya untuk digunakan sebagai obat dengan cara menempelkan gel tersebut pada bagian kulit yang terkena herpes.

Manfaat yang akan dirasakan dengan menggunakan lidah buaya antara lain adalah untuk mengurangi rasa sakit dan panas serta mempercepat penyembuhan. Jika anda tidak mempunyai tanaman lidah buaya maka anda dapat membeli minyak lidah buaya di toko-toko terdekat. Sesuaikan antara penyebab penyakit herpes dan cara pengobatannya sehingga mampu memberikan pengobatan yang maksimal.

Selain menggunakan ramuan tersebut, bagi anda yang masih dalam masa pengobatan penyakit herpes maka disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C dan E serta zat besi untuk mempercepat proses penyembuhan dengan memberikan imunitas yang lebih tinggi pada tubuh.

BACA:  Penyakit Cacar Air Pada Balita, Anak-Anak dan Orang Dewasa

Untuk mencegah penyakit herpes menyerang anda, maka sering-seringlah melakukan vaksinasi sehingga mampu meningkatkan respon spesifik limfosit sitotoksik terhadap virus penyebab herpes. Penyebab penyakit herpes yang sangat cepat menular mampu anda cegah dengan menjaga kebersihan semua bagian diri serta kebutuhan anda sehingga mampu meminimalkan bentuk penularan penyakit herpes. Perhatikan asupan nutrisi yang anda konsumsi sehingga mampu memberikan sistem imunitas yang kebal dalam tubuh anda.

Baca Berita Lebih MudahDulu dikenal gemuk, 6 artis cantik ini sekarang jadi lebih langsing →





Artikel Pilihan:

Comments
  1. jojok soebijantjono
    • Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */